Get and Ride Logo
Previous
Next

Apakah Ukuran Koper 22 Inch Bisa Masuk Kabin Pesawat? Simak Selengkapnya!

ukuran koper 22 inch bisa masuk kabin pesawat

Daftar Isi

Apakah Ukuran Koper 22 Inch Bisa Masuk Kabin Pesawat? Simak Selengkapnya!Tips. Jika kamu sering bepergian dengan pesawat, kamu mungkin telah mendengar tentang aturan ukuran koper kabin. Salah satu ukuran yang populer adalah koper berukuran 22 inch. Namun, pertanyaan yang sering muncul adalah apakah ukuran koper 22 inch bisa masuk kabin pesawat? Kita akan bahas selengkapnya disini.

Baca Juga: Ukuran Koper 24 Inch Bisa Masuk Kabin Pesawat Atau Tidak? Yuk Simak Selengkapnya!

Aturan Umum Ukuran Koper Kabin

Sebelum kita menjawab ukuran koper 22 inch bisa masuk kabin pesawat, Secara umum, maskapai penerbangan di Indonesia memiliki aturan dimensi koper kabin maksimal atau tidak boleh melebihi:

  • Panjang: 56 cm (22 inch)
  • Lebar: 45 cm (18 inch)
  • Tinggi: 40 cm (16 inch)

Perlu diingat bahwa dimensi ini termasuk roda, handle, dan kantong eksterior koper. Berat maksimum koper kabin pun biasanya berkisar antara 7-10 kg, tergantung kebijakan maskapai.

Apakah Ukuran Koper 22 Inch Bisa Masuk Kabin Pesawat?

koper kabin pesawat
Source: Shutterstock

Nah, apakah ukuran koper 22 inch bisa masuk kabin pesawat? Koper berukuran 22 inch umumnya masuk ke dalam kategori yang diizinkan untuk dibawa ke kabin. Namun, beberapa maskapai mungkin memiliki batasan yang lebih ketat atau longgar, jadi selalu penting untuk memeriksa kebijakan maskapai kamu sebelum bepergian.

Perbedaan Aturan Koper Kabin Antar Maskapai

Meskipun terdapat aturan umum, setiap maskapai penerbangan mungkin memiliki kebijakan yang sedikit berbeda terkait ukuran dan berat koper kabin.

Oleh karena itu, sangat penting untuk selalu mengecek kembali ketentuan bagasi maskapai yang kamu pilih sebelum keberangkatan. Kamu dapat menemukan informasi ini di website resmi maskapai, aplikasi maskapai, atau menghubungi call center mereka.

Baca Juga:  Hot Plate Adalah Piring untuk Menjaga Makanan Tetap Hangat, Cari Tahu Selengkapnya!

Apakah Koper di Kabin Ditimbang?

Secara umum, tidak semua maskapai penerbangan menimbang koper kabin. Namun, beberapa maskapai memiliki kebijakan untuk menimbang koper kabin, terutama jika penerbangan penuh atau ada indikasi bahwa koper melebihi batas berat yang diizinkan.

Berikut beberapa faktor yang dapat menentukan apakah koper kabin ditimbang:

  • Kebijakan maskapai penerbangan: Setiap maskapai memiliki kebijakan bagasi sendiri, termasuk aturan tentang penimbangan koper kabin. Pastikan untuk mengecek situs web atau aplikasi maskapai untuk mengetahui kebijakan mereka secara spesifik.
  • Tingkat okupansi penerbangan: Pada penerbangan yang penuh, maskapai mungkin lebih ketat dalam menegakkan aturan bagasi, termasuk penimbangan koper kabin.
  • Kecurigaan staf bandara: Jika staf bandara mencurigai bahwa koper kabin melebihi batas berat, mereka mungkin memintanya untuk ditimbang.

Tips Jitu Membawa Koper 22 Inch ke Kabin Pesawat

Berikut beberapa tips jitu agar ukuran koper 22 inch bisa masuk kabin pesawat:

  • Pilih koper yang sesuai dengan dimensi dan berat yang diizinkan. Pastikan kamu mengukur kopermu dengan benar, termasuk roda, handle, dan kantong eksterior.
  • Gunakan timbangan digital untuk memastikan berat koper tidak melebihi batas.
  • Isi koper secukupnya. Hindari membawa barang berlebihan agar koper tidak overweight dan mudah diukur.
  • Gunakan packing organizer untuk menata barang bawaanmu dengan rapi. Hal ini akan membantu menghemat ruang dan membuat koper lebih mudah dimasukkan ke dalam kompartemen kabin.
  • Pertimbangkan untuk membeli koper kabin yang expandable. Koper jenis ini dapat diperluas ukurannya sehingga dapat menampung lebih banyak barang saat dibutuhkan.
  • Datanglah ke bandara lebih awal untuk menghindari antrian check-in yang panjang. Semakin awal kamu datang, semakin besar peluangmu untuk mendapatkan tempat di kompartemen kabin untuk kopermu.
  • Jika kopermu melebihi batas ukuran atau berat, bersiaplah untuk membayar biaya tambahan. Biaya ini bervariasi tergantung maskapai dan kebijakannya.
Baca Juga:  Plat Nomor DK Daerah Mana Ya?

Jadi, apakah ukuran koper 22 inch bisa masuk kabin pesawat? Jawabannya adalah ya, dengan catatan kamu harus memastikan koper memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh maskapai penerbangan. Dengan sedikit perencanaan dan persiapan, kamu dapat melakukan packing dengan cerdas dan menikmati perjalanan tanpa stres. Selamat bepergian!

Berlibur ke Bali dengan membawa banyak koper memang merepotkan. Repot membawa koper saat berpindah tempat wisata, dan antri taksi atau shuttle bus di bandara. Tenang, Get&Ride Sewa Mobil Bali hadir sebagai solusi!

Get&Ride Sewa Mobil Bali menyediakan layanan Luggage Delivery. Tim Get&Ride akan mengantarkan kopermu langsung ke hotel atau akomodasi di Bali. Pesan layanan ini melalui website atau langsung ke WhatsApp Get&Ride. Nikmati momen wisatamu tanpa perlu repot mengurus koper.

Share this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *