Get and Ride Logo
Previous
Next

Bahan Bakar Mesin Diesel: Pengertian, Jenis, dan Karakteristik

Bahan Bakar Mesin Diesel adalah

Daftar Isi

Bahan Bakar Mesin Diesel Adalah: Pengertian, Jenis, dan KarakteristikTips. Mesin diesel menggunakan bahan bakar yang khas dan berbeda dari mesin bensin. Bahan bakar mesin diesel adalah jenis bahan bakar yang digunakan oleh mesin diesel.

Apa itu Mesin Diesel?

Mesin diesel adalah jenis mesin penggerak kendaraan yang menggunakan bahan bakar diesel. Bahan bakar diesel memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan bahan bakar bensin, yaitu proses pembakarannya yang tidak membutuhkan percikan api dari busi.

Pada mesin diesel, udara dikompresi hingga suhunya mencapai sekitar 900 derajat Celcius. Pada suhu ini, bahan bakar diesel akan terbakar secara spontan tanpa perlu percikan api. Oleh Bahan bakar mesin diesel adalah apa saja?

Baca juga sejarah mesin diesel dan siapa penemunya disini: Mesin Diesel Ditemukan Oleh Siapa? Ketahui Sejarah dan Perbedaannya dengan Mesin Bensin.

Bahan Bakar Mesin Diesel Adalah

bahan bakar diesel
Source: Shutterstock

Terdapat beberapa jenis bahan bakar diesel yang umum digunakan. Bahan bakar mesin diesel adalah sebagai berikut:

  • Solar: Jenis bahan bakar diesel yang paling umum digunakan. Solar memiliki kandungan energi yang tinggi dan lebih efisien dibandingkan dengan bensin. Bahan bakar ini juga lebih tahan terhadap penyalaan yang sulit pada suhu rendah.
  • Biodiesel: Bahan bakar diesel yang terbuat dari bahan-bahan organik, seperti minyak nabati atau lemak hewan. Biodiesel merupakan alternatif yang lebih ramah lingkungan karena dapat dihasilkan dari sumber-sumber terbarukan.
  • Dexlite: Bahan bakar diesel dengan kualitas premium yang dihasilkan oleh Pertamina. Dexlite memiliki kandungan sulfur yang rendah dari solar, sehingga lebih ramah lingkungan dan menghasilkan emisi yang lebih bersih.

Baca juga tentang apakah ada pengaruh dari penggunaan bahan bakar solar terhadap mesin diesel disini: Apakah Pengaruh Penggunaan Bahan Solar pada Mesin Diesel?

Baca Juga:  Sewa Mobil Murah di Bali Lepas Kunci - Hemat Budget, Bebas Jalan-Jalan

Komponen Bahan Bakar Mesin Diesel

komponen utama dari bahan bakar mesin diesel adalah sebagai berikut:

  1. Hidrokarbon: Hidrokarbon adalah komponen utama dari bahan bakar mesin diesel. Molekul hidrokarbon dalam bahan bakar diesel terdiri dari atom karbon dan hidrogen. Molekul-molekul ini adalah yang akan terbakar dalam proses pembakaran dalam mesin.
  2. Cetane Number: Cetane number adalah ukuran seberapa baik bahan bakar diesel dapat terbakar dengan cepat dalam mesin diesel. Semakin tinggi cetane number, semakin baik kemampuan bahan bakar untuk terbakar dengan cepat.
  3. Sulfur: Sulfur adalah kontaminan yang dapat ditemukan dalam bahan bakar diesel. Tingkat sulfur yang tinggi dapat menyebabkan polusi udara dan berdampak buruk pada lingkungan. Oleh karena itu, ada upaya untuk mengurangi kandungan sulfur dalam bahan bakar diesel.

Keunggulan Mesin Diesel

Setelah tahu bahan bakar mesin diesel adalah apa saja, di mesin diesel memiliki beberapa keunggulan yang membuatnya menonjol:

  • Efisiensi: Mesin diesel lebih efisien daripada mesin bensin karena kompresi udara yang tinggi.
  • Torsi Tinggi: Mesin diesel menghasilkan torsi yang tinggi, membuatnya cocok untuk kendaraan berat.
  • Daya Tahan: Mesin diesel biasanya lebih tahan lama daripada mesin bensin.

Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin

Terdapat beberapa perbedaan antara mobil diesel dan bensin, antara lain:

  • Cara Kerja: Mesin diesel bekerja dengan prinsip kompresi panas, sementara mesin bensin bekerja dengan prinsip pembakaran bercampur.
  • Efisiensi: Mesin diesel lebih efisien daripada mesin bensin karena dapat menghasilkan lebih banyak tenaga dengan jumlah bahan bakar yang sama.
  • Torsi: Mobil diesel cenderung memiliki torsi yang lebih tinggi daripada mobil bensin, sehingga lebih cocok untuk digunakan dalam kondisi beban berat, seperti menarik trailer atau kendaraan komersial.
  • Harga: Mobil diesel umumnya lebih mahal daripada mobil bensin, baik dalam hal pembelian maupun perawatan.
  • Tenaga mesin: Mesin diesel umumnya memiliki tenaga yang lebih besar dibandingkan mesin bensin. Hal ini karena mesin diesel memiliki kompresi yang lebih tinggi.
  • Emisi gas buang: Mesin diesel umumnya menghasilkan emisi gas buang yang lebih tinggi dibandingkan mesin bensin. Hal ini karena mesin diesel memiliki proses pembakaran yang lebih panas.
  • Perawatan mesin: Mesin diesel umumnya membutuhkan perawatan yang lebih rutin dibandingkan mesin bensin. Hal ini karena mesin diesel memiliki komponen yang lebih kompleks.
Baca Juga:  Cek Pajak Kendaraan Online Bali Anti Ribet, Begini Caranya!

Jenis Mobil yang Menggunakan Mesin Diesel

Beberapa jenis mobil yang menggunakan mesin diesel antara lain:

  1. Toyota Fortuner
  2. Honda All New CR-V Diesel
  3. Suzuki Ertiga Diesel Hybrid
  4. Toyota Kijang Innova
  5. Mitsubishi Pajero Sport RF
  6. Hyundai All New Santa Fe
  7. Kia Grand Sedona
  8. Isuzu MU-X
  9. Chevrolet Spin Diesel
  10. Toyota Hilux
  11. Renault Duster
  12. Isuzu Panther Grand Touring
  13. SUV

Ketika Anda berlibur ke Bali dan berencana untuk mengendarai mobil selama kunjungan Anda, Anda akan menemukan banyak penyedia layanan penyewaan mobil, salah satunya adalah Get&Ride Rental Car Bali. Mereka menawarkan berbagai jenis mobil premium dengan harga yang terjangkau.

Share this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *