Get and Ride Logo
Previous
Next

20 Oleh-Oleh Khas Bandung yang Enak: Wajib Bawa Pulang Buat Keluarga!

oleh-oleh khas bandung

Daftar Isi

20 Oleh-Oleh Khas Bandung yang Enak: Wajib Bawa Pulang Buat Keluarga!Travel. Bandung, kota yang terkenal dengan julukan “Kota Kembang” ini, tidak hanya memanjakan mata dengan keindahan alamnya, tetapi juga lidah dengan berbagai kuliner lezatnya. Bagi para pecinta kuliner, Bandung adalah surganya wisata kuliner.

Bagi kamu yang baru saja berlibur ke Bandung, jangan lupa untuk membawa oleh-oleh khas Bandung untuk keluarga dan teman-teman di rumah. Ada banyak sekali pilihan oleh-oleh khas Bandung yang bisa kamu bawa, mulai dari makanan, camilan, hingga kerajinan tangan.

Baca Juga: Oleh-Oleh Bandung yang Viral: Rekomendasi Terbaru dan Terhits 2024

Namun, dengan banyaknya pilihan yang ada, terkadang kamu bingung memilih oleh-oleh mana yang paling enak dan wajib dibawa pulang. Nah, disini kamu bisa tahu apa saja sih rekomendasi oleh-oleh khas Bandung yang enak yang bisa kamu bawa untuk keluarga di rumah.

20 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Bandung

Berikut ini adalah 20 rekomendasi oleh-oleh khas Bandung yang enak dan wajib kamu coba:

kartikasari bandung

1. Batagor Kingsley

Batagor Kingsley adalah salah satu batagor paling terkenal di Bandung. Rasanya yang gurih dan saus kacangnya yang lezat membuat batagor ini selalu diburu wisatawan.

2. Pisang Bollen Kartika Sari

Pisang Bollen dari Kartika Sari adalah oleh-oleh yang tidak boleh dilewatkan. Kue ini terdiri dari lapisan puff pastry yang renyah dengan isi pisang dan keju yang lezat. Kartika Sari adalah toko kue legendaris yang terkenal dengan kualitas produknya.

3. Tahu Susu Lembang

Tahu susu Lembang terkenal karena teksturnya yang sangat lembut dan rasanya yang gurih. Dibuat dari campuran kedelai dan susu, tahu ini sering dijadikan oleh-oleh dari kawasan Lembang.

4. Bolu Bakar Tunggal

Bolu Bakar Tunggal adalah salah satu toko roti ternama di Bandung yang terkenal dengan bolu bakarnya yang lezat. Bolu bakar ini terbuat dari tepung terigu, telur, gula, dan santan yang dipanggang dengan cara dibakar di atas tungku arang.

Baca Juga:  6 Tempat Staycation Bandung Murah Buat Liburan Hemat dan Seru!

Bolu Bakar Tunggal memiliki berbagai macam rasa, seperti cokelat, keju, pisang, dan nangka. Bolu bakar ini juga tersedia dalam berbagai macam ukuran, mulai dari mini hingga jumbo.

5. Cireng

Cireng adalah singkatan dari aci digoreng, yaitu jajanan yang terbuat dari aci atau tepung kanji yang digoreng. Cireng biasanya disajikan dengan bumbu rujak pedas atau bumbu kacang.

6. Peuyeum Bandung

Peuyeum adalah tape khas Bandung yang terbuat dari singkong yang difermentasi. Rasanya manis dan sedikit asam dengan tekstur yang lembut. Peuyeum sering dijadikan oleh-oleh karena tahan lama dan mudah dibawa.

7. Picnic Roll Prima Rasa

Picnic Roll adalah roti yang diisi dengan daging cincang, sosis, dan telur, kemudian dipanggang hingga matang. Prima Rasa adalah salah satu toko yang terkenal dengan picnic roll-nya yang lezat.

8. Kue Cubit Bu Wulan

Kue cubit, jajanan mungil berbentuk bundar dengan cekungan di tengahnya, telah menjadi salah satu ikon kuliner khas Bandung yang disukai banyak orang. Kue Cubit Bu Wulan berdiri sejak tahun 1990 dan telah memanjakan lidah para pecinta kue cubit di Bandung selama lebih dari 3 dekade.

Keunikan Kue Cubit Bu Wulan terletak pada teksturnya yang lembut dan empuk, serta rasa manisnya yang pas. Varian rasa klasik seperti cokelat dan keju menjadi favorit banyak orang, namun Bu Wulan juga terus berinovasi dengan menghadirkan rasa-rasa baru yang tak kalah menggoda, seperti green tea, red velvet, dan durian.

9. Bandros

Bandros adalah kue tradisional yang terbuat dari tepung beras dan santan. Bandros biasanya dimasak menggunakan cetakan berbentuk bundar. Bandros memiliki rasa yang gurih dan sedikit manis. Anda dapat menemukan bandros di berbagai tempat di Bandung, termasuk di kawasan Cibadak dan Jalan Braga.

Baca Juga:  6 Rekomendasi Tempat Mancing di Bandung

10. Keripik Maicih

Bagi para pecinta camilan pedas, Keripik Maicih adalah nama yang sudah tidak asing lagi. Keripik Maicih juga terus berinovasi dengan menghadirkan produk-produk baru, seperti mie goreng, makaroni goreng, dan basreng.

11. Bandung Makuta

Bandung Makuta adalah sejenis kue bolu lapis legit yang bagian luarnya terbuat dari puff pastry yang tipis dan renyah, sedangkan bagian dalamnya topping dengan rasa yang beragam.

12. Gehu Pedas

Gehu Pedas, juga dikenal sebagai aci pedas, adalah camilan khas Bandung yang terbuat dari tepung kanji (aci) yang digoreng dan diberi bumbu pedas. Camilan ini memiliki tekstur yang kenyal dan rasa pedas yang gurih, menjadikannya camilan favorit bagi banyak orang, terutama pecinta pedas.

13. Roti Gempol

Roti Gempol merupakan legenda roti bakar khas Bandung yang sudah melegenda sejak tahun 1958. Keunikan Roti Gempol terletak pada penggunaan roti yang dibuat sendiri (homemade). Berbeda dengan kebanyakan penjual roti bakar, Roti Gempol tidak menggunakan roti yang diproduksi massal, melainkan membuat rotinya sendiri dengan resep turun-temurun.

14. Wajit Cililin

Wajit Cililin adalah makanan khas Sunda yang terbuat dari beras ketan, gula merah, dan santan. Wajit ini memiliki tekstur yang kenyal dan rasa yang manis legit. Wajit Cililin biasanya disajikan sebagai camilan atau hidangan penutup.

15. Cireng

Cireng adalah singkatan dari aci digoreng, yaitu jajanan yang terbuat dari aci atau tepung kanji yang digoreng. Cireng biasanya disajikan dengan bumbu rujak pedas atau bumbu kacang.

16. Seblak

Seblak adalah jajanan pedas khas Bandung yang terbuat dari kerupuk basah yang digoreng dengan berbagai topping, seperti bakso, ceker ayam, dan makaroni.

17. Gepuk Nyonya Ong

Gepuk Ny. Ong adalah salah satu ikon kuliner Bandung yang terkenal dengan kelezatan gepuk sapinya yang legendaris. Gepuk adalah hidangan daging sapi yang dipukul tipis dan dibumbui. Gepuk Ny. Ong tersedia dalam berbagai kemasan, mulai dari kemasan kecil untuk camilan hingga kemasan besar untuk oleh-oleh. Anda dapat menemukan Gepuk Ny. Ong di toko-toko oleh-oleh di Bandung, supermarket, minimarket, dan toko online.

Baca Juga:  Spot Keren Buat Ngabuburit Asik di Bali dan Arti Ngabuburit dalam Bahasa Indonesia

18. Kue Balok

Kue balok merupakan salah satu oleh-oleh khas Bandung yang paling populer. Kue Balok adalah kue tradisional Bandung yang berbentuk balok kecil. Kue ini memiliki tekstur yang lembut di dalam dan garing di luar, sering kali disajikan hangat. Kue balok biasanya disajikan dengan berbagai topping menarik.

19. Surabi

Surabi adalah kue tradisional yang terbuat dari tepung beras dan santan. Surabi biasanya dimasak menggunakan tungku kayu bakar. Surabi memiliki rasa yang gurih dan sedikit manis. Anda dapat menemukan surabi di berbagai tempat di Bandung, termasuk di kawasan Cibadak dan Jalan Braga.

20. Bakpia Bandung

Ada dua jenis bakpia Bandung yang populer, yaitu bakpia kacang hijau dan bakpia mungil. Bakpia kacang hijau memiliki isian kacang hijau yang manis dan legit, sedangkan bakpia mungil memiliki isian berbagai macam rasa, seperti coklat, keju, durian, dan strawberry.

Demikianlah 20 rekomendasi oleh-oleh khas Bandung yang enak dan wajib kamu coba. Semoga informasi ini bermanfaat dan membantu kamu dalam memilih oleh-oleh untuk keluarga dan teman-teman di rumah.

Keliling Cari Oleh-Oleh Khas Bandung dengan Rental Mobil Get&Ride

Bagi kamu yang berlibur ke Bandung dan ingin membawa pulang oleh-oleh khas Bandung untuk keluarga dan teman, kamu bisa menggunakan layanan rental mobil Get&Ride. Kamu bisa memilih mobil yang sesuai dengan kebutuhan dan budget.

Dengan menggunakan Get&Ride, Anda dapat berkeliling mencari oleh-oleh khas Bandung dengan mudah dan nyaman. Selamat berlibur!

Share this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *