Get and Ride Logo
Previous
Next

Destinasi Wisata: Pura Goa Lawah Terletak di Kabupaten Klungkung, Bali

Pura Goa Lawah terletak di Kabupaten

Daftar Isi

Destinasi Wisata Religi: Pura Goa Lawah Terletak di Kabupaten Klungkung, BaliTravel. Bali merupakan salah satu destinasi wisata paling populer di dunia. Pulau ini terkenal dengan keindahan alamnya yang memukau, budayanya yang kaya, dan keramahan penduduknya.

Salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi di Bali adalah Pura Goa Lawah terletak di kabupaten Klungkung, Bali. Pura Goa Lawah adalah sebuah pura Hindu yang terletak di Desa Pesinggahan, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung, Bali. Pura ini berjarak sekitar 40 km dari ibu kota Bali, Denpasar.

Sejarah Pura Goa Lawah Terletak di Kabupaten Klungkung

goa lawah temple
Source: baligoldentour.com

Pura Goa Lawah diperkirakan dibangun pada abad ke-11 oleh Mpu Kuturan, salah satu tokoh penting dalam penyebaran agama Hindu di Bali. Konon, Mpu Kuturan datang ke Bali atas perintah Raja Udayana Warmadewa, raja pertama Kerajaan Bali. Mpu Kuturan kemudian membangun sejumlah pura di Bali, termasuk Pura Goa Lawah.

Pura Goa Lawah memiliki sejarah yang panjang dan berliku. Pura ini pernah menjadi saksi bisu Perang Kusamba, sebuah perang antara Tentara Kerajaan Hindia Belanda yang dipimpin oleh Mayor Jenderal Andreas Victor Michiels melawan rakyat Klungkung yang dipimpin oleh Dewa Agung Istri Kanya.

Posisi pura Goa Lawah

Berikut adalah penjelasan mengenai posisi dan peran Pura Goa Lawah sebagai pura penyangga arah tenggara (gneya) dari daratan Bali:

  • Posisi

Pura Goa Lawah terletak di Kabupaten Klungkung, Desa Pesinggahan, Kecamatan Dawan, Bali. Pura ini berada di tepi pantai dan menghadap ke arah Gunung Agung, gunung tertinggi di Bali.

  • Peran

Sebagai pura penyangga arah tenggara (gneya), Pura Goa Lawah berperan dalam menjaga keseimbangan alam dan spiritual di wilayah tenggara Bali. Pura ini diyakini sebagai tempat bersemayamnya Dewi Durga, yang merupakan dewi pelindung alam dan spiritual.

Baca Juga:  Koral Restaurant Bali Menu dan Pengalaman Makan di Bawah Laut

Jam buka dan biaya masuk Pura Goa Lawah

Pura Goa Lawah buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WITA. Biaya masuk untuk wisatawan domestik adalah Rp15.000, sedangkan untuk wisatawan mancanegara adalah Rp30.000. Pura Goa Lawah terletak di Kabupaten Klungkung, Bali. Pura ini berjarak sekitar 50 kilometer dari kawasan Bali Selatan.

Kenapa dinamakan Pura Goa Lawah?

pura goa lawah kelelawar
Source: indonesiakaya.com

Pura Goa Lawah terletak di Kabupaten Klungkung dinamakan demikian karena ada sebuah gua di dalamnya yang dihuni oleh ribuan kelelawar. Kata “goa” dalam bahasa Bali berarti “gua”, sedangkan “lawah” berarti “kelelawar”. Jadi, nama “Goa Lawah” berarti “gua kelelawar”.

Pura Goa Lawah dikenal masyarakat karena adanya sebuah gua pada bagian utama pura ini, yang didalamnya terdapat sekumpulan kelelawar. Pura Goa Lawah merupakan salah satu dari enam pura paling suci di Bali, yang dikenal sebagai Sad Kahyangan Jagat. Pura ini memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan alam dan spiritual Bali.

Siapakah dewa yang dipuja di Pura Goa Lawah?

Menurut Lontar Padma Bhuwana, Pura Goa Lawah merupakan sthana (tempat bersemayam) dari dua dewa, yaitu Dewa Maheswara dan Sanghyang Basukih. Dewa Maheswara merupakan dewa pencipta dan penguasa alam semesta, sedangkan Sanghyang Basukih adalah dewa penjaga Gunung Agung, gunung tertinggi di Bali.

Pura Goa Lawah termasuk pura apa?

Pura Goa Lawah adalah pura penyangga arah tenggara (gneya) dari daratan Bali. Pura ini termasuk dalam kategori pura kahyangan jagat, yaitu pura yang memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan alam dan spiritual Bali.

Pura Goa Lawah merupakan bukti dari kekayaan spiritual Bali dan warisannya yang mendalam. Menjelajahi permata tersembunyi ini tidak hanya akan membuat Anda terpesona oleh keindahannya, tetapi juga memberikan wawasan mendalam tentang tradisi unik pulau ini.

Baca Juga:  Keindahan Bawah Laut Bali: Ketahui Lokasi, Rute, dan Harga Tiket Masuk Pantai Lovina

Jadi, ketika Anda merencanakan perjalanan Anda ke Bali, pastikan Pura Goa Lawah ada dalam daftar kunjungan Anda. Temukan pengalaman tak terlupakan mengunjungi Pura Goa Lawah di Bali dengan Get&Ride Rental Car. Nikmati kenyamanan dan fleksibilitas perjalanan Anda sambil menjelajahi situs suci yang memukau.

FAQ

Share this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *