Get and Ride Logo
Previous
Next

Apa Perpanjang SIM Bisa Dimana Saja?

apa perpanjang SIM bisa dimana saja

Daftar Isi

Apa Perpanjang SIM Bisa Dimana Saja?Tips. SIM atau Surat Izin Mengemudi adalah dokumen penting bagi setiap pengemudi di Indonesia. SIM memiliki masa berlaku tertentu dan harus diperpanjang jika masa berlakunya sudah habis.

Namun, apa perpanjang SIM bisa dimana saja? Artikel ini akan membahas jawaban dari pertanyaan tersebut. SIM memiliki masa berlaku selama lima tahun dan harus diperpanjang sebelum masa berlakunya habis.

Perpanjang SIM dapat dilakukan di kantor Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (Satpas) atau Gerai SIM Keliling terdekat. Namun, banyak masyarakat yang bertanya-tanya apakah perpanjang SIM bisa dimana saja, seperti melalui online atau di luar daerah tempat pembuatan SIM.

Apa Perpanjang SIM Bisa Dimana Saja?

Perpanjang SIM bisa dilakukan di kantor Satuan Lalu Lintas (Satlantas) di wilayah tempat tinggal pemilik SIM. Pemilik SIM juga bisa memperpanjang SIM di kantor Satlantas di wilayah lain dengan membawa dokumen yang diperlukan seperti KTP, SIM lama, dan surat keterangan sehat.

Namun, perpanjang SIM di kantor Satlantas di wilayah lain bisa memakan waktu lebih lama karena harus menunggu proses verifikasi dokumen.Kebijakan ini sudah berlaku sejak lama, namun belum banyak masyarakat yang mengetahuinya.

Hal ini karena masyarakat masih beranggapan bahwa perpanjang SIM harus dilakukan di tempat pembuatan SIM. Padahal, perpanjang SIM di luar daerah bisa dilakukan dengan memenuhi persyaratan berikut ini:

  • Memiliki KTP elektronik (e-KTP)
  • Memiliki SIM yang masih berlaku
  • Membawa surat keterangan sehat dari dokter
  • Membayar biaya perpanjangan SIM

Proses perpanjang SIM di luar daerah sama dengan proses perpanjang SIM di tempat pembuatan SIM. Petugas akan melakukan pendataan ulang, seperti foto ulang, pemeriksaan kesehatan, dan tes psikologi.

Baca Juga:  Biaya Servis Mobil di Bengkel Umum, Lebih Murah dari Dealer?

Dimana Saja Kita Bisa Perpanjang SIM?

Setelah mengetahui apa perpanjang SIM bisa dimana saja, berikut adalah beberapa tempat di mana kita bisa perpanjang SIM:

  • Kantor Satuan Lalu Lintas (Satlantas) di wilayah tempat tinggal pemilik SIM. Satpas SIM biasanya berada di kantor kepolisian daerah atau kantor polisi kota/kabupaten.
  • Kantor Satlantas di wilayah lain dengan membawa dokumen yang diperlukan seperti KTP, SIM lama, dan surat keterangan sehat.
  • Layanan SIM keliling. Gerai SIM Keliling biasanya beroperasi di tempat-tempat umum, seperti mall, pasar, atau tempat wisata.

Langkah – Langkah Perpanjang SIM di Daerah Lain

Berikut ini adalah langkah-langkah perpanjang SIM di daerah lain:

  1. Datang ke Satpas atau Gerai SIM Keliling terdekat.
  2. Ikuti arahan petugas untuk mengisi formulir permohonan perpanjangan SIM.
  3. Tunjukkan KTP elektronik, SIM yang masih berlaku, dan surat keterangan sehat dari dokter.
  4. Bayar biaya perpanjangan SIM.
  5. Ikuti proses pendataan ulang, seperti foto ulang, pemeriksaan kesehatan, dan tes psikologi.
  6. Tunggu proses pencetakan SIM selesai.
  7. Ambil SIM yang baru.

Perpanjang SIM di luar daerah bisa menjadi solusi bagi masyarakat yang sedang berada di luar daerah saat masa berlaku SIM-nya habis. Dengan adanya kebijakan ini, masyarakat tidak perlu pulang ke daerah asal untuk memperpanjang SIM.

Tips Perpanjang SIM di Daerah Lain

Berikut ini adalah beberapa tips perpanjang SIM di daerah lain:

  • Datanglah lebih awal agar tidak mengantre terlalu lama.
  • Bawalah semua dokumen persyaratan yang diperlukan.
  • Pastikan KTP elektronik Anda sudah terdaftar di sistem e-KTP.
  • Persiapkan uang tunai untuk membayar biaya perpanjangan SIM.

Jadi untuk pertanyaan apa perpanjang SIM bisa dimana saja, maka jawabannya adalah iya. Perpanjang SIM bisa dilakukan di kantor Satlantas di wilayah tempat tinggal pemilik SIM atau di kantor Satlantas di wilayah lain dengan membawa dokumen yang diperlukan.

Baca Juga:  7 Tips Liburan ala Backpacker: Nikmati Liburan Hemat dan Seru

Pemilik SIM harus membawa KTP, SIM lama, surat keterangan sehat, dan membayar biaya perpanjangan SIM. Saat ini, perpanjang SIM belum bisa dilakukan secara online dan hanya bisa dilakukan di Indonesia. Selain itu juga bisa mengetahui lebih detail tentang perpanjang SIM yang sudah mati.

Saat berlibur ke Bali, tidak perlu bingung tentang apa perpanjang SIM bisa dimana saja. Anda bisa sewa mobil dengan supir di Get&Ride Car Rental Bali. Dengan sewa mobil dengan supir, Anda bisa menikmati perjalanan yang tenang dan nyaman selama liburan.

FAQ

Share this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *