Get and Ride Logo
Previous
Next

10 Makanan Khas Sunda dan Asal Daerahnya

10 makanan khas sunda dan asal daerahnya

Daftar Isi

10 Makanan Khas Sunda dan Asal DaerahnyaTravel. Bagi para pecinta kuliner, Jawa Barat tak hanya terkenal dengan keindahan alamnya yang memukau, tetapi juga kekayaan budayanya yang terpancar melalui hidangan khas Sunda yang lezat dan menggoda selera. Perpaduan rasa gurih, pedas, dan segar dalam masakan Sunda selalu berhasil memanjakan lidah para penikmatnya.

Yuk, kita jalan-jalan kuliner sambil mengenal lebih dalam 10 makanan khas Sunda dan asal daerahnya.

Menjelajahi 10 Makanan Khas Sunda dan Asal Daerahnya

makanan khas sunda yang simple

Ingin menjelajahi petualangan kuliner Sunda yang tak terlupakan? Berikut 10 makanan khas Sunda dan asal daerahnya yang wajib kamu coba:

1. Empal Gentong – Cirebon

Empal gentong adalah daging sapi yang dimasak dengan bumbu rempah-rempah dalam gentong tanah liat selama berjam-jam, menghasilkan tekstur empuk dan rasa yang meresap sempurna. Empal gentong biasanya disajikan dengan nasi putih, sambal, dan lalapan.

2. Karedok – Bandung

Karedok adalah salah satu makanan khas Sunda yang terkenal dari Bandung. Hidangan ini terdiri dari sayuran segar seperti mentimun, kol, tauge, kacang panjang, dan kemangi yang disiram dengan bumbu kacang yang gurih dan pedas. Karedok bisa dibilang salad tradisional ala Sunda.

3. Sate Maranggi – Purwakarta

Sate Maranggi berasal dari Purwakarta dan berbeda dari sate pada umumnya karena menggunakan bumbu khas sebelum dibakar. Daging sapi atau kambing yang digunakan terlebih dahulu direndam dalam bumbu khas yang terdiri dari kecap manis, bawang putih, dan rempah-rempah lainnya. Hasilnya? Sate yang lembut dan penuh rasa.

4. Batagor – Bandung

Batagor, singkatan dari bakso tahu goreng, adalah camilan khas Bandung yang digemari banyak orang. Batagor biasanya disajikan dengan bumbu kacang yang lezat, sedikit kecap manis, dan perasan jeruk limau. Rasanya yang gurih dan teksturnya yang renyah membuatnya sulit ditolak.

makanan khas sunda yang unik

5. Nasi Timbel – Bandung

Nasi timbel adalah nasi yang dibungkus daun pisang dan biasanya disajikan dengan lauk seperti ayam goreng, tahu, tempe, dan lalapan. Asal usul nasi timbel berasal dari petani Sunda yang membawa bekal ke ladang, sehingga makanan ini praktis dan mengenyangkan.

Baca Juga:  Oleh-Oleh Bandung yang Viral: Rekomendasi Terbaru dan Terhits 2024

6. Lotek – Bandung

Mirip dengan gado-gado, lotek adalah makanan yang terdiri dari sayuran rebus seperti kangkung, bayam, dan kacang panjang yang disiram dengan bumbu kacang. Perbedaannya terletak pada bumbu yang lebih kental dan biasanya ditambahkan oncom yang telah dihaluskan. Lotek sering ditemukan di Bandung dan sekitarnya.

7. Mie Kocok – Bandung

Mie kocok adalah mie kuning yang disajikan dengan kuah kaldu sapi yang gurih, dilengkapi dengan potongan kikil, tauge, dan daun bawang. Makanan ini terkenal di Bandung dan sering disantap saat cuaca dingin karena kuahnya yang hangat dan mengenyangkan.

8. Pepes Ikan – Jawa Barat

Pepes ikan adalah salah satu hidangan tradisional Sunda yang populer di Jawa Barat. Ikan dibumbui dengan rempah-rempah seperti bawang merah, bawang putih, kemiri, kunyit, dan cabai, kemudian dibungkus dengan daun pisang dan dikukus. Rasanya yang khas dan aroma daun pisang membuatnya sangat istimewa.

9. Sayur Asem – Bogor

Sayur asem adalah sup sayuran yang memiliki rasa asam segar. Berasal dari daerah Bogor, sayur ini biasanya berisi kacang panjang, jagung manis, melinjo, dan labu siam yang dimasak dalam kuah asam yang segar. Cocok dinikmati saat makan siang di hari yang panas.

10. Seblak – Bandung

Seblak adalah makanan khas Bandung yang terbuat dari kerupuk basah yang dimasak dengan bumbu pedas. Hidangan ini biasanya ditambahkan dengan sayuran, telur, dan sosis atau bakso. Seblak dikenal dengan rasanya yang pedas dan kenyal, serta menjadi favorit anak muda.

Menjelajahi 10 makanan khas Sunda dan asal daerahnya tak hanya memanjakan lidah, tetapi juga membawa kita dalam petualangan budaya yang kaya dan penuh rasa. Setiap hidangan memiliki cerita dan tradisi yang unik, mencerminkan kearifan lokal masyarakat Sunda. Jadi, tunggu apa lagi? Ayo rasakan sendiri sensasi kuliner 10 makanan khas Sunda dan asal daerahnya yang tak terlupakan!

Baca Juga:  Bali Safari and Marine Park - Taman Safari dan Akuarium Terbesar di Bali!

Jelajah Kuliner Sunda dengan Get&Ride Sewa Mobil Bandung

Siap untuk petualangan di 10 makanan khas Sunda dan asal daerahnya yang tak terlupakan? Get&Ride sewa mobil Bandung siap membantu mewujudkan mimpimu! Sewa mobil di Bandung dengan Get&Ride dan jelajahi kekayaan kuliner Sunda dengan mudah dan nyaman.

Ayo, jadikan Get&Ride partner perjalanan kulinermu di Bandung dan ciptakan kenangan indah yang tak terlupakan!

Share this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *