Get and Ride Logo
Previous
Next

Mengatasi Masalah Mobil Tidak Bisa Distarter Tapi Aki Bagus

mobil tidak bisa distarter tapi aki bagus

Daftar Isi

Mengatasi Masalah Mobil Tidak Bisa Distarter Tapi Aki BagusTips. Apakah Anda pernah mengalami situasi di mana mobil Anda tidak bisa distarter, meskipun aki mobil Anda dalam kondisi baik? Masalah ini seringkali membuat frustasi, terutama ketika Anda memiliki jadwal penting atau ingin segera berangkat. Namun, jangan khawatir! Artikel ini akan memberikan solusi dan panduan langkah demi langkah untuk mengatasi masalah “Mobil Tidak Bisa Distarter Tapi Aki Bagus.”

Mobil Tidak Bisa Distarter Tapi Aki Bagus: Mengapa Ini Terjadi?

kenapa mobil tidak bisa distarter tapi aki bagus

Sebelum kita membahas solusinya, penting untuk memahami mengapa masalah ini bisa terjadi. Ada beberapa alasan mengapa mobil Anda tidak bisa distarter meskipun aki dalam kondisi baik. Beberapa faktor yang mungkin menyebabkan masalah ini antara lain:

  1. Kerusakan Starter Motor: Starter motor adalah komponen yang bertanggung jawab untuk memutar mesin dan memulai mobil. Jika starter motor mengalami kerusakan atau aus, mobil tidak akan dapat distarter.
  2. Relai Starter Rusak: Relai starter adalah saklar elektromagnetik yang mengaktifkan starter motor ketika kunci kontak diputar. Jika relai starter rusak, arus tidak akan mengalir ke starter motor, sehingga mobil tidak bisa distarter.
  3. Masalah Kelistrikan: Beberapa masalah kelistrikan, seperti kabel yang longgar atau terputus, koneksi yang buruk, atau saklar yang rusak, dapat menghambat aliran listrik yang diperlukan untuk memulai mobil.
  4. Saklar Ignisi Bermasalah: Saklar ignisi adalah komponen yang mengaktifkan sistem pengapian mobil. Jika saklar ignisi bermasalah, sinyal untuk mengaktifkan starter motor mungkin tidak terkirim dengan benar.
  5. Kerusakan Pada Sistem Pengapian: Sistem pengapian yang rusak, seperti busi yang kotor atau rusak, kumparan pengapian yang aus, atau modul pengapian yang bermasalah, dapat menyebabkan masalah starter pada mobil.
Baca Juga:  Tips Bagaimana Menghilangkan Bau di Mobil

Sekarang kita telah memahami beberapa penyebab umum masalah “Mobil Tidak Bisa Distarter Tapi Aki Bagus,” mari kita bahas solusi untuk mengatasi masalah ini.

Solusi untuk Mengatasi Masalah Mobil Tidak Bisa Distarter Tapi Aki Bagus

solusi mobil tidak bisa distarter tapi aki bagus

1. Periksa Kondisi Aki Mobil Anda

Sebelum Anda melakukan langkah-langkah perbaikan yang lebih lanjut untuk mobil tidak bisa distarter tapi aki bagus, sangat penting untuk memastikan bahwa aki mobil Anda benar-benar dalam kondisi baik. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ikuti:

  • Periksa Terminal Aki: Pastikan terminal aki bebas dari korosi atau kotoran. Jika ada korosi, bersihkan terminal aki menggunakan sikat baja atau sikat kawat. Pastikan terminal terhubung secara kencang.
  • Periksa Tegangan Aki: Gunakan alat pengukur tegangan (voltmeter) untuk memeriksa tegangan aki. Pastikan tegangan aki berada dalam rentang normal, yaitu sekitar 12,6 hingga 12,8 volt.
  • Periksa Air Aki (Jika Diperlukan): Beberapa jenis aki memerlukan pemeriksaan dan pengisian air aki. Jika aki mobil Anda menggunakan jenis ini, pastikan tingkat air aki berada di atas batas minimum. Jika air aki rendah, tambahkan air dengan hati-hati.

Jika solusi mobil tidak bisa distarter tapi aki bagus masih belum bekerja, lanjutkan ke langkah berikutnya.

2. Periksa Fuse dan Relay Starter

Fuse dan relay starter adalah komponen penting dalam sistem starter mobil. Fuse melindungi komponen listrik mobil dari korsleting atau kenaikan arus yang berlebihan, sedangkan relay starter mengatur aliran listrik ke starter motor. Berikut adalah langkah-langkah untuk memeriksa fuse dan relay starter:

  1. Periksa Lokasi Fuse dan Relay Starter: Lokasi fuse dan relay starter dapat berbeda-beda tergantung pada model dan merek mobil Anda. Cari petunjuk di buku panduan mobil atau cari informasi di internet tentang lokasi fuse dan relay starter mobil Anda.
  2. Periksa Fuse Starter: Setelah menemukan fuse starter, periksa apakah fuse starter tersebut rusak. Jika fuse terlihat terbakar atau putus, gantilah dengan fuse yang baru dan sesuai dengan spesifikasi mobil Anda.
  3. Periksa Relay Starter: Setelah memeriksa fuse, periksa relay starter. Jika relay starter rusak atau tidak berfungsi, gantilah dengan relay starter yang baru dan sesuai dengan mobil Anda.
Baca Juga:  Efek Harga BBM Naik, Apakah Boleh Pertalite Campur Pertamax?

Setelah Anda memeriksa fuse dan relay starter, coba distarter mobil. Jika solusi mobil tidak bisa distarter tapi aki bagus masih belum bekerja, lanjutkan ke langkah berikutnya.

3. Cek Kelistrikan Mobil

Masalah pada kelistrikan mobil dapat menyebabkan mobil tidak bisa distarter tapi aki bagus. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk memeriksa kelistrikan mobil:

  • Periksa Kabel Aki: Periksa kabel aki mobil Anda. Pastikan kabel aki terhubung dengan baik ke terminal aki dan tidak ada kabel yang longgar atau terputus. Jika ada kabel yang longgar atau terputus, perbaiki atau gantilah kabel yang rusak.
  • Periksa Ground Kabel: Ground kabel menghubungkan bagian-bagian mobil dengan titik ground. Pastikan ground kabel terhubung dengan baik dan tidak ada korosi atau kotoran pada titik ground.
  • Periksa Saklar Ignisi: Periksa saklar ignisi dan pastikan kunci kontak berfungsi dengan baik. Jika saklar ignisi rusak, gantilah dengan yang baru.

Jika setelah memeriksa kelistrikan mobil, Jika solusi mobil tidak bisa distarter tapi aki bagus masih belum bekerja, lanjutkan ke langkah berikutnya.

4. Periksa Sistem Pengapian

Masalah pada sistem pengapian juga dapat menyebabkan mobil tidak bisa distarter. Berikut adalah beberapa langkah untuk memeriksa sistem pengapian:

  • Periksa Busi: Periksa kondisi busi. Jika busi kotor atau rusak, bersihkan atau gantilah dengan yang baru. Pastikan celah busi sesuai dengan spesifikasi mobil Anda.
  • Periksa Kumparan Pengapian: Periksa kumparan pengapian dan pastikan kumparan pengapian berfungsi dengan baik. Jika kumparan pengapian rusak, gantilah dengan yang baru.
  • Periksa Modul Pengapian: Jika mobil Anda dilengkapi dengan modul pengapian, periksa modul pengapian dan pastikan modul pengapian berfungsi dengan baik. Jika modul pengapian rusak, gantilah dengan yang baru.
Baca Juga:  Suspensi Mobil Adalah Komponen Yang Penting, Ketahui Fungsi, Jenis, dan Cara Kerjanya

Jika setelah memeriksa sistem pengapian, mobil masih tidak bisa distarter, disarankan untuk membawa mobil Anda ke bengkel terpercaya untuk diperiksa lebih lanjut oleh teknisi yang berpengalaman.

Jangan khawatir tentang masalah “mobil tidak bisa distarter tapi aki bagus” yang mungkin timbul selama perjalanan Anda. Di Bali, Anda dapat mengandalkan layanan sewa mobil dari Get&Ride, di mana Anda dapat menemukan mobil-mobil baru dengan harga yang terjangkau

FAQ

Share this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *