Get and Ride Logo
Previous
Next

Ogoh ogoh Adalah: Pesta Monster Raksasa Jelang Nyepi di Bali

ogoh ogoh adalah

Daftar Isi

Ogoh ogoh Adalah: Pesta Monster Raksasa Jelang Nyepi di BaliNews. Pernahkah kamu melihat monster raksasa berkeliaran di jalanan Bali? Jika belum, bersiaplah untuk tercengang saat menjelang Hari Raya Nyepi. Di momen spesial ini, pulau Dewata akan diramaikan dengan parade ogoh-ogoh, patung raksasa dengan bentuk yang mengerikan dan penuh warna.

Apa itu Ogoh-ogoh ?

apa itu ogoh ogoh
Source: balipost.com

Ogoh Ogoh adalah sebuah tradisi yang sangat menarik dari Bali, Indonesia. Ini adalah sebuah perayaan yang merupakan bagian dari hari Nyepi, yang merupakan hari pemandian dan hari nyata di Bali. Ogoh Ogoh adalah sebuah karya seni yang dibuat dengan menggunakan bahan-bahan yang dapat ditemukan di sekitar, seperti kertas, kardus, dan plastik.

Sejarah Ogoh-ogoh: Monster Raksasa Penyambut Nyepi

Ogoh-ogoh adalah patung raksasa dengan bentuk yang mengerikan dan penuh warna yang diarak keliling desa di Bali pada malam “Pangrupukan”, sehari sebelum Hari Raya Nyepi. Tradisi ini telah ada sejak zaman dahulu dan memiliki makna yang mendalam.

Asal Usul Ogoh-ogoh

Kata “ogoh-ogoh” berasal dari bahasa Bali “ogah”, yang berarti “menggoncang” dan “ogah-ogah”, yang berarti “bayangan”. Tradisi ini diyakini terinspirasi dari cerita Bhuta Kala, pasukan raksasa dalam mitologi Hindu yang melambangkan sifat negatif manusia.

Banyak teori tentang asal usul dari tradisi ini, tetapi salah satu teori yang paling populer yaitu bahwa Ogoh Ogoh adalah sebuah perayaan untuk membunuh demam dan pemburuhan. Dalam tradisi ini, para pembuat Ogoh-Ogoh akan membawa karya seni mereka keliling masyarakat untuk membunuh demam dan pemburuhan yang ada di masyarakat.

Makna Ogoh-ogoh

Ogoh-ogoh adalah simbol yang melambangkan sifat negatif manusia seperti kerakusan, amarah, dan kebodohan. Pada malam “Pangrupukan”, ogoh-ogoh diarak keliling desa untuk diusir dan dibakar. Ritual ini dimaksudkan untuk membersihkan alam semesta dari energi negatif dan menyambut Tahun Baru Saka yang penuh kedamaian.

Baca Juga:  Keunikan Baju Adat Bali dan Makna Filosofis Dibaliknya

Tujuan Ogoh-ogoh

Tujuan ogoh ogoh adalah sebagai lambang Bhuta Kala, yang merupakan hal-hal buruk yang dapat mempengaruhi manusia, seperti nafsu, tamak, iri, dan dendam. Setelah selesai dibuat, ogoh-ogoh akan dipersembahkan kepada masyarakat untuk dipersembahkan dan diperingati. Pawai ogoh-ogoh umumnya ditutup dengan membakar sosok Bhuta Kala dengan tujuan memusnahkan semua sisi buruk manusia.

Kapan Pawai Ogoh-ogoh Dilaksanakan

ogoh ogoh 2024
Source: kutaikartanegaranews.com

Ogoh-ogoh biasanya dilaksanakan pada malam “Pangrupukan”, sehari sebelum Hari Raya Nyepi. Pada tahun 2024, Hari Raya Nyepi jatuh pada tanggal 11 Maret, sehingga ogoh-ogoh kemungkinan akan dilaksanakan pada tanggal 10 Maret 2024.

Menyaksikan Parade Ogoh-ogoh

Menyaksikan parade ogoh ogoh adalah pengalaman yang tak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Bali. Semangat kebersamaan, kreativitas, dan kemeriahan tradisi ini akan meninggalkan kesan mendalam.

Kejadian Mistis Saat Pawai Ogoh-ogoh

Di balik kemeriahannya, terdapat beberapa cerita mistis yang menyertai tradisi ini. Berikut beberapa contohnya:

  1. Ogoh-ogoh yang Bergerak Sendiri: Beberapa orang mengaku pernah melihat ogoh-ogoh yang bergerak sendiri tanpa didorong oleh orang. Hal ini diyakini karena ogoh-ogoh tersebut dihuni oleh roh jahat yang ingin mengganggu jalannya pawai.
  2. Penampakan Sosok Gaib: Ada pula yang mengaku melihat penampakan sosok gaib di sekitar ogoh-ogoh. Sosok ini biasanya menyerupai wanita berambut panjang atau hantu yang menyeramkan.
  3. Kesurupan: Kesurupan merupakan kejadian yang cukup sering terjadi saat pawai ogoh-ogoh. Orang yang kesurupan biasanya menari dengan gerakan yang aneh dan berbicara dengan bahasa yang tidak dimengerti.
  4. Suara-suara Aneh: Beberapa orang mengaku pernah mendengar suara-suara aneh seperti tangisan, tawa, atau bisikan di sekitar ogoh-ogoh. Suara-suara ini diyakini berasal dari roh jahat yang ingin menakut-nakuti orang.

Tradisi Ogoh Ogoh adalah sebuah tradisi yang sangat menarik dan menjadi bagian dari hari Nyepi, yang merupakan hari pemandian dan hari nyata di Bali. Ini adalah sebuah cara untuk mereka untuk mengatasi demam dan pemburuhan yang ada di masyarakat, serta merupakan sebuah cara untuk mereka untuk menghadirkan diri mereka di dalam masyarakat.

Baca Juga:  Arti dan Sejarah Valentine Day: Romantisisme di Balik Hari Kasih Sayang

Menyaksikan pawai ogoh-ogoh di Bali merupakan pengalaman yang tak boleh dilewatkan. Sewa mobil Bali di Get&Ride menawarkan solusi praktis dan nyaman untuk menjelajahi Bali dan menyaksikan pawai ogoh-ogoh.

Share this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *