Get and Ride Logo
Previous
Next

Mengenal Pura Tanah Lot Bali Lebih Dalam

pura tanah lot

Daftar Isi

Mengenal Pura Tanah Lot Bali Lebih DalamTravel. Siapa yang tidak kenal objek wisata Pura Tanah Lot di Bali? Pura Tanah Lot adalah sebuah pura Hindu yang terletak di desa Beraban, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan, Bali, Indonesia. Pura ini dikenal sebagai salah satu pura paling terkenal di Bali dan menjadi salah satu tujuan wisata yang wajib dikunjungi.

Pura Tanah Lot di bangun di atas sebuah pulau kecil yang terletak di tepi pantai. Pura ini dapat diakses dengan menyebrangi jembatan batu saat air surut. Pura ini menawarkan pemandangan yang indah dari laut dan pantai yang berbatu. Sunset di tanah lot juga menjadi hal yang paling populer di kalangan wisatawan.

Sejarah Pura Tanah Lot

sejarah tanah lot
source: Pixabay

Pura Luhur Tanah Lot diberi nama “Tanah Lot” karena lokasinya yang berada di atas sebuah pulau kecil yang terletak di tepi pantai. “Tanah Lot” dalam bahasa Indonesia berarti “tanah pulau”. Nama ini mencerminkan lokasi pura yang terletak di atas sebuah pulau yang terpisah dari daratan utama.

Nama “Tanah Lot” juga mengacu pada proses pembangunan pura itu sendiri, katanya pendeta Hindu yang membangun pura, Dang Hyang Nirartha menetap di pulau ini setelah melewati berbagai pulau dan tanah di sepanjang pantai, dan menetap di pulau ini sebagai tempat yang cocok untuk pendirian pura.

Menurut legenda, Pura Tanah Lot dibangun pada abad ke-16 oleh seorang pendeta Hindu bernama Dang Hyang Nirartha. Menurut legenda, Dang Hyang Nirartha berlabuh di pulau Bali dan menyebarkan ajaran Hinduisme. Saat itu, ia dikenal sebagai seorang yang memiliki kekuatan gaib dan sangat dihormati oleh masyarakat setempat.

Pura Tanah Lot memiliki dua kuil utama yaitu kuil Pelinggih Meru yang diperuntukkan bagi Dewa Bhatara Segara dan kuil Pelinggih Ratu yang diperuntukkan bagi Dewi Danu. Di dalam kuil terdapat patung Dewa Baruna yang merupakan dewa laut dan Dewi Danu yang merupakan dewi air. Pura ini juga memiliki beberapa kuil kecil yang diperuntukkan bagi para dewa lainnya.

Keunikan Pura Tanah Lot

keunikan pura tanah lot
Source: Pixabay

Selain menawarkan pemandangan yang indah, Pura Tanah Lot juga menyelenggarakan berbagai acara keagamaan seperti upacara Melasti, Nyepi dan Galungan. Acara-acara ini diikuti oleh ribuan orang yang datang dari berbagai penjuru Bali untuk berdoa dan beribadah.

Baca Juga:  Pakaian Adat Bali Pria ke Pura: Jenis, Makna, dan Upacara Adat

Secara keseluruhan, Pura Tanah Lot merupakan tempat yang menawarkan pemandangan yang indah serta merupakan warisan budaya yang penting bagi masyarakat Bali. Pura Tanah Lot memiliki beberapa keunikan yang menarik perhatian wisatawan, diantaranya:

Lokasi yang unik

Pura Tanah Lot terletak di atas sebuah pulau kecil yang terpisah dari daratan utama. Pura ini dapat diakses dengan menyebrangi jembatan batu saat air surut. Pemandangan laut dan pantai yang berbatu yang ditawarkan oleh lokasi ini menjadi daya tarik utama bagi wisatawan.

Keindahan arsitektur

Pura Tanah Lot memiliki arsitektur yang unik dan indah. Kuil utama yang terdapat di pulau ini dibangun dengan gaya arsitektur tradisional Bali yang khas. Patung-patung dan relief yang terdapat di dalam kuil juga menambah keindahan arsitektur pura.

Keunikan religius

Pura Tanah Lot merupakan salah satu pura Hindu tertua di Bali. Keunikan religius ini menjadi daya tarik bagi wisatawan yang ingin mengenal lebih jauh tentang budaya dan kepercayaan agama Hindu di Bali.

Keindahan sunset

Pura Tanah Lot menjadi tempat yang populer untuk melihat sunset. Wisatawan dapat menikmati pemandangan indah matahari terbenam di laut dari lokasi pura ini.

Acara keagamaan

Pura Tanah Lot juga menyelenggarakan berbagai acara keagamaan seperti upacara Melasti, Nyepi dan Galungan. Acara-acara ini diikuti oleh ribuan orang yang datang dari berbagai penjuru Bali untuk berdoa dan beribadah.

Pemandangan indah

Tempat yang menyediakan pemandangan yang indah serta merupakan warisan budaya yang penting bagi masyarakat Bali. Dikunjungi baik untuk kepentingan keagamaan maupun pariwisata, Pura Tanah Lot pasti menjadi pengalaman yang tak terlupakan bagi wisatawan yang mengunjunginya.

Jumlah Pura Tanah Lot

pura tanah lot
Source: Pixabay

Pura Tanah Lot memiliki beberapa kuil atau pura yang dibangun di sekitarnya. Namun kuil utama yang terletak di pulau Tanah Lot itu sendiri hanya ada dua yaitu kuil Pelinggih Meru dan kuil Pelinggih Ratu.

Kuil Pelinggih Meru adalah kuil utama yang diperuntukkan bagi Dewa Bhatara Segara. Kuil ini dibangun di atas sebuah batu karang dan di dalamnya terdapat patung Dewa Baruna yang merupakan dewa laut. Kuil Pelinggih Meru ini dianggap sebagai kuil yang paling penting di Pura Tanah Lot.

Baca Juga:  Tips Jitu Cara Mencari Coffee Shop Terdekat dari Lokasi Saya di Bali

Kuil Pelinggih Ratu adalah kuil yang diperuntukkan bagi Dewi Danu. Kuil ini terletak di sebelah kiri kuil Pelinggih Meru dan di dalamnya terdapat patung Dewi Danu yang merupakan dewi air.

Selain kedua kuil utama diatas, Pura Tanah Lot juga memiliki beberapa kuil kecil yang diperuntukkan bagi para dewa lainnya. Namun jumlah kuil kecil yang ada di Pura Tanah Lot bisa saja berubah-ubah sesuai dengan keperluan dan tradisi yang berlaku di masyarakat setempat

PAA Tana Lot

PAA (Penjagaan, Pengayoman, dan Pengawetan) Pura Tanah Lot adalah sebuah organisasi yang bertanggung jawab atas keamanan dan pemeliharaan Pura Tanah Lot di Bali, Indonesia. Organisasi ini didirikan untuk menjaga keselamatan dan kesejahteraan para pengunjung, serta memastikan bahwa pura tersebut tetap terjaga dan terawat dengan baik.

PAA Pura Tanah Lot memiliki tugas untuk melakukan pengawasan terhadap para pengunjung dan juga melindungi keamanan lingkungan sekitar. Mereka juga bertugas untuk menjaga kebersihan dan menjaga tata tertib di area sekitar pura.

Selain itu, PAA Pura Tanah Lot juga melakukan kegiatan sosial, seperti memberikan bantuan kepada masyarakat sekitar, memperbaiki jalan, dan membersihkan lingkungan sekitar. Hal ini dilakukan sebagai bentuk dukungan dan pengabdian mereka kepada masyarakat sekitar dan sebagai wujud rasa syukur atas keberadaan Pura Tanah Lot yang telah menjadi salah satu ikon wisata terkenal di Bali.

Tiket Masuk dan Jam buka

Tiket masuk dapat dibeli di loket yang terletak di pintu masuk. Harga tiket masuk saat ini (2021) adalah sekitar IDR 60.000 per orang untuk wisatawan domestik dan IDR 100.000 per orang untuk wisatawan mancanegara. Beberapa paket tiket masuk yang mencakup akses ke beberapa pura di sekitar Tanah Lot juga tersedia.

Jam buka adalah sekitar 7 pagi sampai 7 malam setiap hari. Namun, jam buka dapat berubah sesuai dengan acara-acara khusus atau kegiatan yang diadakan di pura. Sebaiknya cek dengan pihak yang berwenang atau dengan agen tur Anda sebelum bepergian untuk mengetahui jam buka saat ini.

Baca Juga:  Alas Harum Bali Ulasan: Harga Tiket, Jam Buka, dan Jenis Wahana

Waktu terbaik untuk mengunjungi Tanah Lot adalah selama musim kemarau (April-Oktober) karena air laut cenderung surut pada saat itu, sehingga memungkinkan untuk berjalan ke pulau tempat candi. Namun, jika Anda ingin melihat sunset yang indah, Anda dapat datang pada sore hari selama musim panas (November-Maret) . Dan jangan lupa untuk mengecek kondisi cuaca sebelum bepergian.

Transportasi ke Pura Tanah Lot

Ada beberapa pilihan transportasi yang dapat digunakan untuk menuju ke Pura Tanah Lot, diantaranya:

1. Mobil pribadi

Anda dapat menyewa mobil atau mengendarai mobil sendiri untuk menuju ke Pura Tanah Lot. Ini adalah pilihan yang fleksibel dan nyaman, tetapi pastikan Anda memperhatikan rambu-rambu lalu lintas di Bali dan memberi perhatian yang cukup pada jalur yang akan Anda lalui.

2. Bus

Bus umum yang beroperasi di Bali juga dapat digunakan untuk menuju ke Pura Tanah Lot. Namun, pastikan Anda mengetahui jadwal bus dan rute yang tepat untuk sampai ke Pura Tanah Lot.

3. Taksi

Taksi atau Grab dapat digunakan untuk menuju ke Pura Tanah Lot. Ini adalah pilihan yang cukup nyaman dan mudah, tetapi pastikan Anda memperhatikan tarif yang berlaku dan meminta driver untuk mengaktifkan fitur meter atau negosiasikan harga sebelum berangkat.

4. Sepeda Motor

Anda juga dapat menyewa sepeda motor untuk menuju ke Pura Tanah Lot. Ini adalah pilihan yang cukup fleksibel dan murah, tetapi pastikan Anda memiliki SIM A dan memperhatikan rambu-rambu lalu lintas di Bali.

5. Paket tur

Anda juga dapat mengikuti paket tur yang menyediakan transportasi dari tempat Anda menginap. Ini adalah pilihan yang cukup nyaman dan mudah, tetapi pastikan Anda memperhatikan detail paket tur dan jadwal yang tersedia.


sewa mobil get & ride

Dengan sewa mobil di Get and Ride, kamu bisa memlih berbagai macam transportasi yang bisa digunakan selama di Bali. Dijamin arga kompetitif dan proses booking cepat juga mudah. Bisa pilih berbagai jenis kendaraan yang diinginkan, khususnya mobil. Segera booking di website Get and Ride atau download aplikasi di Playstore maupun App Store sebelum ketinggalan.

Share this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *