Get and Ride Logo
Previous
Next

Daftar Makanan Khas Suku Bali yang Wajib Dicoba, Rasanya Bikin Nagih!

makanan khas suku bali

Daftar Isi

Daftar Makanan Khas Suku Bali yang Wajib Dicoba, Rasanya Bikin Nagih! Travel. Bali dikenal sebagai salah satu destinasi wisata favorit di Indonesia, tidak hanya karena keindahan alamnya yang mempesona, tetapi juga karena kekayaan budaya dan kulinernya yang unik.

Salah satu ciri khas kuliner Bali adalah penggunaan rempah-rempah yang melimpah. Rempah-rempah ini memberi cita rasa yang khas dan menggugah selera pada makanan-makanan khas suku Bali. Berikut adalah beberapa makanan khas suku Bali yang wajib dicoba, yang tidak kalah nikmat dengan masakan Indonesia lainnya.

Daftar Makanan Khas Suku Bali

makanan khas suku bali adalah
Source: tokopedia.com

Berikut adalah rekomendasi beberapa makanan khas suku Bali yang bisa dicoba:

1. Ayam Betutu

Ayam betutu adalah salah satu makanan khas suku Bali yang paling populer. Ayam betutu dimasak dengan bumbu betutu yang terbuat dari campuran berbagai macam rempah-rempah, seperti kunyit, bawang merah, bawang putih, cabai, kemiri, dan serai. Bumbu betutu yang kaya akan rempah-rempah ini membuat ayam betutu memiliki cita rasa yang gurih, pedas, dan lezat.

2. Sate Lilit

Sate lilit adalah makanan khas Bali yang terbuat dari daging ayam atau ikan yang digiling halus, kemudian dicampur dengan kelapa parut dan bumbu-bumbu lainnya. Sate lilit kemudian dililitkan pada batang serai dan dibakar. Sate lilit memiliki cita rasa yang gurih dan lezat, dengan tekstur daging yang lembut dan juicy.

3. Nasi Jinggo

Nasi jinggo adalah makanan khas Bali yang terdiri dari nasi, lauk pauk, dan sambal. Lauk pauk yang biasanya digunakan untuk nasi jinggo adalah ayam goreng, telur goreng, atau tempe goreng. Nasi jinggo adalah makanan yang praktis dan terjangkau, sehingga cocok untuk dinikmati sebagai camilan atau makanan berat.

Baca Juga:  Pantai Pandawa: Keindahan Alam yang Masih Alami dan Akses yang Unik

4. Nasi Tepeng

Nasi tepeng adalah makanan khas Bali yang terbuat dari nasi yang dicampur dengan sambal matah dan sayuran. Sambal matah adalah sambal khas Bali yang terbuat dari cabai rawit, bawang merah, bawang putih, dan serai. Nasi tepeng memiliki cita rasa yang pedas dan segar, dengan tekstur nasi yang pulen.

makanan khas bali
Source: kompas.com

5. Sate Plecing

Sate plecing adalah makanan khas Bali yang terbuat dari sayuran, seperti kangkung, kacang panjang, atau terong, yang dibakar kemudian dilumuri dengan sambal plecing. Sambal plecing adalah sambal khas Bali yang terbuat dari cabai rawit, tomat, dan terasi. Sate plecing memiliki cita rasa yang pedas dan segar, dengan tekstur sayuran yang renyah.

6. Lawar

Lawar adalah makanan khas Bali yang terbuat dari daging ayam, daging babi, atau daging sapi yang dicincang halus, kemudian dicampur dengan sayuran, seperti kacang panjang, nangka, dan bawang merah. Lawar memiliki cita rasa yang gurih dan asam, dengan tekstur daging yang lembut.

7. Tipat Cantok

Tipat cantok adalah makanan khas Bali yang terbuat dari tipat (ketupat) yang dipotong-potong, kemudian dicampur dengan sambal kacang dan sayuran, seperti kacang panjang, tauge, dan kemangi. Tipat cantok memiliki cita rasa yang gurih dan segar, dengan tekstur ketupat yang lembut.

8. Babi Guling

Babi guling adalah makanan khas Bali yang terbuat dari daging babi yang diolah dengan cara dibakar. Babi guling memiliki cita rasa yang gurih dan lezat, dengan tekstur daging yang empuk dan juicy.

9. Bebek Bengil

Bebek benggil adalah makanan khas Bali yang terbuat dari bebek yang dimasak dengan cara dibakar. Bebek benggil memiliki cita rasa yang gurih dan lezat, dengan tekstur daging yang empuk dan juicy.

Baca Juga:  Rekomendasi Klinik Kecantikan Terdekat dan Harganya di Denpasar

10. Laklak

Laklak adalah jajanan tradisional khas Bali yang memiliki bentuk seperti surabi. Proses pembuatan jajanan ini memanfaatkan kendi yang diletakkan di atas api. Ketika laklak sudah matang, akan mampu memiliki tekstur lembut serta renyah pada bagian luarnya.

11. Jaja Apem

Jaja Apem adalah jajanan khas Buleleng yang terbuat dari tepung beras, gula, dan kelapa. Jaja Apem memiliki tekstur lembut dan rasa manis.

Makanan khas suku Bali memiliki cita rasa yang unik dan khas, karena menggunakan berbagai macam rempah-rempah yang melimpah di Pulau Dewata. Makanan-makanan tersebut juga memiliki nilai budaya yang tinggi, karena merupakan hasil dari tradisi dan budaya masyarakat Bali.

Jika kamu berkunjung ke Bali, jangan lupa untuk mencoba berbagai macam makanan khas suku Bali. Makanan-makanan tersebut akan membuat pengalaman wisatamu di Bali semakin berkesan.

Selama di Bali, sewa mobil selama di Bali merupakan salah satu alternatif terbaik. Get&Ride Rental Car Bali menawarkan layanan sewa mobil dengan harga terjangkau dan beragam pilihan tipe mobil terbaru.

Share this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *