Get and Ride Logo
Previous
Next

Mengenal Sacred Monkey Forest Sanctuary Gianyar Bali, Wisata Alam dan Budaya yang Menawan

sacred monkey forest gianyar

Daftar Isi

Mengenal Sacred Monkey Forest Sanctuary Gianyar Bali, Wisata Alam dan Budaya yang Menawan. Bali merupakan salah satu destinasi wisata yang terkenal di dunia. Selain pantainya yang indah, pulau ini juga memiliki banyak tempat wisata menarik yang dapat dikunjungi. Salah satu tempat wisata yang populer di Bali adalah Sacred Monkey Forest Sanctuary Gianyar Bali.

Apa itu Sacred Monkey Forest Sanctuary Gianyar Bali?

Sacred Monkey Forest Sanctuary Gianyar Bali
Source: Unsplash

Mandala Suci Wenara Wana ialah nama resmi dari Sacred Monkey Forest Sanctuary, yang lebih terkenal dengan sebutan Monkey Forest Ubud. Sacred Monkey Forest Sanctuary Gianyar Bali adalah sebuah kawasan wisata yang terletak di Ubud, Bali.

Wisatawan mungkin penasaran tentang berapa jumlah monyet di Monkey Forest Ubud ini. Kawasan ini terkenal dengan populasi monyet yang tinggal di dalamnya. Saat mengunjungi kawasan ini, para pengunjung akan dapat melihat lebih dari 1103 ekor monyet ekor panjang (Macaca fascicularis) dan sekitar 190 spesies tumbuhan yang berada di dalam kawasan hutan seluas 27 hektar.

Sejarah Sacred Monkey Forest Sanctuary Gianyar Bali

Sacred Monkey Forest Sanctuary Gianyar Bali monyet duduk
Source: instagram.com/@maxtraveldlr

Sacred Monkey Forest Sanctuary memiliki sejarah yang panjang dan menarik. Menurut sejarah, kawasan hutan ini telah ada sejak zaman kerajaan. Hutan ini dianggap suci oleh masyarakat setempat dan dijaga dengan baik oleh para penduduk sekitar.

Baca Juga:  One Eighty Uluwatu: Destinasi Wisata Mewah dengan Pemandangan Menakjubkan

Kapan Monkey Forest dibangun?

Kitab lontar kuno dari pura di kawasan Monkey Forest, yaitu Pura Purana, mencatat bahwa bangunan-bangunan pura di Monkey Forest dibangun pada abad ke-14. Pada masa tersebut, Bali diperintah oleh Dinasti Pejeng yang juga dikenal sebagai permulaan dari Dinasti Gelgel.

Pada tahun 1990, pemerintah setempat mendirikan Taman Wisata Mandala Wisata Wanara Wana. Nama ini kemudian diubah menjadi Sacred Monkey Forest Sanctuary pada tahun 1992. Sejak saat itu, kawasan ini menjadi salah satu tempat wisata yang populer di Bali.

Aktivitas Apa Saja yang Dapat Dilakukan di Sacred Monkey Forest Sanctuary Gianyar Bali

Terdapat banyak aktivitas yang dapat dilakukan di Sacred Monkey Forest Sanctuary. Selain menyaksikan monyet yang bermain dan berinteraksi di dalam kawasan hutan, pengunjung juga dapat melakukan aktivitas lain seperti:

1. Berjalan-jalan di Hutan

Pengunjung dapat berjalan-jalan di dalam kawasan hutan yang indah dan hijau. Terdapat banyak pohon dan tumbuhan yang dapat dilihat di sepanjang jalan.

2. Melihat Candi dan Kuil

Di dalam kawasan Sacred Monkey Forest Sanctuary terdapat beberapa candi dan kuil yang dapat dikunjungi. Salah satunya adalah Candi Pura Dalem Agung Padangtegal, sebuah candi yang dibangun pada abad ke-14.

3. Berfoto dengan Monyet

Pengunjung dapat berfoto dengan monyet yang ada di dalam kawasan hutan. Namun, pengunjung perlu berhati-hati saat berinteraksi dengan monyet dan mengikuti aturan yang berlaku di dalam kawasan hutan.

4. Menyaksikan Pertunjukan Tari

Setiap harinya, di dalam kawasan Sacred Monkey Forest Sanctuary diselenggarakan pertunjukan tari tradisional Bali. Pengunjung dapat menyaksikan pertunjukan ini dan merasakan keindahan budaya Bali.

Tips Berwisata ke Sacred Monkey Forest Sanctuary Gianyar Bali

Untuk menikmati wisata di Sacred Monkey Forest Sanctuary, terdapat beberapa tips yang perlu diperhatikan. Beberapa tips tersebut adalah:

Baca Juga:  Rekomendasi Nasi Lawar Terdekat dan Terenak di Denpasar

1. Berpakaian yang Tepat

Karena Sacred Monkey Forest Sanctuary merupakan tempat suci, pengunjung perlu berpakaian dengan sopan dan pantas. Hindari mengenakan pakaian yang terlalu ketat atau terlalu pendek.

2. Jangan Membawa Makanan

Membawa makanan ke dalam kawasan Sacred Monkey Forest Sanctuary tidak diperbolehkan. Monyet di dalam kawasan ini sudah terbiasa dengan pengunjung dan seringkali mencari makanan dari pengunjung. Namun, memberi makanan pada monyet tidak dianjurkan karena dapat mengganggu keseimbangan alam di dalam kawasan hutan.

3. Mengikuti Aturan yang Berlaku

Pengunjung perlu mengikuti aturan yang berlaku di dalam kawasan Sacred Monkey Forest Sanctuary. Beberapa aturan yang perlu diperhatikan adalah tidak merusak tumbuhan atau bangunan, tidak mengganggu monyet, dan tidak merokok di dalam kawasan hutan.

4. Menjaga Barang Bawaan

Pengunjung perlu menjaga barang bawaan seperti tas atau kamera dengan baik. Monyet di dalam kawasan ini seringkali mencari makanan atau benda-benda yang menarik perhatian pengunjung.

5. Menghargai Keindahan Alam dan Budaya

Sebagai pengunjung, kita perlu menghargai keindahan alam dan budaya di dalam Sacred Monkey Forest Sanctuary. Jangan merusak lingkungan atau melakukan tindakan yang dapat merugikan keberadaan monyet atau tempat suci di dalam kawasan hutan.

Sacred Monkey Forest Sanctuary merupakan salah satu tempat wisata yang menarik di Bali. Selain menjadi rumah bagi ratusan monyet dan kera yang merupakan fauna khas Bali, kawasan hutan ini juga memiliki sejarah dan budaya yang kaya. Dengan mengikuti aturan yang berlaku dan menghargai keindahan alam dan budaya, kita dapat menikmati pengalaman wisata yang tak terlupakan di Sacred Monkey Forest Sanctuary.

FAQs

  1. Apakah monyet di Sacred Monkey Forest Sanctuary berbahaya?
Baca Juga:  Bali Safari and Marine Park - Taman Safari dan Akuarium Terbesar di Bali!

Tidak, monyet di dalam kawasan ini sudah terbiasa dengan pengunjung dan tidak berbahaya. Namun, pengunjung perlu berhati-hati saat berinteraksi dengan monyet dan mengikuti aturan yang berlaku di dalam kawasan hutan.

  1. Apa saja candi dan kuil yang terdapat di dalam kawasan Sacred Monkey Forest Sanctuary?

Di dalam kawasan Sacred Monkey Forest Sanctuary terdapat beberapa candi dan kuil yang dapat dikunjungi, salah satunya adalah Candi Pura Dalem Agung Padangtegal.

  1. Apakah diperbolehkan membawa makanan ke dalam kawasan hutan?

Tidak, membawa makanan ke dalam kawasan Sacred Monkey Forest Sanctuary tidak diperbolehkan karena dapat mengganggu keseimbangan alam di dalam kawasan hutan.

  1. Apakah Sacred Monkey Forest Sanctuary hanya menyajikan monyet sebagai atraksi wisata?

Tidak, selain monyet, kawasan ini juga menyajikan keindahan alam dan budaya Bali yang dapat dinikmati oleh para pengunjung.

  1. Apa saja aturan yang perlu diperhatikan saat berkunjung ke Sacred Monkey Forest Sanctuary?

Pengunjung perlu mengikuti aturan yang berlaku di dalam kawasan Sacred Monkey Forest Sanctuary seperti tidak merusak tumbuhan atau bangunan, tidak mengganggu monyet, dan tidak merokok di dalam kawasan hutan.

Untuk perjalanan ke Sacred Monkey Forest Sanctuary, Get and Ride dapat menjadi pilihan yang baik karena lokasinya yang tidak terlalu jauh dari area Ubud dan harga sewa yang relatif terjangkau. Namun, sebelum memutuskan untuk menyewa mobil, penting untuk memperhatikan kondisi mobil yang akan disewa dan juga memastikan bahwa sopir yang disediakan oleh Get and Ride sudah memiliki lisensi dan pengalaman yang cukup untuk mengemudikan mobil di jalan-jalan yang berliku dan padat di Bali.

Share this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *