Get and Ride Logo
Previous
Next

Menelusuri Makna Nama Tarian Bali dan Gambarnya yang Unik

nama tarian bali dan gambarnya

Daftar Isi

Menelusuri Makna Nama Tarian Bali dan Gambarnya yang UnikTravel. Bali, pulau yang terkenal dengan keindahan alamnya yang memesona, juga menyimpan kekayaan budaya yang tak ternilai. Salah satu daya tarik utama Bali adalah tarian tradisionalnya yang penuh makna dan estetika. Di balik gerakan-gerakan indah dan kostum yang memukau, terdapat cerita dan filosofi yang ingin disampaikan.

Baca juga: Yuk, Kenali Jenis Tarian Bali Apa Saja Sih?

Artikel ini mengajak kamu untuk menyelami keindahan budaya Bali dengan menjelajahi makna di balik nama – nama tarian Bali dan gambarnya. Mari kita telusuri beberapa tarian populer dan temukan makna mendalam di baliknya:

Nama Tarian Bali dan Gambarnya

Tari adalah satu dari berbagai budaya yang dimiliki oleh masyarakat Bali. Tari ini merupakan bagian dari kebudayaan Bali yang sangat menarik dan memiliki kesan yang sangat baik. Berikut ini beberapa nama tarian Bali dan gambarnya yang terkenal:

1. Tari Pendet

tari pendet
Source: wikipedia

nama tarian Bali dan gambarnya yang pertama adalah pendet. Tari Pendet, tarian yang sering menghiasi berbagai acara di Bali, memiliki nama yang begitu puitis. “Pendet” berarti “menawarkan” atau “membawa persembahan”. Tarian ini menggambarkan para penari yang mempersembahkan bunga kepada para dewa dan leluhur dengan penuh rasa syukur dan penghormatan.

Biasanya dilakukan oleh sekelompok penari perempuan yang membawa bunga dan dupa, Pendet memancarkan kegembiraan dan semangat menyambut tamu penting atau upacara adat. Gerakannya yang lemah gemulai dan penuh kekhusyukan mencerminkan rasa cinta dan ketulusan dalam memanjatkan doa.

2. Tari Kecak

tari kecak
Source: traveloka

Siapa yang tak kenal dengan Tari Kecak? Tarian ikonik ini terkenal dengan paduan suara laki-laki yang energik dan gerakannya yang dramatis. “Kecak” berarti “pertarungan” atau “pertempuran”. Tarian ini menceritakan kisah Ramayana saat Rama dan pasukannya melawan Rahwana untuk menyelamatkan Shinta.

Baca Juga:  50 Makanan Khas Indonesia dan Asalnya yang Harus Kamu Ketahui

Juga dikenal sebagai “Tari Api”, Kecak tidak menggunakan musik alat melainkan suara para penari yang membentuk pola melingkar. Gerakan-gerakannya yang penuh kekuatan dan kekompakan melambangkan persatuan dan semangat pantang menyerah dalam menghadapi rintangan.

3. Tari Legong

tari legong
Source: asiatoday.id

Tari Legong identik dengan gerakannya yang halus, lentik, dan penuh ekspresi. “Legong” berarti “anak gadis” atau “gadis remaja”. Tarian ini dibawakan oleh para penari wanita muda yang memerankan kisah-kisah kepahlawanan dan kedewasaan.

Tarian ini melambangkan keanggunan dan kehalusan. Biasanya, Legong menceritakan kisah cinta atau cerita mitos dengan gerakan yang lembut dan elegan. Gerakannya yang anggun dan penuh kelembutan mencerminkan kesucian dan kehalusan jiwa wanita Bali.

Baca Juga: Keunikan Tari Bali: Perpaduan Seni, Spiritualitas, dan Tradisi

4. Tari Barong

tari barong
Source: indonesia.travel

Tari Barong menampilkan pertarungan antara Barong, makhluk mitos yang melambangkan kebaikan, dan Rangda, penyihir yang melambangkan kejahatan. “Barong” berarti “hewan berbulu tebal” atau “raksasa”, sedangkan “Rangda” berarti “janda yang menakutkan”. Tarian ini menjadi simbol abadi pertarungan antara kebaikan dan kejahatan yang selalu hadir dalam kehidupan.

5. Tari Sanghyang

tari sanghyang
Source: infobudaya.net

Tari Sanghyang adalah tari tradisional Bali yang menggambarkan kisah tentang Dewa Sanghyang. Tari ini dipersembahkan oleh wanita yang menggunakan kostum yang berwarna-warna dan berbentuk berbagai macam. Tari ini juga merupakan tari yang sangat menarik dan menakjubkan.

6. Tari Gambuh

tari gambuh
Source: promediateknologi.id

Tari Gambuh adalah tari klasik Bali yang dianggap paling tinggi mutunya, merupakan tari tradisional Bali yang paling kaya dengan gerakan tari. Tari Gambuh sering dipertunjukkan untuk menyambut tamu penting dan biasanya dipentaskan di halaman Pura (jeroan) atau halaman tengah (jaba tengah) sebagai perwujudan rasa syukur, penghormatan, dan pemujaan kepada dewa.

Baca Juga:  Capsule Hotel New Seminyak: Penginapan Murah dan Nyaman di Bali

Dalam segi cerita drama tari Gambuh, ia membawa cerita malat/panji, yang khusus di Desa Batuan menampilkan cerita antara lain; karya gunung pangebel, peras mataum, kesandung lasem, tebek jaran, perang undur-undur, puun alas trate bang, tuun di tuban, puun peken singasari, dan lain sebagainya.

Baca Juga

7. Tari Baris

tari baris
Source: katadata

Tari Baris merupakan tari yang sering dipertunjukkan untuk menyambut tamu penting. Tarian ini melambangkan keberanian dan semangat para prajurit Bali dalam pertempuran. Gerakannya yang tegas dan penuh kekuatan menjadi simbol patriotisme dan nasionalisme. Tari Baris sering ditampilkan untuk menyambut tamu penting yang memiliki peran penting dalam menjaga keamanan dan stabilitas negara.

8. Tari Janger

tari janger
Source: antarafoto.com

Tari Janger adalah tari tradisional Bali yang menceritakan mengenai kebahagiaan dari kehidupan anak remaja. Tari ini diciptakan pada tahun 1930-an dan merupakan salah satu dari tari pergaulan muda dan mudi di Bali.

Tarian ini menceritakan interaksi sosial dan kemeriahan masyarakat Bali. Gerakannya yang riang dan penuh semangat menjadi simbol keramahan dan kehangatan. Tari Janger sering ditampilkan untuk menyambut tamu penting sebagai bentuk penyambutan dan ucapan selamat datang.

Ciri Khas Tarian Tradisional Bali

  • Sikap badan: Sikap badan dalam menarikan tarian Bali selalu dilakukan dengan menekan perut ke dalam, sehingga dada akan terdorong ke depan.
  • Ekspresi muka: Ekspresi muka dalam tari Bali sangat penting dan digunakan untuk menggambarkan emosi dan kepingatan.
  • Setiap gerak berunsur nilai keagamaan: Setiap gerak dalam tari Bali memiliki makna kagamaan, yang merupakan bagian dari upacara-upacara keagamaan.
  • Kostum yang Megah dan Berwarna: Dihiasi dengan berbagai perhiasan, aksesoris, dan kain berwarna cerah, mencerminkan kekayaan budaya dan tradisi Bali.
  • Musik yang Merdu dan Semarak: Iringan musik dalam tarian Bali menggunakan gamelan, alat musik tradisional Bali yang menghasilkan suara merdu dan penuh semangat.
Baca Juga:  Pemandian Jatiluwih: Pemandian Alami yang Indah dan Menyegarkan

Menjelajahi nama – nama tarian Bali dan gambarnya membuka pintu untuk memahami kekayaan budaya Pulau Dewata. Di balik keindahan gerakan dan kostumnya, terdapat nilai-nilai luhur yang ingin disampaikan.

Jika ingin tahu lebih banyak tentang nama tarian Bali dan gambarnya, kamu dapat mengunjungi tempat-tempat tari tradisional di Bali seperti Pura Dalem, Pura Tirta Empul, dan Pura Besakih. Ayo, jadikan perjalananmu ke Bali dengan Get&Ride sewa mobil Bali. Perjalananmu dijamin nyaman dan terjangkau!

Share this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *