Get and Ride Logo
Previous
Next

SIM B2 untuk Pengendara Apa dan Siapa Saja yang Wajib Memilikinya?

sim b2 untuk pengendara apa

Daftar Isi

SIM B2 untuk Pengendara Apa dan Siapa Saja yang Wajib Memilikinya?Tips. Apakah Anda tertarik untuk mengetahui SIM B2 untuk pengendara apa dan siapa saja yang harus memiliki jenis SIM ini? Jika demikian, Anda berada di tempat yang tepat. SIM B2 adalah salah satu jenis Surat Izin Mengemudi (SIM) yang memiliki peran penting dalam kegiatan berkendara di Indonesia. Dalam panduan ini, kami akan membahas secara lengkap tentang SIM B2 untuk pengendara apa, persyaratannya, dan siapa saja yang wajib memiliki SIM ini. Kami akan membantu Anda memahami pentingnya SIM B2 dan bagaimana mendapatkannya dengan mudah.

Jenis SIM di Indonesia

Berikut adalah jenis-jenis SIM yang berlaku di Indonesia:

  1. SIM A: Surat izin mengemudi untuk mengendarai sepeda motor.
  2. SIM B1: Surat izin mengemudi untuk mengendarai kendaraan bermotor roda empat dengan total berat boleh melebihi 1.000 kg, seperti mobil penumpang minibus, elf, bus pariwisata, bus penumpang, dan truk engkel.
  3. SIM B2: Surat izin mengemudi untuk mengendarai kendaraan bermotor roda empat dengan berat lebih dari 1.000 kg, seperti kendaraan alat berat, truk gandeng perorangan, dan kendaraan penarik.
  4. SIM C: Surat izin mengemudi untuk mengendarai kendaraan bermotor roda empat dengan total berat lebih dari 3.500 kg, seperti truk besar dan bus besar.
  5. SIM D: Surat izin mengemudi untuk mengendarai kendaraan bermotor khusus, seperti mobil pemadam kebakaran, mobil ambulance, dan kendaraan khusus lainnya

SIM B2 untuk Pengendara Apa dan Siapa Saja yang Wajib Memilikinya?

sim b2 untuk pengendara apa saja
Source: Pixabay

SIM B2 untuk pengendara apa? diperuntukkan untuk pengendara kendaraan bermotor roda empat dengan berat lebih dari 1.000 kg, seperti kendaraan alat berat, truk gandeng perorangan, dan kendaraan penarik. Oleh karena itu, pengendara kendaraan jenis tersebut wajib memiliki SIM B2 agar dapat mengemudikan kendaraannya secara legal di jalan raya.

Baca Juga:  Tips Memilih Perlengkapan Terbaik saat Study Tour Wanita yang Bikin Iri Teman-teman!

Syarat Membuat SIM B2

Berikut adalah syarat-syarat untuk membuat SIM B2:

  1. Berusia minimal 22 tahun.
  2. Memiliki SIM A Umum dan SIM B1 (perseorangan) terlebih dahulu selama minimal 12 bulan setelah salah satu SIM diterbitkan.
  3. Melampirkan fotokopi KTP dan KK.
  4. Melampirkan surat keterangan sehat jasmani dan rohani dari dokter yang ditunjuk oleh kepolisian.
  5. Melampirkan surat keterangan lulus ujian teori dan ujian praktek mengemudi.

Perbedaan SIM B2 umum dan SIM B2 perorangan

Perbedaan SIM B2 untuk pengendara apa itu umum atau perorangan adalah pada tujuan penggunaannya. SIM B2 umum digunakan untuk angkutan barang umum, sedangkan SIM B2 perorangan digunakan untuk angkutan barang pribadi.

Berikut adalah tabel yang merangkum perbedaan antara SIM B2 umum dan SIM B2 perorangan:

KriteriaSIM B2 UmumSIM B2 Perorangan
Tujuan penggunaanAngkutan barang umumAngkutan barang pribadi
Persyaratan usia22 tahun22 tahun
Persyaratan pengalaman berkendaraMemiliki SIM A atau B selama minimal 2 tahunMemiliki SIM A atau B selama minimal 2 tahun
UjianUjian teori dan praktikUjian teori dan praktik
Masa berlaku5 tahun5 tahun
Biaya pembuatanRp. 120.000Rp. 120.000

Jika Anda ingin mendapatkan SIM B2 umum, Anda harus mengajukan permohonan ke kantor Satuan Lalu Lintas (Satlantas) terdekat. Anda akan diminta untuk mengisi formulir permohonan, menyerahkan fotokopi KTP, fotokopi SIM A atau B, dan menyerahkan bukti pembayaran biaya pembuatan SIM B2 umum. Setelah permohonan Anda disetujui, Anda akan mengikuti ujian teori dan praktik SIM B2 umum. Jika Anda lulus ujian, Anda akan mendapatkan SIM B2 umum yang berlaku selama 5 tahun.

Jika Anda ingin mendapatkan SIM B2 perorangan, Anda harus mengajukan permohonan ke kantor Satuan Lalu Lintas (Satlantas) terdekat. Anda akan diminta untuk mengisi formulir permohonan, menyerahkan fotokopi KTP, fotokopi SIM A atau B, dan menyerahkan bukti pembayaran biaya pembuatan SIM B2 perorangan. Setelah permohonan Anda disetujui, Anda akan mengikuti ujian teori dan praktik SIM B2 perorangan. Jika Anda lulus ujian, Anda akan mendapatkan SIM B2 perorangan yang berlaku selama 5 tahun.

Baca Juga:  Ingin Tampil Kece dengan Sandal Joger Bali Wanita? Begini Tips Padu Padannya!

Dalam artikel ini, kami telah membahas secara lengkap tentang SIM B2 untuk pengendara apa dan siapa saja yang wajib memilikinya. SIM B2 adalah jenis Surat Izin Mengemudi kelas B2 yang wajib dimiliki oleh pengendara sepeda motor dengan kapasitas mesin tertentu.

Sewa mobil dengan Get&Ride Rental Car Bali adalah pilihan yang tepat untuk menjadikan liburan Anda di Bali dengan nyaman dan terjangkau. Anda dapat mengeksplorasi pulau ini dengan leluasa, bebas dari batasan jadwal transportasi umum, serta merasakan kenyamanan dalam perjalanan Anda.

FAQ

Share this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *