Get and Ride Logo
Previous
Next

Berbagai Tips dan Cara Mematikan Wiper Mobil

cara mematikan wiper mobil

Daftar Isi

Berbagai Tips dan Cara Mematikan Wiper MobilTips. Wiper mobil adalah salah satu komponen penting untuk menjaga keamanan saat berkendara. Tetapi, seringkali kita dihadapkan pada situasi di mana kita perlu mematikan wiper mobil dengan cepat. Disini ini akan membahas cara-cara mematikan wiper mobil dan memberikan tips bermanfaat terkait perawatan dan pemilihan blade yang tepat.

Apa itu Wiper Mobil?

Wiper mobil adalah salah satu komponen penting yang harus diperhatikan saat berkendara. Wiper berfungsi membersihkan kaca depan mobil dari air hujan atau kotoran yang menempel. Namun, terkadang wiper mobil mengalami masalah seperti seret atau air wiper tidak keluar. Oleh karena itu, kita perlu bagaimana cara menghidupkan atau cara mematikan wiper mobil?

Cara Mematikan Wiper Mobil

wiper mobil terbaik
Soource: astra.co.id

Untuk mengoperasikan wiper mobil, Anda hanya perlu menekan tuas wiper yang ada di bagian belakang setir. Cara mematikan wiper mobil, Berikut langkah-langkahnya:

  1. Pastikan mobil dalam keadaan berhenti.
  2. Putar tuas wiper ke posisi “OFF”.
  3. Untuk mengeluarkan air di kaca bagian belakang mobil, putar tuas wiper ke bagian bawah.

Cara Menghidupkan Wiper Mobil

Selain cara mematikan wiper mobil, untuk menghidupkan wiper mobil, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pastikan mobil dalam keadaan menyala.
  2. Putar tuas pengatur wiper ke posisi yang diinginkan, misalnya posisi rendah, sedang, atau tinggi.

Simbol pada Tuas Wiper

Setelah tahu cara mematikan wiper mobil, pelajari juga simbol pada tuas wiper. Selain tuas untuk mengoperasikan wiper, tuas wiper juga dilengkapi dengan beberapa simbol yang memiliki arti masing-masing. Berikut ini adalah arti dari simbol-simbol tersebut:

  • Mist: Simbol ini digunakan untuk membersihkan kaca depan dari titik-titik air hujan. Cara menggunakannya adalah dengan menggeser tuas wiper dari posisi “OFF” ke arah atas sebanyak satu kali.
  • LO dan HI: Simbol ini digunakan untuk mengatur kecepatan wiper. Simbol “LO” digunakan untuk kecepatan rendah, sedangkan simbol “HI” digunakan untuk kecepatan tinggi.
  • Intermittent: Simbol ini digunakan untuk mengatur wiper agar bergerak secara berkala. Cara menggunakannya adalah dengan menggeser tuas wiper dari posisi “OFF” ke simbol “Intermittent”.
  • AUTO: Simbol ini digunakan untuk mengaktifkan fitur wiper otomatis. Fitur ini akan mengatur kecepatan wiper secara otomatis sesuai dengan intensitas hujan.
Baca Juga:  Perbedaan Aksara Jawa dan Aksara Bali: Mengungkap Aksara Khas Masing-Masing

Penyebab Wiper Mobil Seret

fungsi wiper mobil
Source: momobil.id

Wiper mobil yang seret dapat disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain:

  • Karet wiper sudah aus. Karet wiper yang aus akan menyebabkan wiper tidak dapat menempel dengan sempurna pada kaca depan. Akibatnya, wiper akan seret saat bergerak.
  • Arm wiper berkarat. Arm wiper yang berkarat akan menyebabkan wiper tidak dapat bergerak dengan lancar.
  • Motor wiper rusak. Motor wiper yang rusak akan menyebabkan wiper tidak dapat berputar dengan lancar.
  • Tegangan kawat wiper tidak stabil.

Letak Air Wiper

Air wiper pada umumnya terdapat di dalam wadah air wiper yang biasanya berada di bagian depan mobil, dekat dengan kisi-kisi radiator.

Kenapa Air Wiper Tidak Mau Keluar?

Air wiper tidak mau keluar dapat disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain:

  • Tangki reservoir air wiper kosong. Jika tangki reservoir air wiper kosong, maka air wiper tidak akan keluar.
  • Pipa saluran air wiper tersumbat. Pipa saluran air wiper yang tersumbat akan menyebabkan air wiper tidak dapat mengalir dengan lancar.
  • Katup pembuangan air wiper rusak. Katup pembuangan air wiper yang rusak akan menyebabkan air wiper tidak dapat mengalir keluar dari tangki reservoir.

Air Wiper Sebaiknya Pakai Apa?

Air wiper sebaiknya menggunakan cairan pembersih khusus wiper mobil yang mengandung antifreeze untuk mencegah pembekuan air di musim dingin. Air wiper yang berkualitas baik akan dapat membersihkan kaca depan dengan lebih baik dan tidak meninggalkan bekas.

Saat Wiper Macet Langkah Awal yang Harus Diperiksa

Jika wiper mobil Anda macet, langkah awal yang harus Anda periksa adalah:

  1. Pastikan tangki reservoir air wiper terisi penuh. Jika tangki reservoir air wiper kosong, maka air wiper tidak akan keluar dan menyebabkan wiper macet.
  2. Pastikan pipa saluran air wiper tidak tersumbat. Jika pipa saluran air wiper tersumbat, maka air wiper tidak akan mengalir dengan lancar dan menyebabkan wiper macet. Anda dapat memeriksa pipa saluran air wiper dengan menggunakan lampu senter.
  3. Pastikan katup pembuangan air wiper tidak rusak. Jika katup pembuangan air wiper rusak, maka air wiper tidak dapat mengalir keluar dari tangki reservoir dan menyebabkan wiper macet. Anda dapat memeriksa katup pembuangan air wiper dengan menggunakan obeng.
Baca Juga:  Tekanan Kompresi Di Dalam Ruang Bakar Sangat Dipengaruhi Oleh Penyetelan Klep atau Valve

Wiper mobil merupakan komponen penting yang perlu dirawat dengan baik agar tetap awet dan performa maksimal. Dengan memahami mulai dari cara mematikan wiper mobil sampai tips-tips diatas, Anda dapat menjaga wiper mobil Anda tetap awet dan performa maksimal.

Jika rencana Anda adalah mengunjungi Bali, salah satu hal yang penting untuk dipertimbangkan adalah transportasi. jika Anda mencari solusi yang mudah dan nyaman, tidak perlu repot, bisa langsung sewa mobil di Get&Ride. Get&Ride Rental Car Bali menawarkan berbagai pilihan mobil sewa yang semuanya merupakan unit baru.

Share this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *