Get and Ride Logo
Previous
Next

Koper Kabin Ukuran Berapa? Catat Sebelum Bepergian

koper kabin ukuran berapa

Daftar Isi

Koper Kabin Ukuran Berapa? Catat Sebelum BepergianTips. Bagi para pecinta travelling, koper kabin adalah sahabat setia yang tak tergantikan. Koper kecil ini memungkinkanmu membawa barang bawaan yang esensial tanpa perlu repot mengurus bagasi terdaftar. Tapi, tahukah kamu koper kabin ukuran berapa yang diizinkan oleh maskapai penerbangan?

Saat merencanakan perjalanan, salah satu hal yang seringkali luput dari perhatian adalah ukuran koper kabin. Padahal, memilih koper dengan ukuran yang tepat bisa membuat perjalananmu lebih nyaman dan praktis. Jangan khawatir, artikel ini akan membahas lengkap tentang koper kabin ukuran berapa, berat koper kabin, dan tips memilih koper kabin yang ideal untuk perjalananmu.

Baca Juga: Ukuran Koper 24 Inch Bisa Masuk Kabin Pesawat Atau Tidak? Yuk Simak Selengkapnya! 

Mengapa Ukuran Koper Kabin Penting?

Sebelum kita masuk ke dalam detail koper kabin ukuran berapa, ada baiknya kita mengerti mengapa hal ini begitu penting. Pertama-tama, banyak maskapai penerbangan memiliki aturan ketat terkait ukuran dan berat koper yang bisa dibawa ke dalam kabin. Dengan memilih koper yang sesuai dengan aturan tersebut, kamu bisa menghindari biaya tambahan dan kerumitan saat check-in.

Selain itu, koper kabin yang tepat ukurannya juga akan membuat perjalananmu lebih nyaman. Bayangkan jika kopermu terlalu besar untuk dimasukkan ke dalam ruang bagasi atas atau terlalu berat untuk dibawa di sepanjang perjalanan. Itu pasti akan mengganggu pengalaman liburanmu, bukan?

Baca Juga: Apakah Ukuran Koper 22 Inch Bisa Masuk Kabin Pesawat? Simak Selengkapnya!

Koper Kabin Ukuran Berapa? Pilih Koper Kabin yang Tepat

koper kabin
Source: Shutterstock

Memilih koper kabin yang tepat bukan hanya soal ukuran dan berat, tapi juga tentang fungsionalitas dan kenyamanan. Berikut beberapa hal yang perlu dipertimbangkan untuk memilih koper kabin ukuran berapa:

Baca Juga:  Inspirasi Kombinasi Warna Velg Mobil Hitam

Ukuran Koper Kabin yang Diizinkan

Secara umum, ukuran koper kabin yang diizinkan oleh maskapai penerbangan adalah panjang maksimal 56 cm, lebar maksimal 45 cm, dan tinggi maksimal 25 cm. Dimensi ini sudah termasuk roda, gagang koper, dan kantong koper.

Perlu diingat bahwa ukuran ini bisa berbeda-beda di setiap maskapai penerbangan. Sebaiknya periksa kembali kebijakan bagasi maskapai yang kamu pilih sebelum memesan tiket.

Berat Koper Kabin yang Diizinkan

Berat koper kabin yang diizinkan juga bervariasi tergantung maskapai penerbangan. Umumnya, berat maksimal koper kabin adalah 7 kg.

Tips: Maskapai penerbangan tertentu menawarkan jatah bagasi kabin tambahan untuk penumpang kelas bisnis atau first class.

Pengecualian Ukuran Koper Kabin

Perlu diingat bahwa aturan umum ini dapat berbeda-beda tergantung maskapai penerbangan dan jenis tiket yang kamu beli. Beberapa maskapai penerbangan mungkin menawarkan ketentuan khusus untuk koper kabin, seperti koper kabin berukuran lebih besar untuk penumpang kelas bisnis atau penumpang dengan anak kecil.

Jenis Koper yang Bisa Masuk Kabin Pesawat

Secara umum, ada dua jenis koper yang bisa masuk kabin pesawat:

  • Koper hardcase: Terbuat dari bahan keras seperti plastik atau aluminium. Koper jenis ini lebih tahan lama dan aman untuk barang bawaan yang rapuh.
  • Koper softcase: Terbuat dari bahan kain atau sintetis. Koper jenis ini lebih ringan dan mudah dilipat, sehingga lebih praktis untuk dibawa bepergian.

Tips Memilih Koper Kabin yang Tepat

  1. Perhatikan Ukuran dan Berat: Pastikan koper yang kamu pilih sesuai dengan aturan koper kabin maskapai yang akan kamu gunakan. Ini akan membantumu menghindari masalah saat check-in di bandara.
  2. Pilih yang Praktis: Selain ukuran, pertimbangkan juga fitur-fitur tambahan seperti roda yang bisa berputar 360 derajat, pegangan yang nyaman, dan kantong eksternal untuk menyimpan barang-barang penting.
  3. Material yang Tahan Lama: Pilihlah koper kabin yang terbuat dari bahan yang kuat dan tahan lama, seperti polikarbonat atau ABS, agar bisa menemani kamu dalam banyak perjalanan.
  4. Periksa Garansi: Pastikan koper yang kamu beli dilengkapi dengan garansi yang memadai, sehingga kamu bisa dengan mudah mengklaimnya jika terjadi kerusakan atau masalah lainnya.
  5. Cari koper dengan fitur yang fungsional. Beberapa koper kabin memiliki fitur seperti kompartemen khusus laptop, roda yang mudah berputar, dan kunci TSA.
Baca Juga:  Syarat Perpanjangan STNK Motor 5 Tahunan dan Biaya Ganti Plat Tahun 2023

Dengan memahami aturan dan tips di atas, kamu siap memilih koper kabin ukuran berapa yang tepat untuk menemani petualanganmu. Koper kabin yang sesuai akan membuat perjalananmu lebih nyaman dan efisien. Selamat bepergian!

Setelah kamu memiliki koper kabin yang tepat, jangan lupa untuk sewa mobil Bali di Get&Ride untuk memudahkan mobilitasmu selama berlibur di Bali. Get&Ride menawarkan berbagai macam jenis mobil dengan harga yang terjangkau, mulai dari mobil kecil hingga mobil keluarga.

Share this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *