Get and Ride Logo
Previous
Next

Gunung Batur Berapa Mdpl? Fakta Unik dan Menarik yang Perlu Kamu Tahu!

gunung batur berapa mdpl

Daftar Isi

Gunung Batur Berapa Mdpl? Fakta Unik dan Menarik yang Perlu Kamu Tahu! Gunung Batur adalah salah satu gunung yang terkenal di Indonesia, terutama di pulau Bali. Gunung ini seringkali menjadi destinasi wisata favorit bagi banyak orang karena pemandangan alamnya yang menakjubkan. Namun, sebelum kamu mengunjungi Gunung ini, penting untuk mengetahui informasi penting seperti Gunung Batur berapa mdpl? Fakta unik dan menarik apa yang perlu kamu ketahui sebelum kamu mendaki ke puncaknya? Artikel ini akan membahas semuanya untukmu.

Gunung Vulkanik Terkenal di Bali

gunung batur berapa mdpl tingginya

Gunung Batur, yang terletak di Kintamani, Bali, adalah gunung berapi aktif. Gunung Batur berapa Mdpl? Gunung ini memiliki ketinggian 1.717 meter di atas permukaan laut. Gunung ini terkenal dengan keindahan alamnya dan juga karena adanya sebuah danau kawah di sekitarnya. Karena keunikan dan keindahan alamnya, Gunung ini juga sering menjadi destinasi wisata favorit di Bali, terutama untuk para pendaki gunung.

Namun, sebelum kamu memutuskan untuk mendaki Gunung Batur, kamu harus mengetahui informasi penting tentangnya seperti Gunung Batur berapa mdpl dan fakta-fakta menarik lainnya yang perlu kamu ketahui. Mari kita bahas semuanya di bawah ini.

Gunung Batur Berapa Mdpl?

ketinggian gunung batur

Pertanyaan pertama yang sering diajukan tentang Gunung Batur adalah, “Gunung Batur berapa mdpl?” Jawaban mengenai Gunung Batur berapa mdpl adalah gunung ini sekitar 1.717 mdpl (meter di atas permukaan laut), atau sekitar 5.633 kaki. Meskipun tidak termasuk dalam kategori gunung tertinggi di Indonesia, Gunung ini tetap menjadi tujuan yang populer bagi para pendaki gunung.

Sejarah Gunung Batur

Gunung ini memiliki sejarah letusan yang panjang, dimulai sejak sekitar 29.300 tahun yang lalu. Letusan terbaru terjadi pada tahun 2000, di mana letusan ini menyebabkan ribuan orang dievakuasi dari daerah sekitar gunung.

Letusan pada tahun 1917 menyebabkan kehancuran besar di daerah sekitarnya dan menyebabkan lebih dari 1.500 jiwa hilang. Setelah letusan tersebut, lahar vulkanik menutupi sebagian besar daerah sekitar gunung dan membentuk danau Batur. Danau ini kini menjadi tujuan wisata populer di Bali dan dikenal sebagai Danau Batur.

Baca Juga:  50 Makanan Khas Indonesia dan Asalnya yang Harus Kamu Ketahui

Fakta-fakta Unik tentang Gunung Batur

fakta unik gunung batur

Tidak hanya tentang Gunung Batur berapa Mdpl dan memiliki ketinggian yang tinggi, Gunung ini juga memiliki fakta-fakta unik dan menarik yang membuat banyak wisatawan penasaran. Berikut adalah beberapa fakta menarik tentang Gunung ini:

1. Merupakan Gunung Berapi Aktif

Gunung ini masih aktif dan tercatat sudah meletus sebanyak 26 kali sejak tahun 1804. Letusan terakhir terjadi pada tahun 2000 dan mengakibatkan kerusakan yang cukup besar pada sekitar 70 hektar lahan pertanian di sekitarnya. Meskipun masih aktif, Gunung Batur dianggap aman untuk didaki dan dikunjungi oleh para wisatawan.

2. Berada di Tengah-tengah Kaldera

Gunung Batur terletak di tengah-tengah kaldera yang terbentuk akibat letusan besar pada zaman dahulu. Kaldera ini memiliki luas sekitar 13,8 km² dan menjadi salah satu objek wisata yang populer di Bali. Dari atas Gunung Batur, kamu dapat melihat keindahan kaldera dengan pemandangan Danau Batur yang memukau.

3. Memiliki Dua Puncak Utama

Gunung Batur memiliki dua puncak utama yaitu Puncak Batur dan Puncak Ulun Danu Batur. Puncak Gunung Batur berapa mdpl? yaitu 1.717 mdpl sementara Puncak Ulun Danu Batur memiliki ketinggian 1.450 mdpl. Kedua puncak ini menjadi lokasi favorit para pendaki untuk menikmati keindahan alam sekitar.

4. Tempat Peninggalan Sejarah

Gunung Batur juga memiliki nilai sejarah yang cukup tinggi. Di sekitar kaki Gunung ini terdapat beberapa pura yang dibangun pada masa kerajaan Bali.

5. Memiliki Dua Kawah Besar

Gunung Batur memiliki dua kawah besar, yaitu kawah Batur dan kawah Baru. Kawah Batur merupakan kawah utama yang terletak di puncak gunung. Sementara itu, kawah Baru terletak di sebelah barat kawah Batur.

6. Danau Batur Terletak di Kaki Gunung Batur

Danau Batur adalah danau yang terletak di kaki Gunung Batur dan merupakan danau terbesar di Bali. Danau ini juga menyediakan sumber daya air untuk kegiatan irigasi dan pembangkit listrik di pulau Bali.

Baca Juga:  Naughty Goat Coffee Artisans Bali, Fine Dining Versi Kopi

7. Gunung Batur Memiliki Sumber Air Panas

Di kaki Gunung Batur terdapat beberapa sumber air panas yang dapat digunakan untuk mandi air panas. Salah satu sumber air panas yang terkenal adalah Toya Bungkah, yang terletak di sebelah barat Danau Batur. Sumber air panas ini menjadi destinasi populer untuk relaksasi dan penyembuhan alami.

8. Terdapat Tiga Bukit di Sekitar Gunung Batur

Selain Danau Batur yang terkenal, Gunung Batur juga dikelilingi oleh tiga bukit, yaitu Bukit Abang, Bukit Penulisan, dan Bukit Song. Ketiga bukit ini menawarkan pemandangan yang indah dan menjadi destinasi populer untuk trekking dan hiking.

9. Kegiatan Hiking di Gunung Batur Populer di Kalangan Wisatawan

Salah satu kegiatan populer di Gunung ini adalah hiking atau pendakian gunung. Trekking gunung batur cukup mudah dan dapat diselesaikan dalam waktu sekitar dua jam. Pemandangan yang menakjubkan dari puncak Gunung Batur adalah salah satu alasan mengapa pendakian gunung ini sangat populer di kalangan wisatawan.

10. Gunung Batur Menjadi Lokasi Syuting Film Hollywood

Tahukah kamu bahwa Gunung Batur pernah menjadi lokasi syuting film Hollywood? Ya, kamu tidak salah dengar! Gunung ini pernah menjadi tempat syuting film Hollywood berjudul “Eat Pray Love” yang dibintangi oleh Julia Roberts. Film ini diadaptasi dari buku dengan judul yang sama karya Elizabeth Gilbert. Meski terdapat beberapa risiko seperti erupsi vulkanik, tetapi Gunung Batur tetap menjadi destinasi wisata yang menarik bagi banyak orang.

Setelah kamu mengetahui Gunung Batur berapa mdpl, pastikan untuk mengetahui informasi penting seperti persiapan apa saja yang perlu dilakukan. Temukan banyak sekali tempat wisata gunung yang ada di Bali lainnya untuk liburan lebaran di Bali atau juga hangout dekat cafe di kintamani view gunung. Nikmati juga beberapa pilihan paket wisata Bali 4 hari 3 malam termasuk tiket pesawat. Selain itu, jangan lupa untuk menjaga kebersihan dan kelestarian alam ketika berkunjung ke sana.

Baca Juga:  Matahari Terbit Jam Berapa di Bali? Rekomendasi Tempat Melihat Sunrise di Bali

Jika kamu ingin menjelajahi keindahan Gunung Batur dengan nyaman dan aman, maka kamu dapat mempertimbangkan untuk menggunakan jasa sewa mobil di Bali dari Get&Ride. Get&Ride adalah perusahaan penyedia jasa transportasi terpercaya di Bali yang menawarkan berbagai pilihan mobil yang dapat disesuaikan dengan kebutuhanmu. Selain itu, Get&Ride juga menjamin keamanan dan kenyamanan para penumpang dengan mobil-mobil yang terawat dan sopir yang berpengalaman.

FAQ

Share this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *