Get and Ride Logo
Previous
Next

Sunroof Artinya Jendela di Atap Mobil, Ketahui Perbedaan Sunroof, Moonroof dan Panorama Roof

sunroof artinya

Daftar Isi

Sunroof Artinya Jendela di Atap Mobil, Ketahui Perbedaan Sunroof, Moonroof dan Panorama RoofTips. Sunroof merupakan fitur tambahan pada mobil yang memungkinkan cahaya matahari masuk ke dalam kabin mobil. Sunroof artinya dapat memberikan pengalaman berkendara yang lebih terbuka dan nyaman, serta meningkatkan nilai estetika mobil.

Pada mobil, Sunroof artinya apa?

Sunroof pada mobil adalah panel transparan atau tidak transparan yang terletak di bagian atap mobil. Sunroof dapat dibuka atau ditutup sesuai keinginan pengemudi atau penumpang.

Apakah Semua Mobil Bisa Dipasang Sunroof?

mobil yang ada sunroof
Soource: kompas.com

Tidak semua mobil bisa dipasang sunroof. Mobil yang dirancang dengan struktur atap yang kuat dan memiliki ruang yang cukup di atasnya biasanya dapat dipasang sunroof.

Apakah Sunroof Bisa Dibuka?

Ya, sunroof bisa dibuka dan ditutup. Terdapat beberapa jenis sunroof, seperti sunroof yang bisa digeser, sunroof yang bisa dibuka dengan menaikkan bagian belakangnya, dan sunroof yang tetap terbuka.

Jenis – Jenis Sunroof

dijumpai pada mobil, yaitu:

  1. Sunroof: Sunroof adalah jenis sunroof yang umum dan dapat dibuka atau ditutup sesuai keinginan pengemudi atau penumpang.
  2. Pop-up sunroof: Popup sunroof artinya sunroof yang memiliki panel kaca yang terangkat ke atas saat dibuka. Pop-up sunroof biasanya dioperasikan secara manual, tetapi ada juga yang dioperasikan secara elektrik.
  3. Sliding sunroof: Sliding sunroof artinya jenis sunroof yang panel kacanya meluncur ke belakang saat dibuka. Sliding sunroof biasanya dioperasikan secara elektrik.
  4. Fixed sunroof: fixed sunroof artinya jenis sunroof yang panel kacanya tidak bisa dibuka. Fixed sunroof biasanya dibuat dari kaca bening atau kaca berwarna.
  5. Metal sunroof: Metal sunroof artinya jenis sunroof yang panel kacanya terbuat dari logam. Metal sunroof biasanya dioperasikan secara manual dan dapat dibuka atau ditutup.
  6. Moonroof: Moonroof adalah jenis sunroof yang panel kacanya terbuat dari kaca bening atau kaca berwarna. Moonroof biasanya dioperasikan secara elektrik dan dapat dibuka atau ditutup.
  7. Panorama Roof: Panorama roof adalah sunroof yang lebih besar dan meluas ke bagian belakang mobil, menciptakan kesan ruang yang lebih luas.
Baca Juga:  Sudah Tahu Kapan Libur Panjang Sekolah 2023? Segera Rencanakan Perjalanan Liburan Seru ke Bali

Perbedaan Sunroof, Moonroof dan Panorama Roof

sunroof mobil
Source: hyundai.com

Perbedaan antara Sunroof, Moonroof dan Panorama Roof terletak pada ukuran panel kaca, mekanisme pembukaan, dan bahan yang digunakan.

  • Ukuran panel kaca: Pop-up sunroof dan sliding sunroof memiliki panel kaca yang lebih kecil daripada panoramic sunroof. Fixed sunroof tidak memiliki panel kaca yang bisa dibuka.
  • Mekanisme pembukaan: Pop-up sunroof dan fixed sunroof biasanya dioperasikan secara manual, sedangkan sliding sunroof dan panoramic sunroof biasanya dioperasikan secara elektrik.
  • Bahan yang digunakan: Panel kaca sunroof biasanya terbuat dari kaca bening atau kaca berwarna. Ada juga sunroof yang panel kacanya terbuat dari logam atau plastik.

Kelebihan dan kekurangan sunroof

Kelebihan sunroof:

  • Memberikan akses udara segar dan sinar matahari ke dalam kabin mobil.
  • Membuat perjalanan menjadi lebih menyenangkan.
  • Memberikan kesan lebih luas dan terbuka pada kabin mobil.

Kekurangan sunroof:

  • Dapat menjadi sumber panas di dalam kabin mobil saat cuaca panas.
  • Dapat meningkatkan kebisingan di dalam kabin mobil.
  • Dapat menjadi sumber kebocoran air saat hujan.

Sunroof adalah fitur yang dapat memberikan kenyamanan dan kenikmatan berkendara bagi penggunanya. Sunroof dapat memberikan akses udara segar dan sinar matahari ke dalam kabin, sehingga membuat perjalanan menjadi lebih menyenangkan.

Jika Anda berencana ke Bali dan ingin merasakan pesona berkendara dengan sunroof, tak perlu ragu. Sewa mobil di Get&Ride Bali sekarang juga! Mereka menawarkan berbagai mobil, termasuk yang dilengkapi sunroof seperti Zenix dan Alphard, semua dengan harga sewa yang terjangkau.

FAQ

Share this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *