Get and Ride Logo
Previous
Next

Mengintip Keunikan Air Terjun Tukad Cepung di Tengah Goa

air terjun tukad cepung

Daftar Isi

Menjelajahi Pesona Tersembunyi Bali: Air Terjun Tukad Cepung. Bali memiliki banyak destinasi wisata yang terkenal, mulai dari pantai hingga gunung, namun masih ada beberapa tempat yang belum banyak diketahui oleh wisatawan. Salah satunya adalah Air Terjun Tukad Cepung, sebuah air terjun tersembunyi yang menawarkan keindahan alam yang memukau. Terletak di desa Bangli, Kabupaten Gianyar, air terjun ini memang belum sepopuler destinasi wisata lain di Bali, namun keindahannya tak kalah menakjubkan.

air terjun tukad cepung bali

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi keindahan Air Terjun Tukad Cepung dan memberikan informasi penting untuk merencanakan kunjungan Anda ke sana.

Menikmati Keindahan Air Terjun Tukad Cepung

air terjun tikad cepung foto

Air Terjun Tukad Cepung menawarkan pemandangan yang sangat indah. Air terjun ini terletak di sebuah gua batu kapur yang terbentuk secara alami, sehingga sinar matahari dapat masuk melalui celah-celah batu dan menciptakan efek cahaya yang menakjubkan. Saat Anda berada di bawah air terjun, Anda dapat melihat langit dan sinar matahari yang memancar melalui celah-celah gua batu kapur.

Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda disini:

Trekking

Anda dapat melakukan trekking sekitar 10-15 menit dari tempat parkir ke air terjun. Jalur trekking cukup terjal dan berbatu, sehingga sebaiknya Anda memakai sepatu yang nyaman dan tidak terlalu licin.

Baca Juga:  Rekomendasi Tempat Makan Halal di Bali untuk Buka Puasa

Berenang

Air Terjun disini memiliki kolam air yang dalamnya sekitar 5-6 meter, sehingga Anda dapat berenang di kolam tersebut. Namun, pastikan Anda dapat berenang dengan baik dan hati-hati, karena aliran air cukup deras.

Memotret

Air Terjun disini merupakan destinasi yang sangat instagramable, sehingga pastikan Anda membawa kamera untuk mengambil foto-foto indah.

Informasi Penting Sebelum Berkunjung

Sebelum berkunjung ke Air Terjun Tukad Cepung, ada beberapa informasi penting yang perlu Anda ketahui:

Biaya masuk

Untuk masuk ke Air Terjun ini, Anda perlu membayar tiket masuk sebesar Rp. 15.000,- per orang. Namun, harga tersebut bisa berubah sewaktu-waktu, tergantung dari kebijakan pengelola. Bagi yang ingin menggunakan jasa guide, biasanya akan dikenakan biaya sekitar Rp 50.000 sampai Rp 100.000 tergantung dari negosiasi.

Jam buka

Air Terjun ini buka setiap hari mulai pukul 06.00 – 18.00 WITA.

Persiapan

Pastikan Anda memakai sepatu yang nyaman dan tidak terlalu licin, membawa air minum, dan membawa handuk dan pakaian ganti jika ingin berenang.

Tips Berkunjung ke Air Terjun Tukad Cepung

  • Pakailah alas kaki yang nyaman dan anti slip karena jalan setapak yang menurun dapat licin.
  • Jangan lupa membawa air minum dan makanan ringan karena tidak terdapat warung makan di area air terjun.
  • Bawa kamera untuk mengambil foto-foto yang indah di sekitar air terjun.
  • Pergi ke air terjun sebelum pukul 10 pagi untuk menghindari kerumunan turis.
  • Pastikan untuk membuang sampah pada tempatnya dan menjaga kebersihan lingkungan sekitar.

Akomodasi di Sekitar Air Terjun Tukad Cepung

Jika kamu ingin menginap di sekitar air terjun ini, terdapat beberapa penginapan yang bisa kamu pilih, di antaranya:

  • Pondok Sari Cottage (Jalan Raya Penelokan, Kintamani)
  • Jati Homestay (Desa Apuan, Bangli)
  • Patal Kikian Villa (Jalan Raya Bangli, Desa Apuan, Bangli)
Baca Juga:  Fungsi Canang Sari dalam Budaya Bali

FAQs

Apakah Air Terjun Tukad Cepung mudah diakses?

Jawaban: Meskipun Air Terjun ini berada di daerah yang cukup terpencil, namun akses ke sana cukup mudah. Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa mobil atau motor untuk menuju ke lokasi air terjun.

Apakah Air Terjun Tukad Cepung cocok untuk anak-anak?

Jawaban: Air Terjun ini memiliki kolam air yang dalam, sehingga sebaiknya anak-anak selalu diawasi oleh orang dewasa jika ingin berenang. Selain itu, jalur trekking cukup terjal dan berbatu, sehingga sebaiknya anak-anak yang berkunjung ke sana selalu ditemani oleh orang dewasa.

Kapan waktu terbaik untuk berkunjung ke Air Terjun Tukad Cepung?

Jawaban: Waktu terbaik untuk berkunjung ke Air Terjun ini adalah pada pagi hari sekitar pukul 07.00 – 09.00 WITA, karena pada waktu tersebut sinar matahari sudah cukup tinggi dan dapat menciptakan efek cahaya yang indah di dalam gua batu kapur.

Apakah terdapat fasilitas makanan dan minuman di sekitar Air Terjun Tukad Cepung?

Jawaban: Di sekitar Air Terjun ini terdapat beberapa warung makan dan kios yang menjual makanan dan minuman ringan.

Air Terjun Tukad Cepung merupakan destinasi wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi di Bali. Keindahan alam yang memukau, kombinasi antara air terjun dan gua batu kapur, serta efek cahaya yang menakjubkan akan membuat Anda terkesan. Pastikan Anda mengikuti tips dan informasi penting yang telah disebutkan di atas untuk memaksimalkan kunjungan Anda ke sana. Jangan lupa untuk membawa kamera untuk mengambil foto-foto indah disini yang akan menjadi kenangan tak terlupakan.

Sewa mobil di Bali dengan Get and Ride adalah pilihan yang tepat jika Anda ingin merasakan kenyamanan dan keamanan dalam perjalanan ke Air Terjun ini. Kendaraan yang nyaman dan terawat, pengemudi yang berpengalaman, harga yang terjangkau, dan pelayanan yang ramah dan responsif adalah beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan memilih Get and Ride. Jangan ragu untuk memesan mobil dengan Get and Ride untuk perjalanan yang menyenangkan dan tak terlupakan.

Share this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *