Get and Ride Logo

Tips Ampuh Cara Mengatasi Jika Mobil Tidak Bisa Distarter Tapi Lampu Menyala

mobil tidak bisa distarter

Daftar Isi

Tips Ampuh Cara Mengatasi Jika Mobil Tidak Bisa Distarter Tapi Lampu MenyalaTips. Mobil adalah salah satu alat transportasi yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Namun, tidak jarang kita mengalami masalah saat mobil tidak bisa distarter tapi lampu menyala. Situasi seperti ini tentu dapat membuat frustasi dan membuat kita terlambat dalam menjalankan aktivitas. Untungnya, ada beberapa cara mengatasi jika mobil tidak bisa distarter tapi lampu menyala.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi beberapa langkah praktis dan efektif untuk menghadapi masalah ini. Jadi, jika Anda sedang menghadapi masalah serupa, jangan khawatir! Mari kita lihat cara mengatasi jika mobil tidak bisa distarter tapi lampu menyala.

Periksa Kondisi Baterai

mobil tidak bisa distarter  tapi lampu menyala

Baterai yang lemah atau rusak bisa menjadi penyebab utama mobil tidak bisa distarter tapi lampu menyala. Untuk memeriksa kondisi baterai, Anda dapat melakukan langkah-langkah berikut:

Cek Kabel dan Terminal Baterai

Pastikan kabel-kabel baterai terhubung dengan baik dan tidak ada korosi pada terminal baterai. Jika ada korosi, bersihkan dengan sikat kawat dan larutan soda kue. Pastikan kabel-kabel baterai tidak longgar.

Uji Tegangan Baterai

Gunakan alat pengukur tegangan (multimeter) untuk mengukur tegangan baterai. Tegangan baterai yang sehat biasanya berkisar antara 12-13 volt. Jika tegangan baterai di bawah 12 volt, kemungkinan besar baterai perlu dicas atau diganti.

Perhatikan Indikator Baterai

Beberapa mobil dilengkapi dengan indikator baterai pada dashboard. Jika indikator tersebut menunjukkan adanya masalah atau baterai dalam kondisi lemah, sebaiknya periksa baterai dan cek tegangan seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.

Periksa Sistem Starter

alasan mobil tidak bisa distarter tapi lampu menyala

Sistem starter bertanggung jawab untuk menggerakkan mesin saat Anda menyalakan mobil. Jika sistem starter mengalami masalah, memungkinkan mobil tidak bisa distarter tapi lampu menyala. Berikut adalah beberapa langkah untuk memeriksa sistem starter:

Periksa Motor Starter

Periksa apakah motor starter berfungsi dengan baik. Anda dapat memeriksa ini dengan mendengarkan bunyi ketika Anda menstarter mobil. Jika tidak ada bunyi sama sekali atau bunyinya aneh, kemungkinan besar motor starter perlu diperiksa atau diganti.

Baca Juga:  Bagaimana Perpanjang SIM yang Sudah Mati? Berikut Syarat dan Langkahnya!

Cek Solenoid Starter

Solenoid starter adalah komponen yang bertugas mengalirkan arus listrik ke motor starter. Pastikan solenoid starter berfungsi dengan baik. Jika solenoid starter rusak, memungkinkan terjadinya mobil tidak bisa distarter tapi lampu menyala.

Uji Kabel Starter

Periksa kabel-kabel yang terhubung ke motor starter. Pastikan kabel-kabel tersebut tidak ada yang putus atau kendor. Jika ada kerusakan pada kabel starter, segera ganti dengan yang baru.

Periksa Sistem Pengapian

Sistem pengapian memiliki peran penting dalam menghidupkan mesin mobil. Jika ada masalah pada sistem pengapian, bisa jadi mobil tidak bisa distarter tapi lampu menyala. Berikut adalah beberapa langkah untuk memeriksa sistem pengapian:

Cek Busi

Periksa kondisi busi dan pastikan busi masih dalam kondisi baik. Busi yang kotor atau rusak bisa menghambat mesin untuk menyala. Bersihkan atau ganti busi jika diperlukan.

Periksa Kabel Pengapian

Pastikan kabel pengapian terhubung dengan baik dan tidak ada yang rusak. Kabel yang rusak bisa menghambat aliran listrik ke busi. Ganti kabel pengapian jika diperlukan.

Uji Coil Pengapian

Coil pengapian merupakan komponen yang menghasilkan loncatan api di busi. Pastikan coil pengapian berfungsi dengan baik. Jika coil pengapian rusak, pengapian mesin mungkin tidak optimal.

Periksa Sistem Bahan Bakar

Sistem bahan bakar juga bisa menjadi penyebab mobil tidak bisa distarter tapi lampu menyala. Berikut adalah beberapa langkah untuk memeriksa sistem bahan bakar:

Cek Pompa Bahan Bakar

Pastikan pompa bahan bakar berfungsi dengan baik. Anda dapat mendengarkan bunyi pompa bahan bakar saat menstarter mobil. Jika tidak ada bunyi sama sekali, pompa bahan bakar mungkin rusak atau tidak menyala.

Perhatikan Filter Bahan Bakar

Filter bahan bakar yang kotor atau tersumbat bisa menghambat aliran bahan bakar ke mesin. Pastikan filter bahan bakar dalam kondisi bersih. Ganti filter bahan bakar jika perlu.

Baca Juga:  Pada Mobil, Fungsi Sekring Adalah Untuk Menjaga Kelistrikan, Ketahui Juga Jenisnya

Cek Injektor

Injektor adalah komponen yang menyemprotkan bahan bakar ke dalam ruang bakar. Pastikan injektor berfungsi dengan baik. Jika ada masalah dengan injektor, bahan bakar mungkin tidak disemprotkan dengan baik.

Periksa Sistem Kelistrikan

Masalah pada sistem kelistrikan juga bisa menyebabkan mobil tidak bisa distarter tapi lampu menyala. Berikut adalah beberapa langkah untuk memeriksa sistem kelistrikan:

Cek Fuse dan Relay

Periksa fuse dan relay yang terkait dengan sistem starter dan pengapian. Pastikan fuse dan relay tidak rusak. Jika ada yang rusak, ganti dengan yang baru.

Periksa Saklar dan Kabel Penghubung

Pastikan saklar penghidup dan kabel penghubungnya dalam kondisi baik. Saklar yang rusak atau kabel yang putus bisa menghambat arus listrik ke sistem starter.

Uji Sirkuit Kelistrikan

Gunakan multimeter untuk menguji sirkuit kelistrikan terkait dengan sistem starter dan pengapian. Pastikan arus listrik mengalir dengan baik dan tidak ada kabel yang putus.

Memeriksa Komponen Tambahan

Selain komponen-komponen utama yang telah dibahas sebelumnya, ada beberapa komponen tambahan yang perlu diperiksa jika mobil tidak bisa distarter tapi lampu menyala:

Periksa Katup Idle

Katup idle yang kotor atau rusak bisa mengganggu proses start mesin. Bersihkan atau ganti katup idle jika diperlukan.

Cek Sensor-Sensor Penting

Sensor-sensor seperti sensor kecepatan atau sensor temperatur juga perlu diperiksa. Sensor yang rusak bisa mempengaruhi kinerja mesin dan menghambat proses start.

Perhatikan Sistem Alarm

Jika mobil dilengkapi dengan sistem alarm, pastikan alarm dalam kondisi mati atau tidak mengalami masalah. Sistem alarm yang bermasalah bisa mengganggu proses start mesin.

Pertimbangkan Mencari Bantuan Profesional

periksa mobil tidak bisa distarter ke bengkel

Jika setelah melakukan langkah-langkah di atas tetap saja mobil tidak bisa distarter tapi lampu menyala, sebaiknya Anda mempertimbangkan untuk mencari bantuan dari mekanik atau teknisi mobil yang profesional. Mereka memiliki pengetahuan dan peralatan yang lebih lengkap untuk mendiagnosis dan memperbaiki masalah tersebut.

Baca Juga:  Mengatasi Masalah Mobil Tidak Bisa Distarter Tapi Aki Bagus

Itulah beberapa penyebab mobil tidak bisa distarter tapi lampu menyala dan cara mengatasinya. Ada juga masalah mengenai penyebab lampu indikator tidak menyala saat kontak on. Untuk menghindarinya, jangan lupa untuk selalu melakukan perawatan rutin pada mobil agar terhindar dari masalah-masalah seperti ini di kemudian hari.

Jika Anda ke bali, Anda bisa sewa mobil di Get&Ride saja. Dengan sewa mobil di Bali dengan Get&Ride, tidak perlu khawatir tentang masalah mobil tidak bisa distarter tapi lampu menyala. Hal ini karena Get&Ride selalu memberikan perawatan rutin pada mobil-mobilnya agar performanya tetap terjaga dan kendaraan dalam kondisi yang baik. Oleh karena itu, segera hubungi dan booking sekarang juga.

FAQ

Share this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *