Get and Ride Logo
Previous
Next

Yuk, Kenali Jenis Tarian Bali Apa Saja Sih?

tarian bali apa saja

Daftar Isi

Yuk, Kenali Jenis Tarian Bali Apa Saja Sih?Travel. Bali, pulau yang terkenal dengan keindahan alam dan budayanya, juga memiliki ragam tarian tradisional yang indah dan memukau. Tarian Bali merupakan salah satu kekayaan budaya Indonesia yang telah diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya tak benda.

Tarian Bali sering ditampilkan dalam berbagai acara yang lebih santai, seperti upacara pernikahan, acara peresmian suatu perusahaan, dan sebagainya. Ketahui berbagai jenis tarian bali apa saja disini. Berbagai jenis tarian Bali memiliki makna filosofis yang berbeda-beda dan seringkali terkait dengan cerita-cerita epik dan upacara keagamaan. 

Jenis Tarian Bali Apa Saja Sih?

Ingin mengetahui tarian Bali apa saja? Tarian Bali dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu tarian sakral dan tarian profan. Tarian sakral biasanya ditampilkan dalam upacara keagamaan atau ritual adat. Tarian profan, di sisi lain, ditampilkan dalam acara-acara non-keagamaan, seperti pertunjukan seni atau penyambutan tamu.

Ketahui jenis tarian Bali apa saja disini:

1. Tarian Sakral

Tarian sakral adalah tarian yang ditampilkan dalam upacara keagamaan atau ritual adat. Tarian ini biasanya memiliki makna religius, seperti untuk memohon keselamatan atau perlindungan kepada para dewa. Beberapa contoh tarian sakral Bali adalah:

  • Tari Kecak adalah tarian sakral yang paling terkenal di Bali. Tarian ini menceritakan kisah Ramayana, salah satu epos Hindu. Tari Kecak ditampilkan oleh puluhan atau bahkan ratusan penari laki-laki yang duduk melingkar dan menyerukan kata “cak” secara berulang-ulang.
  • Tari Pendet adalah tarian penyambutan yang biasanya ditampilkan untuk menyambut tamu atau wisatawan. Tarian ini ditampilkan oleh lima penari wanita yang mengenakan kostum tradisional Bali. Tari Pendet memiliki gerakan yang anggun dan gemulai.
tari pendet
Source: Wikipedia
  • Tari Legong adalah tarian klasik Bali yang ditampilkan oleh dua penari wanita. Tarian ini memiliki gerakan yang halus dan anggun, serta diiringi oleh alunan gamelan yang indah. Tari Legong menceritakan kisah-kisah dalam mitologi Hindu.
tari legonxg
Source: tempo.com
  • Tari Baris adalah tarian perang yang biasanya ditampilkan oleh penari laki-laki. Tarian ini memiliki gerakan yang dinamis dan penuh semangat. Tari Baris menggambarkan keberanian dan kekuatan para prajurit Bali.
tari baris bali
Source: kompas.com
  • Tari Topeng adalah tarian yang menggunakan topeng sebagai salah satu propertinya. Tarian ini biasanya menceritakan kisah-kisah dalam mitologi Hindu atau cerita rakyat Bali.
tari topeng bali
Source: Wikipedia

2. Tarian Profan

Tarian profan adalah tarian yang ditampilkan dalam acara-acara non-keagamaan, seperti pertunjukan seni atau penyambutan tamu. Tarian ini biasanya memiliki makna simbolis, seperti untuk menggambarkan keindahan alam atau budaya Bali. Beberapa contoh tarian profan Bali adalah:

  • Tari Gambyong adalah tarian yang menggambarkan kehidupan sehari-hari masyarakat Bali. Tarian ini ditampilkan oleh penari wanita yang mengenakan kostum tradisional Bali.
  • Tari Janger adalah tarian yang menggambarkan kepahlawanan. Tarian ini ditampilkan oleh penari pria dan wanita yang mengenakan kostum tradisional Bali.
tari janger
Source: antarafoto.com
  • Tari Kecak Barong adalah tarian yang menceritakan kisah perseteruan antara kebaikan melawan kejahatan. Tarian ini ditampilkan oleh penari laki-laki yang duduk melingkar dan menyerukan kata “cak” secara berulang-ulang. Selain itu, dalam tarian ini juga terdapat dua penari yang berperan sebagai barong dan rangda.
tari barong
Source: Tribun Bali
  • Tari Ular adalah tarian yang menggambarkan keindahan alam. Tarian ini ditampilkan oleh penari wanita yang mengenakan kostum tradisional Bali dan memegang ular.
  • Tari Manuk Rawa adalah tarian yang menggambarkan keindahan alam. Tarian ini ditampilkan oleh penari wanita yang mengenakan kostum tradisional Bali dan memegang burung.
Baca Juga:  Nasi Lawar adalah Nasi Campur Khas Bali, Ketahui Fakta Makna Makanan ini!

Ciri Khas Tarian Bali

Setalah mengetahui tarian Bali apa saja, ketahui juga cirinya. Tarian Bali memiliki ciri khas yang unik dan berbeda dari tarian tradisional lainnya di Indonesia. Ciri khas tersebut antara lain:

  • Gerakan yang anggun, gemulai, dan penuh ekspresi
  • Kostum yang indah dan mencerminkan budaya Bali
  • Pengiring musik gamelan yang merdu
  • Makna yang mendalam, baik religius maupun simbolis

Jika Anda berencana ke Bali, setalah mengetahui tarian Bali apa saja, jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati keindahan berbagai tarian tradisional yang khas di pulau ini. Dari Tari Pendet yang anggun hingga kegembiraan Tari Kecak, setiap pertunjukan menawarkan pengalaman budaya yang tak terlupakan.

Untuk membuat perjalanan Anda lebih nyaman dan fleksibel, disarankan untuk menyewa mobil melalui layanan Get&Ride Rental Mobil Bali. Dengan menyewa mobil, Anda dapat menjelajahi pulau dengan leluasa, mengunjungi berbagai tempat wisata, dan tentu saja, tidak terbatas waktu untuk menikmati pertunjukan tarian yang memukau.

Share this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *