Get and Ride Logo
Previous
Next

Syarat Rental Mobil yang Wajib Diketahui Sebelum Menyewa

syarat rental mobil

Daftar Isi

Syarat Rental Mobil yang Wajib Diketahui Sebelum MenyewaTips. Sewa mobil adalah pilihan yang populer di Indonesia, terutama bagi mereka yang ingin bepergian dengan kenyamanan dan fleksibilitas. Namun, sebelum Anda menyewa mobil, ada beberapa syarat dan ketentuan yang perlu Anda ketahui agar proses penyewaan berjalan lancar. Dalam artikel ini, kami akan membahas secara rinci syarat rental mobil di Indonesia, sehingga Anda dapat merencanakan perjalanan Anda dengan baik.

Syarat Rental Mobil

syarat rental mobil di bali
Source: shutterstock

Sebelum menyewa mobil, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, salah satunya adalah syarat rental mobil. Setiap perusahaan rental mobil memiliki syarat dan ketentuan yang berbeda-beda, sehingga penting untuk memahaminya terlebih dahulu.

1. Persyaratan Umum

Saat Anda ingin menyewa mobil di Indonesia, ada beberapa syarat rental mobil umum yang perlu dipenuhi:

Usia Minimun

Untuk menyewa mobil, Anda harus berusia minimal 18 – 21 tahun. Namun, beberapa perusahaan rental mobil mungkin memiliki persyaratan usia yang lebih tinggi, seperti 25 tahun. Pastikan untuk memeriksa persyaratan usia dari perusahaan rental yang Anda pilih.

Dokimen (KTP dan SIM)

Beberapa perusahaan rental mobil mungkin memerlukan dokumen pendukung seperti KTP dan SIM atau Passport Anda harus memiliki SIM yang masih berlaku. Periksa apakah jenis SIM Anda sesuai dengan jenis kendaraan yang akan Anda sewa, seperti SIM A untuk mobil non-angkutan umum.

2. Proses Pemesanan

Setelah Anda memenuhi persyaratan umum, langkah selanjutnya adalah proses pemesanan. Ini melibatkan beberapa langkah:

Pemilihan Mobil

Pilih mobil yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pastikan untuk mempertimbangkan jumlah penumpang dan bagasi yang akan Anda bawa.

Durasi Sewa

Tentukan berapa lama Anda akan menyewa mobil. Harga sewa biasanya berdasarkan durasi penyewaan.

Baca Juga:  Surat Kuasa Perpanjang STNK: Fungsi dan Manfaatnya

3. Pembayaran dan Jaminan

Setelah Anda memilih mobil dan durasi sewa, Anda perlu membayar biaya sewa dan memberikan jaminan. Ini bisa dilakukan dengan beberapa cara:

Pembayaran

Lakukan pembayaran sesuai dengan ketentuan perusahaan rental. Beberapa menerima pembayaran tunai, kartu kredit, atau transfer bank.

Jaminan

Perusahaan rental akan meminta jaminan sebagai perlindungan jika terjadi kerusakan pada mobil selama penyewaan. Jaminan ini biasanya diblokir pada kartu kredit Anda.

4. Pengambilan dan Pengembalian Mobil

Pada hari penyewaan, Anda akan mengambil mobil di lokasi yang telah ditentukan. Pastikan untuk membawa dokumen yang diperlukan, seperti SIM dan kartu identitas.

Pemeriksaan Mobil

Sebelum meninggalkan lokasi penyewaan, periksa mobil secara teliti. Catat setiap kerusakan yang ada pada mobil dan laporkan kepada perusahaan rental.

Pengembalian Mobil

Kembalikan mobil tepat waktu dan di lokasi yang telah disepakati. Jangan lupa untuk mengisi bahan bakar sesuai dengan ketentuan perusahaan rental.

5. Syarat Khusus

Beberapa perusahaan rental mobil mungkin memiliki syarat khusus yang perlu Anda ketahui sebelum menyewa. Ini termasuk aturan tentang pembatasan jarak, asuransi tambahan, dan biaya tambahan lainnya.

Hal yang Perlu Diperhatikan

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat menyewa mobil:

  • Pastikan mobil dalam kondisi baik

Saat melakukan serah terima mobil, pastikan mobil dalam kondisi baik dan tidak ada kerusakan.

  • Perhatikan ketentuan penggunaan mobil

Pahami dengan baik ketentuan penggunaan mobil yang berlaku di perusahaan rental mobil.

  • Laporkan kerusakan mobil

Jika terjadi kerusakan pada mobil selama masa sewa, segera laporkan kepada perusahaan rental mobil.

Apakah rental mobil harus ada izin?

Rental mobil merupakan salah satu usaha yang bergerak di bidang jasa transportasi. Rental mobil tidak termasuk dalam sektor usaha pariwisata karena usaha ini tidak menyediakan barang dan/atau jasa yang dibutuhkan oleh wisatawan. Rental mobil hanya menyediakan jasa penyewaan mobil kepada masyarakat umum, baik wisatawan maupun non-wisatawan.

Baca Juga:  Temukan Cara Mencari Toko Aki Terdekat dari Lokasi Saya di Bali dengan Mudah!

Oleh karena itu, usaha rental mobil tidak wajib memiliki izin usaha pariwisata. Namun, usaha rental mobil tetap harus memiliki izin usaha dari pemerintah daerah setempat. Izin usaha ini merupakan bentuk pengakuan pemerintah terhadap usaha yang dijalankan.

Rental mobil murah di Indonesia adalah cara yang nyaman untuk menjelajahi berbagai tempat wisata. Syarat rental mobil merupakan hal yang penting untuk diketahui sebelum Anda menyewa mobil. Dengan memahami syarat dan ketentuan yang berlaku, Anda dapat menghindari masalah saat menyewa mobil.

Saat berlibur ke Bali, pastikan untuk menyewa mobil dari Get&Ride Car Rental Bali. Syarat rental mobil di Get&Ride sangat mudah dan tidak ribet, sehingga Anda dapat menikmati liburan Anda dengan lebih nyaman.

FAQ

Share this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *