Get and Ride Logo
Previous
Next

7 Tips Liburan ala Backpacker: Nikmati Liburan Hemat dan Seru

backpacker

Daftar Isi

7 Tips Liburan ala Backpacker: Nikmati Liburan Hemat dan Seru. Liburan bukan hanya sekadar pergi ke tempat wisata populer dengan fasilitas yang lengkap dan harga yang mahal. Ada cara yang lebih hemat dan menyenangkan untuk berlibur, yaitu dengan menjadi seorang backpacker. Dengan menjadi backpacker, Anda dapat menjelajahi tempat-tempat yang jarang dikunjungi orang, bertemu dengan orang-orang baru, dan menghemat budget liburan Anda.

Namun, menjadi seorang backpacker juga memerlukan persiapan yang matang. Anda perlu menyiapkan segala sesuatunya sebelum berangkat, mulai dari persiapan fisik hingga pengaturan budget. Berikut adalah beberapa tips berlibur ala backpacker yang bisa membantu Anda merencanakan liburan hemat dan seru.

Tentukan Tujuan dan Rencanakan Rute Perjalanan

liburan ala backpacker
Source: pixabay

Sebelum berangkat, tentukan tujuan liburan Anda terlebih dahulu. Apakah Anda ingin mengeksplorasi tempat-tempat wisata alam atau tempat-tempat sejarah? Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam menentukan tujuan backpacking, seperti budget yang tersedia, durasi perjalanan, serta destinasi yang ingin dikunjungi. Setelah itu, buatlah rencana rute perjalanan Anda. Cari informasi mengenai tempat-tempat yang ingin Anda kunjungi, jarak antar tempat, dan transportasi yang akan Anda gunakan.

Jangan lupa untuk mencatat jam keberangkatan dan kedatangan transportasi yang akan Anda gunakan agar tidak tertinggal. Pastikan tujuan backpacking yang Anda pilih sesuai dengan budget dan durasi perjalanan yang dimiliki. Selain itu, pastikan juga destinasi yang dipilih memang sesuai dengan minat dan keinginan Anda, agar Anda bisa menikmati perjalanan dengan maksimal.

Baca Juga:  Kenapa Orang Bisa Mabuk Saat Naik Mobil

Perhatikan Budget

budget backpacker
Source: pixabay

Menjaga budget selama perjalanan adalah hal yang sangat penting, terutama jika Anda berlibur ala backpacker. Pastikan untuk membuat daftar pengeluaran dan memperhitungkan semua biaya yang akan dikeluarkan selama perjalanan. Pastikan juga untuk memperhitungkan biaya yang tidak terduga, seperti biaya darurat atau biaya transportasi alternatif jika terjadi masalah dengan transportasi utama yang direncanakan.

Penginapan menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi budget liburan Anda. Pilihlah penginapan yang sesuai dengan budget Anda, misalnya penginapan dengan fasilitas yang sederhana atau hostel yang menawarkan tempat tidur bersama dengan harga yang murah. Jangan lupa untuk membaca ulasan dari penginapan yang Anda pilih agar tidak mengecewakan.

Bawa barang bawaan yang cukup

packing ala backpacker
Source: Pixabay

Karena Anda akan berpindah-pindah tempat selama liburan, pastikan Anda membawa barang bawaan yang cukup, namun tidak terlalu banyak. Bawa hanya barang-barang yang penting seperti pakaian, alat mandi, dan perlengkapan tidur. Jangan lupa untuk membawa botol minum yang dapat diisi ulang untuk menghemat biaya air minum. Jangan bawa barang-barang yang tidak terlalu penting karena bisa memberatkan Anda saat harus berkeliling ala backpacker.

Gunakan transportasi umum

transportasi umum
Source: Pixabay

Selama liburan, gunakanlah transportasi umum seperti bus atau kereta api untuk menghemat budget transportasi. Jangan ragu untuk menanyakan informasi mengenai harga tiket dan jam keberangkatan transportasi yang akan Anda gunakan kepada petugas stasiun atau terminal.

Hindari menggunakan taksi atau kendaraan pribadi karena biayanya cenderung lebih mahal. Selain itu, dengan menggunakan transportasi umum, Anda juga bisa merasakan pengalaman yang berbeda dan mengenal lebih dekat dengan masyarakat setempat.

Jangan ragu untuk mencicipi makanan lokal

streetfood ala backpacker
Source: Unsplash

Makanan menjadi salah satu aspek yang tidak boleh dilewatkan selama liburan. Cobalah makanan lokal yang khas dari tempat yang Anda kunjungi. Makanan lokal biasanya lebih murah dibandingkan makanan di restoran yang ada di tempat wisata. Untuk menghemat biaya makanan, carilah warung atau pedagang kaki lima yang menyediakan makanan lokal dengan harga yang lebih murah. Selain harganya yang terjangkau, makanan lokal juga bisa memberikan pengalaman yang berbeda dan lebih autentik.

Baca Juga:  KIR Mobil adalah Uji Kelayakan Kendaraan, Ketahui Biaya dan Cara Daftarnya

Berkomunikasi dengan Lokal

Salah satu keuntungan dari berlibur ala backpacker adalah Anda bisa berinteraksi dengan orang baru dan mengenal budaya setempat. Jangan ragu untuk berbicara dengan orang yang ditemui dan belajar hal baru dari mereka. Untuk membuat perjalanan lebih mudah dan menyenangkan, berkomunikasi dengan lokal sangat diperlukan.

Anda bisa memanfaatkan teknologi seperti internet atau aplikasi travelling untuk mencari teman backpacker atau local guide yang bisa membantu Anda selama perjalanan. Selain itu, dengan berkomunikasi dengan lokal, Anda juga bisa mendapatkan informasi yang tidak tersedia di internet, seperti tips-tips aman dan rekomendasi tempat-tempat wisata yang tidak kalah menarik.

Jangan lupa membawa obat-obatan

obat backpacker
Source: Unsplash

Membawa obat-obatan seperti obat sakit kepala, obat flu, atau obat perut dapat membantu Anda jika tiba-tiba sakit selama liburan. Sebelum berangkat, pastikan untuk menyusun daftar obat-obatan yang perlu dibawa, termasuk dosis dan jadwal konsumsinya.

Pastikan untuk membawa obat yang cukup untuk keperluan selama perjalanan, serta cadangan untuk beberapa hari setelah tiba di tempat tujuan. Jangan membawa terlalu banyak obat yang tidak diperlukan, karena hal ini bisa membuat koper menjadi berat dan memakan tempat.

Bawa obat dalam tas atau koper yang mudah diakses, sehingga tidak sulit mencari obat jika dibutuhkan. Letakkan obat di tempat yang kering dan sejuk, dan jangan meletakkannya di tempat yang terkena sinar matahari langsung atau suhu yang terlalu panas.

Dengan mengikuti tips ala backpacker di atas, perjalanan backpacking bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan dan tak terlupakan. Tetap bijak dalam mengelola budget dan memperhatikan keamanan serta kesehatan selama perjalanan. Selalu berpikir positif dan terbuka untuk belajar hal baru. Selamat mencoba!

Jika Anda pergi dengan rombongan dan tidak menemukan banyak transportasi umum yang memadai, bisa menggunakan sewa mobil lepas kunci agar lebih hemat dan flexible. Dengan menggunakan sewa mobil lepas kunci, Anda bisa lebih flexible karena bisa menentukan tempat wisata pilihan yang sesuai.

Baca Juga:  Apakah Ukuran Koper 22 Inch Bisa Masuk Kabin Pesawat? Simak Selengkapnya!

Jika Anda melakukan liburan ala backpacker di Bali dengan rombongan, untuk menghemat biaya transportasi, Anda bisa sewa mobil di Bali dengan Get & Ride. Mereka menawarkan harga terjangkau mulai dari Rp 200 ribuan. Bisa menghemat pengeluaran backpacker dan juga liburan lebih flexible ke beberapa tempat yang sesuai dengan tujuan Anda.

Anda bisa langsung booking dan sewa mobil di website Get & Ride ataupun melaui aplikasi yang bisa di download di Play store maupun App Store.!

Share this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *