Get and Ride Logo
Previous
Next

Upacara Adat Bali Ngaben: Ritual Suci Menghormati Roh-Roh yang Meninggal

Upacara Adat Bali Ngaben

Daftar Isi

Upacara Adat Bali Ngaben: Ritual Suci Menghormati Roh-Roh yang MeninggalTravel. Upacara adat Bali Ngaben adalah salah satu upacara adat yang paling penting dan sering dilakukan oleh masyarakat Hindu di Bali. Ngaben merupakan upacara pembakaran jenazah yang dilakukan untuk melepas roh almarhum ke alam selanjutnya. Upacara ini memiliki makna dan prosedur yang sangat khas, serta memiliki keunikan tersendiri yang membuatnya menjadi salah satu upacara adat yang paling terkenal di Bali. Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih dalam tentang upacara adat Bali Ngaben, mulai dari makna, prosedur, hingga keunikan yang dimilikinya.

Makna

gambar upacara adat bali ngaben

Upacara adat Bali Ngaben memiliki makna yang sangat penting bagi masyarakat Hindu di Bali. Menurut kepercayaan Hindu, setelah seseorang meninggal dunia, rohnya akan kembali ke alam semesta dan menunggu untuk dilahirkan kembali. Namun, sebelum roh tersebut bisa kembali dilahirkan, roh tersebut harus melewati beberapa tahapan, salah satunya adalah melalui upacara Ngaben.

Upacara Ngaben dilakukan untuk melepas roh almarhum ke alam selanjutnya. Dalam kepercayaan Hindu, terdapat persaingan antara penduduk jahat dari alam bawah untuk menangkap roh almarhum. Oleh karena itu, upacara Ngaben dilakukan untuk memperkuat peluang roh almarhum untuk mencapai alam atas. Upacara ini juga dianggap sebagai bentuk penghormatan terakhir bagi almarhum.

Bagaimana Upacara Adat Bali Ngaben dilaksanakan?

[elaksanaan upacara adat bali ngaben

Upacara Adat Bali Ngaben merupakan acara yang rumit dan dirancang dengan cermat, melibatkan persiapan dan ritual tertentu. Mari kita bahas langkah-langkah utamanya:

Persiapan

Sebelum upacara dimulai, keluarga mengumpulkan sumber daya yang diperlukan, termasuk menyiapkan sebuah menara pemakaman yang indah yang disebut “bade” atau “wadah” dan sebuah peti mati berbentuk sapi yang dihiasi dengan indah yang disebut “lembu” atau “bade lembu”.

Baca Juga:  Restoran Pinggir Pantai Bali: La Plancha Foto, Lokasi, Menu, dan Harga

Ritual Penyucian

Setelah roh almarhum kembali ke rumah, jenazah akan disucikan dengan cara memandikannya dan dikenakan pakaian adat Bali.

Prosesi Upacara

Tubuh orang yang meninggal diarak dalam sebuah prosesi ke tempat pemakaman. Prosesi ini diiringi dengan musik dan tarian tradisional Bali, menciptakan suasana sakral yang khas.

Ritual Kremasi

Setibanya di tempat pemakaman, tubuh orang yang meninggal akan dimasukkan ke dalam bade lembu, kemudian diangkat dan diletakkan di atas punden berbentuk piringan batu yang disebut “leligan”. Kemudian, prosesi pembakaran dimulai.

Pemberian Abuan

Setelah pembakaran selesai, sisa-sisa abu yang tersisa dari bade lembu dan jenazah dikumpulkan dengan hati-hati dan dibersihkan. Abu tersebut kemudian diberikan sebagai “abuan” kepada sungai atau laut sebagai simbol persembahan kepada alam.

Keunikan Upacara Adat Bali Ngaben

Upacara adat Bali Ngaben memiliki beberapa keunikan yang membuatnya menjadi salah satu upacara adat yang paling terkenal di Bali. Berikut adalah beberapa keunikan upacara Ngaben:

  1. Prosesi menuju tempat pembakaran
    Prosesi menuju tempat pembakaran dalam upacara Ngaben biasanya diiringi dengan musik dan tarian khas Bali. Hal ini membuat suasana upacara menjadi semakin meriah dan penuh semangat.
  2. Pembakaran jenazah
    Proses pembakaran jenazah dalam upacara Ngaben dilakukan dengan cara yang khusus. Jenazah akan dibakar dengan menggunakan kayu-kayu tertentu dan diiringi dengan doa-doa dan mantra-mantra khusus.
  3. Penyerahan abu jenazah
    Setelah jenazah habis terbakar, abu jenazah akan dikumpulkan dan diserahkan kepada keluarga almarhum. Keluarga almarhum akan menyimpan abu tersebut di tempat yang khusus.

Upacara Adat Bali Ngaben merupakan ritual sakral yang melambangkan keyakinan masyarakat Bali terhadap siklus kehidupan dan kematian. Melalui upacara ini, jiwa orang yang meninggal dihormati dan diantarkan ke alam spiritual. Dengan persiapan yang teliti dan prosesi yang kaya akan simbolisme, upacara ini menjaga keutuhan dan keberlanjutan kebudayaan Bali. Semoga artikel ini telah memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang Upacara Adat Bali Ngaben. Ketahui juga 10 nama upacara adat bali lainnya.

Baca Juga:  White Rock Beach Club Foto, Menu, Harga, dan Lokasi

Bagi wisatawan yang tertarik untuk menyaksikan upacara ini, Get&Ride menawarkan layanan sewa mobil yang nyaman dan andal. Dengan Get&Ride, Anda dapat menjelajahi berbagai tempat di Bali sambil mengikuti Upacara Adat Bali Ngaben dengan pengalaman yang tak terlupakan. Dalam artikel ini, kami akan membahas betapa menariknya menjelajahi upacara ini dengan menggunakan layanan sewa mobil dari Get&Ride.

FAQ

Share this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *