Get and Ride Logo
Previous
Next

Kenapa AC Tidak Dingin Hanya Keluar Angin Pada Mobil? Ini Penyebabnya

Kenapa AC Tidak Dingin Hanya Keluar Angin

Daftar Isi

Kenapa AC Tidak Dingin Hanya Keluar Angin Pada Mobil? Ini PenyebabnyaTips. AC mobil merupakan salah satu fitur yang sangat penting, terutama di Indonesia yang beriklim tropis. AC mobil berfungsi untuk mendinginkan suhu kabin mobil agar penumpang merasa nyaman saat berkendara. Namun, ada kalanya pada mobil, kenapa AC tidak dingin hanya keluar angin saja.

Pada Mobil, Kenapa AC Tidak Dingin Hanya Keluar Angin?

AC mobil rusak
Source: shutterstock

AC mobil yang tidak dingin dan hanya mengeluarkan angin bisa menjadi masalah yang sangat menjengkelkan, terutama saat berkendara di siang hari yang panas. Beberapa faktor dapat menyebabkan masalah ini, mulai dari freon yang habis, kondensor yang kotor, hingga kompresor yang rusak.

Berikut adalah beberapa penyebab umum kenapa AC tidak dingin hanya keluar angin pada mobil:

1. Freon yang Habis

Alasan kenapa AC tidak dingin hanya keluar angin pada mobil yang pertama adalah freon. Freon adalah media pendingin yang sangat penting dalam AC mobil. Jika freon habis, maka AC mobil tidak akan dingin dan hanya mengeluarkan angin.

Untuk mengetahui apakah freon habis atau tidak, Anda bisa memeriksanya dengan menggunakan manometer. Jika tekanan freon rendah, maka kemungkinan besar freon habis dan perlu diisi ulang.

2. Kondensor yang Kotor

Kondensor adalah komponen AC mobil yang berfungsi untuk membuang panas dari dalam kabin mobil. Jika kondensor kotor, maka panas tidak akan terbuang dengan baik dan AC mobil tidak akan dingin. Untuk mencegah kondensor menjadi kotor, Anda harus rutin membersihkannya agar tidak menimbulkan penyumbatan.

3. Kompresor yang Rusak

Alasan lainnya kenapa AC tidak dingin hanya keluar angin pada mobil adalah kompresor yang rusak. Kompresor adalah komponen AC mobil yang berfungsi untuk memampatkan freon dan mendorongnya ke dalam sistem pendingin.

Baca Juga:  Perbedaan Aksara Jawa dan Aksara Bali: Mengungkap Aksara Khas Masing-Masing

Jika kompresor rusak, maka freon tidak akan terdorong dengan baik dan AC mobil tidak akan dingin. Jika kondensor sudah bersih, tapi sistem pendinginan tetap tidak terasa, maka kemungkinan besar penyebab AC mobil tidak dingin hanya keluar angin adalah kompresor yang rusak.

4. Filter AC yang Rusak

Filter AC adalah komponen yang berfungsi untuk menyaring udara yang masuk ke dalam kabin mobil. Jika filter AC rusak, maka udara yang masuk ke dalam kabin tidak akan terfilter dengan baik dan AC mobil tidak akan dingin. Untuk mencegah filter AC menjadi rusak, Anda harus rutin membersihkannya atau menggantinya secara berkala.

5. Kipas AC yang Rusak

Kipas AC rusak juga salah satu alasan kenapa AC tidak dingin hanya keluar angin pada mobil. Kipas AC adalah komponen yang berfungsi untuk mengalirkan udara dingin ke dalam kabin mobil.

Jika kipas AC rusak, maka udara dingin tidak akan teralir dengan baik dan AC mobil tidak akan dingin. Untuk mencegah kipas AC menjadi rusak, Anda harus rutin membersihkannya atau menggantinya secara berkala.

6. Thermostat yang Rusak

Thermostat adalah komponen yang berfungsi untuk mengatur suhu dalam kabin mobil. Jika thermostat rusak, maka suhu dalam kabin tidak akan teratur dengan baik dan AC mobil tidak akan dingin. Untuk mencegah thermostat menjadi rusak, Anda harus rutin memeriksanya dan menggantinya jika diperlukan.

7. Kabel yang Rusak

Kabel yang rusak juga dapat menyebabkan AC mobil tidak dingin dan hanya mengeluarkan angin. Kabel yang rusak dapat mengganggu aliran listrik ke komponen AC mobil, sehingga AC mobil tidak berfungsi dengan baik. Untuk mencegah kabel menjadi rusak, Anda harus rutin memeriksanya dan menggantinya jika diperlukan.

Baca Juga:  Lampu Indikator Mobil Tidak Menyala Saat Kontak On: Penyebab dan Cara Mengatasinya

8. Kapasitor yang Rusak

Alasan terakhir kenapa AC tidak dingin hanya keluar angin pada mobil yaitu kapasitor. Kapasitor adalah komponen yang berfungsi untuk menyimpan energi listrik dan melepaskannya ke komponen AC mobil saat diperlukan.

Jika kapasitor rusak, maka energi listrik tidak akan tersimpan dengan baik dan AC mobil tidak akan dingin. Untuk mencegah kapasitor menjadi rusak, Anda harus rutin memeriksanya dan menggantinya jika diperlukan.

Cara Mengatasi Kenapa AC Tidak Dingin Hanya Keluar Angin Pada Mobil

Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengatasi kenapa AC tidak dingin hanya keluar angin pada mobil:

  • Cek freon

Hal pertama yang harus dilakukan adalah memeriksa freon AC. Jika freon habis atau bocor, maka Anda perlu mengisi ulang freon AC.

  • Bersihkan filter AC

Jika filter AC kotor, maka Anda perlu membersihkan filter AC. Anda bisa membersihkan filter AC sendiri atau membawa mobil Anda ke bengkel.

  • Periksa kompresor AC

Jika kompresor AC rusak, maka Anda perlu mengganti kompresor AC.

  • Periksa evaporator

Jika evaporator rusak, maka Anda perlu mengganti evaporator.

  • Bersihkan kondensor

Jika kondensor tersumbat, maka Anda perlu membersihkan kondensor.

  • Periksa fan belt

Jika fan belt putus, maka Anda perlu mengganti fan belt.

  • Cek ukuran freon

Jika Anda merasa freon AC yang diisi ulang terlalu banyak atau terlalu sedikit, maka Anda perlu membawa mobil Anda ke bengkel untuk diperiksa.

Penting untuk diingat bahwa perbaikan AC mobil seringkali memerlukan pengetahuan dan alat yang sesuai. Jika Anda tidak yakin apa yang menyebabkan masalah AC Anda, sebaiknya berkonsultasi dengan seorang teknisi AC mobil yang berkualifikasi untuk mendiagnosis dan memperbaiki masalah tersebut.

Baca Juga:  Apa Perpanjang SIM Bisa Dimana Saja?

Sewa mobil di Get&Ride saat berlibur ke Bali adalah pilihan cerdas! Get&Ride Rental Mobil Bali menawarkan berbagai pilihan mobil yang berkualitas dan kondisi terbaik, sehingga Anda dapat menikmati perjalanan Anda tanpa harus khawatir tentang AC mobil yang rusak atau masalah lainnya. Dengan layanan penyewaan mobil yang andal, perjalanan Anda di Bali akan menjadi lebih nyaman dan menyenangkan. Selamat menikmati liburan Anda!

Share this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *