Get and Ride Logo
Previous
Next

5 Tips Berkendara Hemat BBM Anti Boros​!

tips hemat bbm

Daftar Isi

5 Tips Berkendara Hemat BBM Anti Boros​!Tips. Pemerintah beberapa waktu lalu memutuskan untuk menaikkan harga Bahan Bakar Minya (BBM) yang cukup tinggi. Adanya kenaikan tersebut membuat masyarakat harus lebih bijak dalam menggunakan kendaraan agar tidak boncos. Bagaimana sih cara menghemat bensin mobil matic ataupun manual agar kita bisa berkendara dengan smart dan efisien?

Jangan khawatir! Berikut merupakan tips yang Get and Ride siapkan bagaimana cara hemat BBM mobil dan cara irit bensin motor kamu:

1. Menambah dan mengurangi kecepatan secara bertahap

speedometer

Menambah kecepatan dengan menginjak gas ataupun mengerem  terlalu dalam dapat membuat mesih haus bahan bakar sehingga membuat boros BBM dan membuat onderdil akan lebih cepat rusak. Sebaiknya anda memainkan gas dan dengan lebih lembut agar lebih hemat BBM mobil.

2. Gunakan BBM sesuai spesifikasi mesin

hemat bbm mobil

Penggunaan BBM yang sesuai dengan spesifikasi mesin mobil dapat memberikan dampak terhadap performa dan konsumsi bahan bakar mobil. Jika menggunakan bahan bakar yang tidak sesuai, kinerja mesin akan terganggu. Hal tersebut dapat memberikan efek bahan bakar yang menjadi lebih boros, performa kurang optimal, dan membuat daya tahan mesin menurun.

3. Lakukan perawatan secara berkala

cuci mobil hemat bbm

Jika perawatan dilakukan secara berkala, kondisi mobil tentunya akan terjaga dengan baik. Performa dan daya tahan mesin dapat berjalan dengan optimal dan efisien. Kamu bisa melakukan service paling tidak satu buan sekali untuk memeriksa kondisi mobil secara menyeluruh. Selain itu kamu bisa melakukan perawatan dengan cara tune-up mobil agar lebih irit BBM. Dengan tune-up, busi dan koil menjadi bersih dari kotoran sehingga putaran mobil lebih lancar dan semakin besar tenaganya.

Baca Juga:  Syarat Rental Mobil yang Wajib Diketahui Sebelum Menyewa

4. Memanaskan mobil sebelum digunakan

mobil hemat bbm

Sebaiknya kamu selalu memanaskan mobil terlebih dahulu sebelum di gunakan. Hal ini dilakukan agar mesin sudah benar-benar dalam kondisi siap saat digunakan. Tetapi kamu juga harus ingat untuk tidak memanaskan mobil terlalu lama sehingga bisa menyebabkan boros bahan bakar. Biasanya waktu yang dibutuhkan untuk memanaskan mobil yaitu sekitar 3 menit.

5. Jangan memuat penumpang dan barang berlebihan

bagasi mobil

Ketika mobil diisi penumpang dan barang yang over capacity, akan berefek ke kinerja mesin. Mesin akan bekerja lebih berat dan membutuhkan bahan bakar yang lebih banyak. Oleh karena itu, jangan terlalu sering berkendara dengan penumpang atau barang yang over capacity.


sewa mobil get & ride

Untuk kamu yang berencana pergi liburan khususnya di Bali, jangan khawatir masalah transportasi ataupun bingung memikirkan biaya BBM. Kamu bisa melakukan rental dan sewa mobil dengan supir ataupun sewa mobil lepas kunci. Dapatkan detail informasi yang lebih lengkap melalui website kami Get and Ride maupun download Aplikasi di Play Store atau App Store.

Share this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *