Get and Ride Logo
Previous
Next

Gopchang Adalah Olahan Usus Khas Korea dengan Cita Rasa Unik

gopchang adalah

Daftar Isi

Gopchang Adalah Olahan Usus Khas Korea dengan Cita Rasa UnikTravel. Usus sapi Korea atau Gopchang adalah makanan yang belakangan ini tengah viral di media sosial, terutama TikTok. Banyak orang tertarik untuk mencoba makanan khas Korea ini, terlebih lagi karena kerap diperkenalkan oleh idol Kpop, seperti Hwasa Mamamoo hingga BTS.

Di sejumlah restoran Korea model Korean Barbeque, Gopchang menjadi salah satu menu andalan. Namun, sebelum mencicip makanan yang konon sangat berlemak ini, ada baiknya mengenal lebih jauh tentang Gopchang.

Apa itu Gopchang?

gopchang

Gopchang adalah bagian usus besar sapi yang biasanya disajikan di restoran barbeku Korea. Usus sapi ini dibersihkan terlebih dahulu sebelum dimasak, sehingga teksturnya menjadi lembut dan tidak bau.

Gopchang memiliki arti yang cukup unik. Dalam Bahasa Korea, “gop” berarti lemak hewani, sedangkan “chang” berarti usus hewan. Jadi, secara harfiah, “gopchang” berarti lemak usus hewan. Dalam konteks masakan Korea, gopchang dapat merujuk kepada hidangan usus lembu atau babi panggang, atau usus itu sendiri

Gopchang Adalah Usus Bagian Apa?

Gopchang adalah bagian dari usus kecil sapi atau babi. Dalam masakan Korea, gopchang dapat diolah menjadi hidangan panggang atau goreng, atau disajikan dalam bentuk jeongol, yaitu jenis sup atau kaserol.

Apakah Gopchang itu halal?

Gopchang adalah makanan yang halal. Usus kecil sapi atau babi yang digunakan untuk membuat gopchang harus disembelih dengan cara yang sesuai syariat Islam. Namun, penting untuk memastikan bahwa proses pemotongan dan penyajiannya sesuai dengan prinsip-prinsip halal.

Rasa Gopchang

Gopchang memiliki rasa yang kenyal dan gurih. Rasa ini berasal dari lemak yang terdapat dalam usus sapi atau babi. Gopchang biasanya dibumbui dengan saus gochujang, saus cabai fermentasi khas Korea. Saus gochujang menambah rasa pedas dan gurih pada gopchang.

Baca Juga:  Masa Perjuangan Perlawanan Rakyat Bali: Kisah Perjuangan dan Perlawanan

Kandungan nutrisi Gopchang

Gopchang adalah makanan yang kaya akan nutrisi. Gopchang mengandung zat besi, protein, dan vitamin. Zat besi adalah mineral yang penting untuk pembentukan sel darah merah. Protein adalah nutrisi yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh. Vitamin adalah nutrisi yang penting untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Jenis Olahan Gopchang

apa itu gopchang

Gopchang adalah makanan yang serbaguna dan bisa diolah dengan berbagai cara. Berikut adalah beberapa jenis olahan gopchang yang populer di Korea:

  • Gopchang Gui (Gopchang Panggang): cara paling populer untuk menikmati gopchang. Gopchang diiris tipis dan dipanggang di atas bara api. Gopchang Gui biasanya disajikan dengan saus gochujang, saus cabai fermentasi khas Korea.
  • Gopchang Jjim (Gopchang Kukus): gopchang yang dikukus dengan berbagai sayuran dan bumbu. Gopchang Jjim memiliki tekstur yang lembut dan kaya rasa.
  • Gopchang Tang (Sup Gopchang): sup ini yang terbuat dari gopchang, sayuran, dan kaldu. Gopchang Tang memiliki rasa yang gurih dan hangat.
  • Gopchang Bokkeum (Gopchang Tumis): Gopchang ini ditumis dengan berbagai sayuran dan bumbu. Gopchang Bokkeum memiliki rasa yang pedas dan gurih.
  • Gopchang Mandu (Gopchang Dumpling): Gopchang Mandu adalah pangsit yang diisi dengan gopchang, sayuran, dan bumbu. Gopchang Mandu memiliki rasa yang gurih dan lezat.
  • Gopchang Jeongol: Ini adalah korean dish yang menggabungkan gopchang dengan jeongol (jengkol), yang merupakan bahan makanan Korea yang umum
  • Gopchang Barbekyu: Gopchang juga dapat disajikan dengan cara barbekyu, yang melibatkan membumbui gopchang dengan rendaman jus buah dan bumbu pedas kemudian memanggang ala barbekyu.

Selain jenis olahan di atas, gopchang juga bisa diolah menjadi berbagai makanan lain, seperti salad, burger, dan pizza.

Rekomendasi Gopchang di Bali

Berikut adalah beberapa rekomendasi gopchang di Bali:

  • Magal BBQ Samasta Jimbaran Bali: Berada di Jalan Samasta Indah No. 111, Jimbaran, Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali. Gopchang di Magal Korean BBQ Samasta Jimbaran Bali disajikan dengan cara dipanggang ala barbekyu.
  • The Grill House: Restoran ini berada di Jl. By Pass Ngurah Rai 63264, Bali. Mereka menawarkan berbagai menu, termasuk gopchang jeongol, yang merupakan hidangan Korea yang populer.
  • Go~Pang Bali Korean Food Grill & Suki: Restoran ini lokasi di Jl. Tukad Yeh Aya No.95, Dauh Puri Klod, Denpasar, Bali. Mereka menawarkan berbagai menu makanan Korea, termasuk gopchang panggang.
  • Choegogi Korean BBQ: terletak di Jalan Teuku Umar Barat No. 188, Pemecutan Kaja, Denpasar Utara, Kota Denpasar, Bali. Restoran Korea ini menawarkan konsep all you can eat.
  • Bibimbap Korean Restaurant: Berada di Jalan Raya Uluwatu No. 204, Seminyak, Kuta, Kabupaten Badung, Bali. Gopchang di Bibimbap Korean Restaurant disajikan dengan cara dipanggang ala barbekyu.
Baca Juga:  Sejarah dan Filosofi Sate Lilit Berasal dari Bali yang Menjadi Simbol Kejantanan Kaum Pria

Selain Gopchang, ada juga olahan sapi lainnya yaitu daechang. Baca selengkapnya tentang Daechang disini: Daechang Adalah Makanan Korea yang Sedang Viral, Berikut Rekomendasi Makanan Korea di Bali 

Jika Anda berada di Bali dan ingin mencoba gopchang, Anda bisa mencoba di restoran yang kami rekomendasikan. Anda bisa menggunakan layanan Get&Ride Rental Car Bali untuk menyewa mobil dan pergi ke restoran tersebut.

Share this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *