Get and Ride Logo
Previous
Next

Kaca Film Mobil yang Bagus Berapa Persen? Ketahui Juga Jenis dan Tingkat Kegelapannya

kaca film mobil yang bagus berapa persen

Daftar Isi

Kaca Film Mobil yang Bagus Berapa Persen? Ketahui Juga Jenis dan Tingkat KegelapannyaTips. Kaca film mobil adalah lapisan plastik yang diaplikasikan ke kaca mobil untuk memberikan kenyamanan dan keamanan bagi pengendara. Kaca film mobil dapat membantu mengurangi panas matahari, silau, dan sinar ultraviolet.

Ada banyak jenis kaca film mobil yang tersedia di pasaran, dengan berbagai tingkat kegelapan dan fitur tambahan. Tingkat kegelapan kaca film mobil biasanya diukur dengan persentase transmisi cahaya tampak (VLT). Semakin rendah persentase VLT, semakin gelap kaca film tersebut.

Kaca Film Mobil yang Bagus Berapa Persen?

kaca film mobil yang bagus
Source: shutterstock

Kaca film mobil yang bagus berapa persen? Tingkat kegelapan kaca film mobil yang bagus adalah 20-60%, tergantung pada bagian kacanya.

  • Kaca depan: 20%
  • Kaca samping: 40-60%
  • Kaca belakang: 40-60%

Kaca depan harus memiliki tingkat kegelapan yang lebih rendah daripada kaca samping dan belakang untuk memastikan visibilitas yang baik bagi pengendara.

Tingkat kegelapan kaca film mobil

Tingkat kegelapan kaca film mobil dapat diukur dalam persen. Tapi sebenarnya kaca film mobil yang bagus berapa persen? Semakin tinggi persentase, semakin sedikit cahaya yang dapat melewati kaca film. Berikut adalah beberapa tingkat kegelapan kaca film mobil yang umum digunakan:

  • 50%: Tingkat kegelapan ini adalah yang paling terang karena sebanyak 50% cahaya masih dapat melewati kaca film.
  • 40%: Tingkat kegelapan ini sangat pas untuk menghindari silau dari depan akibat sorotan lampu kendaraan dari lawan arah.
  • 35%: Kaca film dengan tingkat kegelapan ini masih cukup terang karena sebanyak 65% cahaya akan diblokir oleh kaca film.
  • 20%: Tingkat kegelapan ini umumnya membuat pengemudi merasa lebih nyaman karena dapat mengurangi jumlah sinar matahari yang masuk ke dalam mobil.
  • 10%: Tingkat kegelapan ini sangat gelap dan hanya sebanyak 10% cahaya yang dapat melewati kaca film.
  • 5%: Tingkat kegelapan ini adalah yang paling gelap karena hanya sebanyak 5% cahaya yang dapat melewati kaca film.
Baca Juga:  Libur Lebaran di Bali Panduan Lengkap: Mulai dari Penginapan hingga Kuliner

Namun, perlu diingat bahwa setiap negara memiliki aturan yang berbeda-beda mengenai tingkat kegelapan kaca film mobil yang diperbolehkan. Sebelum memilih tingkat kegelapan kaca film mobil, pastikan Anda memeriksa aturan kaca film mobil yang bagus berapa persen yang berlaku di wilayah Anda.

Peraturan Terkait Kaca Film Mobil

Di Indonesia, peraturan terkait kaca film mobil diatur dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Berdasarkan peraturan tersebut, kaca film mobil yang bagus berapa persen yaitu ketebalan maksimum kaca film mobil yang diperbolehkan adalah 40% pada jendela depan serta 70% pada jendela samping dan belakang.

Jenis Kaca Film Mobil

kaca film mobil
Source: shutterstock

Selain mengetahui kaca film mobil yang bagus berapa persen, ketahui juga jenis – jenis kaca film mobil yang digunakan.

Jenis Kaca Film Mobil Berdasarkan Fungsinya

  1. Kaca Film Visible Light Transmittance (VLT)

Jenis kaca film mobil ini mampu meneruskan cahaya ke dalam kabin mobil. Semakin tinggi persentase VLT, semakin banyak cahaya yang dapat masuk ke dalam mobil.

  1. Kaca Film Ultraviolet Rejected (UVR)

Jenis kaca film mobil ini dapat membantu mengurangi jumlah sinar ultraviolet yang masuk ke dalam mobil. Sinar ultraviolet dapat merusak kulit dan menyebabkan penuaan dini.

  1. Kaca Film Infrared Rejected (IRR)

Jenis kaca film mobil ini dapat membantu mengurangi jumlah sinar inframerah yang masuk ke dalam mobil. Sinar inframerah dapat meningkatkan suhu di dalam mobil dan membuat mobil terasa lebih panas.

  1. Kaca Film Total Solar Energy Rejected (TSER)

Jenis kaca film mobil ini dapat membantu mengurangi jumlah sinar matahari yang masuk ke dalam mobil. Kaca film TSER juga dapat membantu mengurangi panas yang masuk ke dalam mobil.

Baca Juga:  Syarat Perpanjang STNK 5 Tahun: Panduan Lengkap

Jenis Kaca Film Mobil Berdasarkan Fiturnya

  1. Dyed Film

Jenis kaca film mobil ini terbuat dari bahan pewarna yang ditempatkan di antara dua lapisan film. Kaca film ini dapat membantu mengurangi jumlah sinar matahari yang masuk ke dalam mobil.

  1. Carbon Film

Jenis kaca film mobil ini terbuat dari bahan karbon yang ditempatkan di antara dua lapisan film. Kaca film ini dapat membantu mengurangi jumlah sinar matahari yang masuk ke dalam mobil dan tidak memantulkan cahaya.

  1. Ceramic Film

Jenis kaca film mobil ini terbuat dari bahan keramik yang ditempatkan di antara dua lapisan film. Kaca film ini dapat membantu mengurangi jumlah sinar matahari yang masuk ke dalam mobil dan tidak memantulkan cahaya.

  1. Nano Carbon Ceramic Film

Jenis kaca film mobil ini adalah kombinasi dari kaca film carbon dan ceramic. Kaca film ini dapat membantu mengurangi jumlah sinar matahari yang masuk ke dalam mobil dan tidak memantulkan cahaya. Kaca film ini juga lebih tahan lama daripada jenis kaca film lainnya.

Memilih persentase yang tepat untuk pemasangan kaca film mobil sangat penting agar Anda dapat merasakan manfaat yang diinginkan, tetap mematuhi regulasi lokal, dan menjaga keamanan. Untuk memilih kaca film pertimbangkan juga biaya pasang kaca film mobil Anda.

Apakah Anda lebih mengutamakan privasi, penolakan panas, estetika, memahami faktor-faktor yang terlibat akan membantu Anda membuat keputusan yang tepat. Tetapi juga kaca film mobil yang bagus berapa persen harus disesuaikan dengan peraturan di daerah masing-masing.

Jadi, jika Anda merencanakan liburan di Bali dan ingin menjelajahi pulau ini dengan leluasa, sewa mobil dengan Get&Ride Sewa Mobil Bali adalah pilihan yang bijak. Dengan jaminan kaca film mobil yang bagus berapa persen sudah sesuai dengan ketentuan dan kenyamanan yang luar biasa bagi pengendara, Anda dapat fokus pada menikmati semua keindahan yang ditawarkan oleh Bali. Selamat berlibur!

Baca Juga:  Daftar Toko Sparepart Mobil Terdekat 24 Jam di Kuta

FAQ

Share this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *