Get and Ride Logo
Previous
Next

Jawaban Lengkap untuk Pertanyaan Bolehkah Ibu Hamil Makan Seafood?

ibu hamil makan seafood

Daftar Isi

Apakah Anda sedang hamil dan bingung apakah boleh makan seafood? Ini adalah pertanyaan yang sering ditanyakan oleh ibu hamil, terutama di Indonesia, karena seafood merupakan makanan yang populer di sana. Namun, seiring dengan kehamilan datang juga kekhawatiran tentang keamanan makanan. Dalam artikel ini, kami akan membahas bolehkah ibu hamil makan seafood dan segala yang perlu Anda ketahui sebelum menikmati hidangan laut selama masa kehamilan.

Saat hamil, Anda harus memperhatikan makanan yang Anda makan. Anda ingin memastikan bahwa makanan yang Anda konsumsi tidak membahayakan kesehatan Anda atau janin yang sedang berkembang di dalam rahim Anda. Salah satu jenis makanan yang sering menjadi perhatian ibu hamil adalah seafood. Ada mitos yang mengatakan bahwa ibu hamil tidak boleh makan seafood sama sekali karena alasan keamanan. Namun, apakah itu benar? bolehkah ibu hamil makan seafood? Mari kita temukan jawabannya.

Bolehkah Ibu Hamil Makan Seafood?

bolehkah ibu hamil makan seafood

Jawabannya adalah, ya, ibu hamil dapat makan seafood. Faktanya, seafood adalah sumber protein yang baik dan asam lemak omega-3, yang penting untuk perkembangan otak dan mata janin. Namun, ibu hamil harus berhati-hati dalam memilih jenis seafood yang dikonsumsi. Beberapa jenis seafood mengandung tinggi merkuri atau bakteri yang berbahaya bagi janin.

Meskipun pertanyaan bolehkah ibu hamil makan seafod sudah terjawab, sebaiknya memilih jenis seafood yang aman dan memiliki kandungan merkuri rendah seperti ikan salmon, sarden, teri, tongkol, nila, udang, kepiting, kerang, dan gurita. Konsumsi seafood yang berlebihan dapat membahayakan kesehatan Anda dan janin Anda. FDA merekomendasikan agar ibu hamil mengonsumsi seafood yang aman 2-3 porsi per minggu.

Baca Juga:  Rekomendasi, Tips Memilih, dan Biaya Pasang Kaca Film Mobil

Jenis Seafood yang Aman untuk Ibu Hamil

Berikut adalah jenis seafood yang aman untuk dikonsumsi selama kehamilan:

  1. Ikan salmon
  2. Ikan sarden
  3. Ikan teri
  4. Ikan tongkol
  5. Ikan nila
  6. Udang
  7. Kepiting
  8. Kerang
  9. Gurita

Jenis Seafood yang Harus Dihindari oleh Ibu Hamil

Berikut adalah jenis seafood yang harus dihindari oleh ibu hamil:

  1. Hiu
  2. Pari
  3. Kuda laut
  4. Lobster
  5. Kepiting kecil
  6. Kerang dengan cangkang terbuka
  7. Kerang dengan daging terpisah dari cangkang
  8. Kepiting dengan daging terpisah dari cangkang

Kandungan Merkuri pada Seafood

bolehkah ibu hamil makan makanan seafood

Salah satu alasan mengapa ibu hamil harus berhati-hati dalam memilih jenis seafood yang dikonsumsi adalah karena merkuri. Meskipun pertanyaan bolehkah ibu hamil makan seafood itu boleh, merkuri adalah zat yang ditemukan di alam dan dapat terakumulasi di dalam tubuh ikan dan seafood lainnya. Terlalu banyak mengonsumsi makanan laut yang mengandung merkuri dapat membahayakan kesehatan Anda dan janin Anda.

Jenis Seafood yang Tinggi Kandungan Merkurinya

Berikut adalah beberapa jenis seafood yang cenderung memiliki kandungan merkuri yang tinggi:

  1. Tuna
  2. King mackerel
  3. Swordfish
  4. Tilefish
  5. Grouper
  6. Shark

Jika Anda ingin makan seafood yang memiliki kandungan merkuri rendah, sebaiknya memilih jenis seafood yang sudah disebutkan sebelumnya. Ikan salmon, sarden, teri, tongkol, nila, udang, kepiting, kerang, dan gurita memiliki kandungan merkuri yang relatif rendah.

Manfaat Makan Seafood untuk Ibu Hamil

Makan seafood selama kehamilan dapat memberikan banyak manfaat kesehatan bagi ibu hamil dan janin yang sedang berkembang. Beberapa manfaatnya antara lain:

  1. Sumber protein yang baik: Protein adalah nutrisi yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan janin. Seafood merupakan sumber protein yang baik dan mudah dicerna oleh tubuh.
  2. Sumber asam lemak omega-3: Omega-3 adalah asam lemak esensial yang penting untuk perkembangan otak dan mata janin. Seafood, khususnya ikan salmon, sarden, teri, dan tongkol, merupakan sumber asam lemak omega-3 yang baik.
  3. Mengurangi risiko depresi postpartum: Asam lemak omega-3 juga dapat membantu mengurangi risiko depresi postpartum pada ibu hamil.
  4. Meningkatkan kualitas tidur: Seafood juga dapat membantu meningkatkan kualitas tidur pada ibu hamil.
Baca Juga:  Ingin Tampil Kece dengan Sandal Joger Bali Wanita? Begini Tips Padu Padannya!

Frekuensi Konsumsi Seafood pada Ibu Hamil

Meskipun seafood memiliki banyak manfaat kesehatan bagi ibu hamil, tetap ada batasan dalam konsumsi. FDA merekomendasikan agar ibu hamil mengonsumsi seafood yang aman 2-3 porsi per minggu. Satu porsi seafood sekitar 4-6 ons. Konsumsi seafood yang berlebihan dapat membahayakan kesehatan Anda dan janin Anda.

Ga perlu khawatir lagi tentang pertanyaan bolehkah Ibu hamil makan seafood, karena jawabannya adalah boleh meskipun tidak boleh makan sembarangan dan hanya beberapa jenis seafood saja. Untuk ibu hamil yang sedang berlibur di Bali, ada beberapa rekomendasi seafood jimbaran yang bisa dicoba dan disesuaikan dengan kebutuhan.

Sewa mobil dengan Get and Ride adalah pilihan yang tepat bagi ibu hamil yang ingin merasakan kenyamanan selama perjalanan di Bali. Dengan sewa mobil di Get and Ride, Anda tidak perlu khawatir dengan transportasi umum yang mungkin tidak nyaman bagi ibu hamil. Selain itu, Get and Ride juga memberikan prioritas pada kenyamanan, fleksibilitas, dan keamanan selama perjalanan Anda di Bali.

FAQ

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang bolehkah ibu hamil makan seafood dan jawabannya:

Share this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *