Get and Ride Logo
Previous
Next

Cara Bayar Tol Bali Mandala Tahun 2023

cara bayar tol bali mandala

Daftar Isi

Cara Bayar Tol Bali Mandala Tahun 2023News. Bali Mandara, dengan pemandangan yang memukau dan budayanya yang kaya, menarik wisatawan dan penduduk setempat. Menavigasi jalan tol Bali Mandara adalah aspek penting dari menjelajahi surga Bali. Memahami cara bayar Tol Bali Mandala dengan efisien sangat penting untuk memastikan perjalanan yang lancar dan menghindari kerumitan yang tidak perlu.

Dimana Tol Bali Mandara?

Tol Bali Mandara adalah jalan tol pertama di Provinsi Bali, sekaligus jalan tol terapung di atas air terpanjang yang ada di Indonesia, bahkan salah satu dari 5 di dunia. Karena dibangun di atas air laut, maka jalan tol ini terlihat sangat indah dan modern.

Tol Bali Mandara merupakan jembatan penghubung antara Pulau Bali dengan Pulau Nusa Dua. Jembatan ini memiliki panjang sekitar 12,7 kilometer dan menjadi salah satu akses utama bagi wisatawan dan penduduk setempat. Dengan meningkatnya kunjungan wisatawan ke Bali, informasi mengenai cara bayar tol Bali Mandara menjadi hal yang penting untuk dipahami.

Cara Bayar Tol Bali Mandala Sebelumnya

tol diatas laut
Source: balinesia.com

Ada tiga untuk cara bayar Tol Bali Mandala:

  • Tunai

Cara bayar Tol Bali Mandala yang pertama adalah tunai. Pembayaran tunai dapat dilakukan di gerbang tol dengan menggunakan uang kertas atau koin rupiah. Pastikan Anda memiliki uang yang cukup untuk membayar tarif tol sebelum memasuki gerbang tol.

  • E-Toll

Cara bayar Tol Bali Mandala dengan e-toll dapat dilakukan di gerbang tol dengan menggunakan kartu e-toll yang kompatibel. Pastikan kartu e-toll Anda memiliki saldo yang cukup untuk membayar tarif tol sebelum memasuki gerbang tol.

  • Non-tunai

Cara bayar Tol Bali Mandala dengan non-tunai dapat dilakukan di gerbang tol dengan menggunakan kartu kredit, kartu debit, atau QRIS. Pastikan Anda memiliki kartu pembayaran yang kompatibel sebelum memasuki gerbang tol.

Baca Juga:  Sensasi Sahur On The Road di Bali, Sebenarnya Sahur On The Road Artinya Apa?

Cara Bayar Tol Bali Mandala Terbaru Tahun 2023

Seiring dengan pemberlakuan 100% elektronifikasi Jalan Tol Bali Mandara, pengguna jalan tol dapat menggunakan kartu elektronik untuk melakukan pembayaran.

Pada tahun 2023, cara bayar Tol Bali Mandala 2023 menggunakan kartu tol elektronik seperti e-Money (Mandiri), Tap Cash (BNI), Brizzi (BRI), dan Flazz (BCA). Cara bayar Tol Bali Mandala dengan tunai tidak lagi diterima di gerbang tol Bali Mandara.

Kartu tol Bali Mandara dapat dibeli di gerbang tol, kantor layanan pelanggan, minimarket terkemuka (Alfamart atau Indomaret), dan beberapa bank. Selain itu, beberapa bank juga menyediakan layanan pembelian kartu tol ini. Pada November 2023, terdapat rencana uji coba sistem cara bayar Tol Bali Mandala tanpa berhenti.

Tarif Tol Bali Mandara

Tarif Tol Bali Mandara dibagi menjadi beberapa golongan kendaraan, yaitu:

  • Golongan I: Kendaraan bermotor roda empat dengan jumlah penumpang paling banyak delapan orang, termasuk pengemudi.
  • Golongan II: Kendaraan bermotor roda empat dengan jumlah penumpang paling banyak delapan orang, termasuk pengemudi, dengan jumlah sumbu lebih dari dua.
  • Golongan III: Kendaraan bermotor roda enam dengan jumlah sumbu tiga atau empat.
  • Golongan IV: Kendaraan bermotor roda delapan dengan jumlah sumbu lima atau enam.
  • Golongan V: Kendaraan bermotor bus dengan jumlah sumbu empat atau lebih.
  • Golongan VI: Kendaraan bermotor roda dua.

Berikut adalah tarif Tol Bali Mandara per 20 November 2023:

GolonganTarif (Rp)
I13.000
II26.000
III39.000
IV52.000
V65.000
VI (sepeda motor)5.000

Tol Bali Mandara menerapkan sistem transaksi terbuka, sehingga pengguna jalan tol harus melakukan pembayaran langsung saat memasuki gerbang tol. Pembayaran dapat dilakukan dengan tunai, e-toll, atau non-tunai.

Baca Juga:  World Water Forum 2024 Bali: Menjadi Bagian dari Gerakan Global untuk Kesejahteraan Air

Keunikan Tol Bali Mandara

tol bali mandala
Source: liputan6.com

Tol Bali Mandara memiliki beberapa keunikan yang membuatnya istimewa. Berikut adalah beberapa keunikan dari Tol Bali Mandara:

  1. Jalan Tol Atas Air Terpanjang di Dunia: Tol Bali Mandara merupakan salah satu dari lima jalan tol atas air terpanjang di dunia, dengan panjang 12,7 kilometer yang menghubungkan antara Kota Denpasar/Pelabuhan Benoa, Bandara Internasional Ngurah Rai, dan Nusa Dua di Provinsi Bali, Indonesia.
  2. Penggunaan Teknologi Terbaru: Salah satu keunikan utama dari Tol Bali Mandara adalah penggunaan teknologi terbaru dalam konstruksi dan operasionalnya.
  3. Jalur untuk Sepeda Motor: Tol Bali Mandara memiliki jalur khusus untuk sepeda motor, yang merupakan hal unik karena tidak semua jalan tol memperbolehkan sepeda motor melintas. Menjadi satu-satunya tol di Indonesia yang memiliki jalur khusus untuk motor.
  4. Mengusung Konsep Green, Strong, dan Beauty Toll Road: Tol Bali Mandara mengusung konsep green, strong, dan beauty toll road, yang menjaga estetika, keindahan arsitektur, dan tetap mengusung budaya khas Bali.
  5. Memiliki 22 gerbang tol: terdiri dari 8 gerbang tol di Nusa Dua, 7 gerbang tol di Ngurah Rai, dan 7 gerbang tol di Benoa.
  6. Menggunakan teknologi terkini: sistem pembayaran non-tunai, sistem pengawasan CCTV, dan sistem pencahayaan LED.

Tol Bali Mandara menjadi salah satu ikon modernisasi di Bali. Selain mempermudah akses ke kawasan wisata, jalan tol ini juga menjadi daya tarik wisata tersendiri bagi wisatawan lokal dan mancanegara.

Jika Anda berencana ke Bali, jangan lupa kunjungi Tol Bali Mandara dan manfaatkan layanan Get&Ride sewa mobil Bali sebagai pilihan transportasi Anda. Dengan begitu, perjalanan Anda akan lebih nyaman dan fleksibel, memungkinkan Anda menikmati semua keindahan yang ditawarkan oleh Tol Bali Mandara tanpa kendala.

Baca Juga:  Arti dan Sejarah Valentine Day: Romantisisme di Balik Hari Kasih Sayang

FAQ

Share this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *