Get and Ride Logo
Previous
Next

Ngabuburit Singkatan Dari Apa? Simak Bagaimana Kegiatan Ngabuburit di Bali

ngabuburit singkatan dari

Daftar Isi

Ngabuburit Singkatan Dari Apa? Simak Bagaimana Kegiatan Ngabuburit di BaliTravel. Bagi umat Islam, bulan Ramadhan tak hanya identik dengan ibadah dan puasa, tapi juga tradisi unik bernama “ngabuburit”. Istilah ini mungkin sudah akrab di telinga, tapi tahukah kamu ngabuburit singkatan dari apa?

Menjelang waktu berbuka puasa, tradisi ngabuburit menjadi momen spesial bagi banyak orang. Di Bali, ngabuburit tak hanya tentang mengisi waktu, tapi juga menjelajahi keindahan alam dan budaya yang memesona.

Baca juga: Spot Keren Buat Ngabuburit Asik di Bali dan Arti Ngabuburit dalam Bahasa Indonesia 

Ngabuburit Singkatan Dari Apa?

ngabuburti di bali
Source: gelumpai.id

Siapa yang tak kenal dengan istilah “ngabuburit”? Tradisi unik ini telah menjadi bagian tak terpisahkan dari bulan Ramadhan di Indonesia. Tapi, tahukah kamu ngabuburit singkatan dari apa?

Kata “ngabuburit” sebenarnya berasal dari bahasa Sunda. Akar katanya adalah “burit” yang berarti waktu menjelang sore. Dalam bahasa Sunda, “ngabuburit” tersusun dari kata dasar “burit” yang mendapat awalan “nga-” dan akhiran “-it”.

Secara keseluruhan, Ngabuburit singkatan dari frasa “ngalantung ngadagoan burit“. Frasa ini memiliki arti bersantai-santai menunggu waktu sore. Di masa lampau, masyarakat Sunda memanfaatkan waktu menjelang maghrib untuk bercocok tanam, berburu, atau bersantai di teras rumah.

Kegiatan Ngabuburit di Bali

Setelah mengetahui ngabuburit singkatan dari apa, di Bali beberapa warga juga melakukan ngabuburit dengan berbagai kegiatan. Saat bulan Ramadan tiba, Bali punya nuansa ngabuburit yang tak kalah menarik. Mari kita simak bagaimana keseruan ngabuburit di Bali yang penuh ceria ini!

1. Riadah di Pantai Kuta

Pantai Kuta, yang selalu ramai oleh wisatawan, berubah menjadi tempat yang menyenangkan saat waktu ngabuburit tiba. Suasana pantai yang tenang, angin sepoi-sepoi, dan matahari yang mulai tenggelam menciptakan momen yang cocok untuk bersantai. Banyak pengunjung yang membawa sajadah kecil untuk menikmati keindahan alam sambil menunggu waktu berbuka puasa.

Baca Juga:  Mengintip Keunikan Air Terjun Tukad Cepung di Tengah Goa

Tips: Bawa bekal makanan ringan dan minuman segar untuk menemani momen santai Anda di Pantai Kuta.

2. Explorasi Warung Tradisional di Ubud

Ubud, yang terkenal dengan seni dan kebudayaannya, juga memiliki warung-warung tradisional yang menyediakan hidangan khas Bali untuk ngabuburit. Cobalah nasi campur atau lawar yang lezat di salah satu warung pinggir jalan. Suasana pedesaan yang kental membuat ngabuburit Anda semakin berkesan.

Tips: Jangan lupa mencicipi es buah khas Bali sebagai penutup ngabuburit di Ubud.

3. Nongkrong di Kafe Trendi Seminyak

Bagi yang ingin suasana ngabuburit yang lebih modern dan trendi, Seminyak adalah pilihan yang tepat. Kafe-kafe dengan desain keren dan pilihan menu yang beragam menyediakan tempat yang nyaman untuk ngabuburit. Serunya, beberapa kafe mengadakan live music atau pertunjukan seni untuk menambah kemeriahan.

Tips: Pilih kafe dengan pemandangan matahari terbenam untuk pengalaman ngabuburit yang tak terlupakan.

4. Berkunjung ke Pura Uluwatu untuk Menyaksikan Kecak Dance

Suasana ngabuburit di Bali juga bisa diisi dengan kegiatan budaya. Pura Uluwatu, dengan pemandangan laut yang memukau, menjadi tempat yang ideal untuk menyaksikan pertunjukan Kecak Dance. Menyaksikan tarian tradisional ini sembari menunggu waktu berbuka puasa adalah pengalaman yang unik dan berkesan.

Tips: Datanglah lebih awal untuk mendapatkan tempat duduk yang strategis dan nikmati sunset di Pura Uluwatu.

5. Berburu Oleh-oleh Khas Bali di Pasar Seni Sukawati

Sebelum berbuka puasa, sempatkan diri Anda untuk berburu oleh-oleh khas Bali di Pasar Seni Sukawati. Berbagai macam kerajinan tangan, pakaian tradisional, dan souvenir unik bisa Anda temukan di sini. Selain sebagai pengisi waktu ngabuburit, ini juga kesempatan untuk membawa pulang kenang-kenangan indah dari Bali.

Baca Juga:  Mengenal Ciri Khas Makanan Bali yang Ikonik

Tips: Jangan ragu untuk tawar-menawar harga saat berbelanja di Pasar Seni Sukawati.

Dikarenakan ngabuburit singkatan dari “ngalantung ngadagoan burit” yang artinya bersantai-santai menunggu waktu sore. Saat puasa, makna “ngabuburit” berarti menunggu waktu berbuka puasa. Di era digital ini, ngabuburit tak hanya terbatas pada kegiatan offline. Kita dapat memanfaatkan berbagai platform online untuk menemukan aktivitas ngabuburit yang menarik dan bermanfaat.

Ngabuburit di Bali bukan sekadar mengisi waktu menjelang berbuka puasa. Ini adalah kesempatan untuk merasakan pesona alam, budaya, dan kuliner yang tak terlupakan. Nikmati momen spesial ini bersama keluarga, sahabat, atau orang terkasih.

Bagi kamu yang ingin ngabuburit di Bali, Get&Ride Sewa Mobil Bali hadir sebagai solusi terbaik untuk menjelajahi keindahan pulau eksotis ini. Get&Ride menawarkan berbagai jenis mobil dengan harga yang pastinya terjangkau. Jadi, tunggu apa lagi? Temukan aktivitas ngabuburit favoritmu dan ciptakan momen indah menjelang maghrib di bulan Ramadhan ini!

Share this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *