Get and Ride Logo

Pertamax Turbo RON Berapa? Ketahui Juga Kelebihannya

pertamax turbo ron berapa

Daftar Isi

Pertamax Turbo RON Berapa? Ketahui Juga KelebihannyaTips. Pertamax Turbo adalah salah satu jenis bahan bakar berkualitas tinggi yang semakin populer di Indonesia. Dengan keunggulan dalam meningkatkan kinerja mesin dan efisiensi bahan bakar, banyak pengemudi yang tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang jenis bahan bakar ini.

Disini akan dijelaskan Pertamax Turbo RON berapa sekaligus kelebihannya. Pertamax Turbo diklaim memiliki performa yang lebih baik dibandingkan dengan jenis bahan bakar lainnya. Namun, sebelum menggunakannya, penting untuk mengetahui Pertamax Turbo RON berapa dan apa kelebihannya.

Apa itu RON?

pertamax turbo ron berapa dan harga
Source: detik.com

RON (Research Octane Number) adalah ukuran kemampuan bahan bakar untuk menghindari knocking atau ketukan pada mesin. Semakin tinggi angka RON, semakin besar kemampuan bahan bakar untuk menghindari knocking. Oleh karena itu, semakin tinggi angka RON, semakin baik kualitas bahan bakar tersebut. Oleh karena itu Pertamax Turbo RON berapa sebenarnya?

Pertamax Turbo Ron Berapa?

Pertamax Turbo memiliki RON 98, yang berarti bahan bakar ini memiliki kemampuan yang sangat baik untuk menghindari knocking pada mesin. Angka oktan ini lebih tinggi dibandingkan RON Pertamax (92) dan Pertalite (90).

Namun, tidak semua kendaraan cocok untuk menggunakan bahan bakar dengan RON yang tinggi. Sebelum menggunakan Pertamax Turbo, pastikan kendaraan Anda mendukung penggunaan bahan bakar dengan RON 98.

Keunggulan Pertamax Turbo

Setelah mengetahui Pertamax Turbo RON berapa, ketahui juga keunggulannya:

1. Kinerja Mesin Lebih Baik

Penggunaan Pertamax Turbo dapat menghasilkan kinerja mesin yang lebih baik. Tingkat oktan yang tinggi membantu mesin bekerja lebih efisien dan menghasilkan tenaga yang lebih besar. Ini cocok untuk mobil dengan mesin yang dirancang untuk bahan bakar berkualitas tinggi.

Baca Juga:  Bocoran Harga dan Spesifikasi Mitsubishi Xpander Sport 2023, Jangan Lewatkan!

2. Penghematan Bahan Bakar

Salah satu manfaat utama Pertamax Turbo adalah penghematan bahan bakar. Mesin yang bekerja lebih efisien akan menghasilkan konsumsi bahan bakar yang lebih baik. Meskipun Pertamax Turbo mungkin lebih mahal daripada bahan bakar biasa, penghematan bahan bakar jangka panjang akan mengimbangi biayanya.

3. Ramah Lingkungan

Dengan mesin yang bekerja lebih efisien, emisi gas buang juga dapat berkurang. Ini membuat Pertamax Turbo menjadi pilihan yang lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan bahan bakar dengan tingkat RON yang lebih rendah.

Berapa Harga Pertamax Turbo RON 98?

Harga Pertamax Turbo RON 98 bervariasi tergantung pada wilayahnya. Namun, secara umum, harga Pertamax Turbo RON 98 adalah sebagai berikut:

  • DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Banten: Rp15.900 per liter
  • Jambi, Lampung, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi, Gorontalo, dan Papua: Rp16.250 per liter
  • Riau, Kepulauan Riau, Batam, dan Bengkulu: Rp16.600 per liter

Harga Pertamax Turbo RON 98 dapat berubah sewaktu-waktu, jadi sebaiknya Anda selalu mengecek harga terbaru di website Pertamina atau aplikasi MyPertamina.

Apa perbedaan Pertamax 92 dan Pertamax Turbo?

Selain mengetahui Pertamax Turbo RON berapa dan kelebihannya

FiturPertamax 92Pertamax Turbo
RON9298
WarnaBiruMerah
FormulaPertamina TechnologyPertamina Technology + IBF
Kandungan zat aditifDetergen dan dispersanDetergen, dispersan, dan IBF
Rekomendasi kendaraanRasio kompresi 10:1 hingga 11:1Rasio kompresi lebih dari 12:1

Pertamax Turbo memiliki RON yang lebih tinggi dari pada Pertamax 92, harga yang lebih mahal, dan dilengkapi dengan fitur tambahan seperti IBF dan Ecosave. Namun, tidak semua kendaraan cocok untuk menggunakan Pertamax Turbo dan pastikan kendaraan Anda mendukung penggunaan bahan bakar dengan RON 98 sebelum menggunakan Pertamax Turbo.

Baca Juga:  Perbedaan Speaker 4ohm dan 8ohm: Mana yang Lebih Baik?

Apakah Pertamax Turbo cocok untuk kendaraan Anda?

Pertamax Turbo cocok untuk kendaraan yang memiliki mesin yang didesain untuk menggunakan bahan bakar dengan RON yang tinggi. Jika kendaraan Anda tidak didesain untuk menggunakan bahan bakar dengan RON 98, penggunaan Pertamax Turbo dapat menyebabkan knocking pada mesin dan merusak komponen mesin.

Apakah motor 150cc boleh pakai pertamax turbo?

Secara umum, tidak disarankan untuk menggunakan Pertamax Turbo untuk motor 150cc. Pertamax Turbo adalah bahan bakar dengan oktan tinggi, yaitu 98. Bahan bakar dengan oktan tinggi cocok untuk mesin dengan kompresi tinggi, yaitu 11:1 hingga 13:1.

Motor 150cc biasanya memiliki kompresi sekitar 10:1. Dengan kompresi yang lebih rendah, mesin motor 150cc tidak memerlukan bahan bakar dengan oktan tinggi. Namun, ada beberapa kasus di mana motor 150cc bisa menggunakan Pertamax Turbo tanpa masalah. Misalnya, motor 150cc yang sudah dibore-up atau memiliki kompresi yang lebih tinggi.

Bagi wisatawan yang ingin menjelajahi semua keindahan Bali, Get&Ride Car Rental Bali adalah solusi sempurna untuk perjalanan Anda. Berbagai pilihan mobil unit terbaru dengan harga yang terjangkau.

FAQ

Share this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *