Get and Ride Logo
Previous
Next

Tune Up Mobil Adalah Salah Satu Perawatan Rutin Mobil, Ketahui Selengkapnya!

tune up mobil adalah

Daftar Isi

Tune Up Mobil Adalah Salah Satu Perawatan Rutin Mobil, Ketahui Selengkapnya!Tips. Pernahkah kamu mendengar istilah “tune up mobil”? Bagi sebagian orang, istilah ini mungkin masih terdengar asing. Nah, di artikel ini, kita akan membahas lebih dalam tentang apa itu tune up mobil, manfaatnya, dan hal-hal penting yang perlu kamu ketahui.

Tune Up Mobil Adalah

biaya tune up mobil
Source: Shutterstock

Mobil adalah salah satu aset berharga bagi banyak orang. Kendaraan ini membantu kita dalam berbagai aktivitas sehari-hari, seperti bekerja, sekolah, dan bepergian. Agar mobil selalu dalam kondisi prima dan dapat diandalkan, penting untuk melakukan perawatan rutin, salah satunya adalah tune up.

Tune up mobil adalah proses pemeriksaan dan penyetelan berbagai komponen mesin dan sistem pendukungnya. Tujuannya tune up mobil adalah untuk memastikan mesin bekerja optimal, efisien, dan menghasilkan performa yang terbaik.

Apa Saja yang Diperiksa Saat Tune Up Mobil?

Beberapa komponen yang biasanya diperiksa saat tune up mobil adalah sebagai berikut:

  • Busi: Busi merupakan komponen penting dalam sistem pengapian. Busi yang aus atau kotor dapat menyebabkan mesin sulit dihidupkan, brebet, dan boros bahan bakar.
  • Filter udara: Filter udara berfungsi untuk menyaring kotoran dan debu yang masuk ke dalam mesin. Filter udara yang kotor dapat menghambat aliran udara dan menyebabkan mesin kurang bertenaga.
  • Filter bahan bakar: Filter bahan bakar berfungsi untuk menyaring kotoran dan air yang terdapat dalam bahan bakar. Filter bahan bakar yang kotor dapat menyebabkan mesin tersendat dan boros bahan bakar.
  • Oli mesin: Oli mesin berfungsi untuk melumasi komponen mesin agar tidak terjadi gesekan dan keausan. Oli mesin yang kotor atau kualitasnya menurun dapat menyebabkan mesin cepat panas dan berisik.
  • Sistem pengapian: Sistem pengapian terdiri dari berbagai komponen, seperti koil, kabel busi, dan distributor. Sistem pengapian yang bermasalah dapat menyebabkan mesin sulit dihidupkan, brebet, dan boros bahan bakar.
Baca Juga:  Ketahui Biaya Perpanjang STNK dan Ganti Plat Nomor Mobil di 2023

Kapan Waktu yang Tepat untuk Tune Up Mobil?

Waktu yang tepat untuk tune up mobil adalah tergantung pada jenis kendaraan dan intensitas penggunaannya. Namun, secara umum, tune up mobil disarankan dilakukan setiap 5.000 km – 10.000 km untuk mobil bensin dan setiap 10.000 km – 15.000 km untuk mobil diesel.

Selain itu, kamu juga perlu melakukan tune up mobil jika:

  • Mobil terasa kurang bertenaga
  • Mesin mobil brebet atau tersendat
  • Konsumsi bahan bakar boros
  • Asap knalpot berwarna hitam
  • Mobil mengeluarkan suara yang tidak biasa

Berapa Biaya Tune Up Mobil?

Biaya tune up mobil bervariasi tergantung pada jenis kendaraan, bengkel yang dipilih, dan layanan yang diberikan. Namun, secara umum, biaya tune up mobil berkisar antara Rp200.000 hingga Rp500.000.

Perbedaan Service dan Tune Up Mobil

Service mobil biasanya berfokus pada perawatan rutin, seperti mengganti filter udara, oli, dan komponen lainnya yang mudah rusak. Sementara tune up mobil lebih mendalam dan berfokus pada penyesuaian komponen-komponen inti mobil yang mempengaruhi kinerja mobil secara keseluruhan.

Apakah Tune Up Mobil Wajib?

Tune up mobil adalah kegiatan yang tidak dapat diabaikan oleh pemilik kendaraan. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memastikan kondisi mesin mobil tetap prima dan tidak mengalami masalah, mulai dari bagian air aki yang berfungsi dengan baik hingga karburator yang bersih dan bebas dari kotoran. Dengan melakukan tune up mobil secara teratur, pemilik kendaraan dapat mengurangi kemungkinan terjadinya masalah yang dapat mengganggu kinerja mobil dan meningkatkan keselamatan perjalanan.

Menikmati Bali dengan Get&Ride Sewa Mobil Bali

Bali, pulau yang dikenal dengan keindahan alam dan budayanya, selalu menjadi tujuan wisata favorit baik bagi wisatawan domestik maupun mancanegara. Namun, bagi wisatawan yang tidak ingin repot menyetir sendiri, Get&Ride Sewa Mobil Bali hadir sebagai solusi terbaik untuk menemani perjalanan Anda.

Baca Juga:  Cara Bayar Pajak Motor Online Atas Nama Orang Lain

Dengan menggunakan Get&Ride Sewa Mobil Bali, Anda dapat menikmati perjalanan di Bali dengan aman, nyaman, dan menyenangkan. 

Hubungi Get&Ride Sewa Mobil Bali sekarang juga untuk memesan mobil yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan menikmati perjalanan di Bali dengan lebih baik.

Share this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *