Get and Ride Logo
Previous
Next

Suspensi Mobil Adalah Komponen Yang Penting, Ketahui Fungsi, Jenis, dan Cara Kerjanya

suspensi mobil adalah

Daftar Isi

Suspensi Mobil Adalah Komponen Yang Penting, Ketahui Fungsi, Jenis, dan Cara KerjanyaTips. Suspensi mobil adalah salah satu komponen yang sangat penting dalam kendaraan bermotor. Fungsi utamanya adalah untuk menyerap guncangan dari jalan yang tidak rata, sehingga memberikan kenyamanan kepada penumpang dan menjaga stabilitas kendaraan.

Selain itu, suspensi juga berperan dalam mengontrol gerakan roda, mempertahankan traksi, dan memaksimalkan kontak antara ban dan jalan. Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut mengenai fungsi, jenis, dan cara kerja suspensi mobil.

Fungsi Suspensi Mobil Adalah

Fungsi utama suspensi mobil adalah untuk menyerap guncangan dari jalan yang tidak rata. Ketika mobil melaju di atas jalan yang bergelombang atau berlubang, suspensi akan bekerja untuk mengurangi getaran yang dirasakan oleh penumpang. Selain itu, suspensi juga berperan dalam:

  • Mengontrol gerakan roda
  • Mempertahankan traksi
  • Memaksimalkan kontak antara ban dan jalan
  • Menjaga stabilitas kendaraan
  • Meredam guncangan dari jalan yang tidak rata
  • Meningkatkan kenyamanan berkendara

Suspensi Mobil Ada Berapa Jenis?

suspensi mobil

Terdapat beberapa jenis suspensi mobil yang umum digunakan, antara lain:

  1. Suspensi Independen: Setiap roda bekerja secara independen, sehingga gerakan satu roda tidak mempengaruhi gerakan roda lainnya. Jenis suspensi ini memberikan kenyamanan yang lebih baik dan kontrol yang lebih baik atas kendaraan. Contoh suspensi independen adalah MacPherson strut, double wishbone, dan multi-link.
  2. Suspensi Non-Independen: Gerakan satu roda akan mempengaruhi gerakan roda lainnya. Jenis suspensi ini umumnya digunakan pada mobil-mobil dengan harga yang lebih terjangkau. Contoh suspensi non-independen adalah solid axle dan torsion beam.
  3. Suspensi Udara: Menggunakan udara sebagai media penyerap guncangan. Suspensi udara umumnya digunakan pada mobil-mobil mewah dan truk-truk berat.
  4. Suspensi Hidrolik: Menggunakan cairan hidrolik sebagai media penyerap guncangan. Suspensi hidrolik umumnya digunakan pada mobil-mobil mewah.
Baca Juga:  Surat Kuasa Perpanjang STNK: Fungsi dan Manfaatnya

Cara Kerja Suspensi Mobil

Cara kerja suspensi mobil dapat bervariasi tergantung pada jenis suspensi yang digunakan. Namun, secara umum, suspensi mobil bekerja dengan prinsip sebagai berikut:

  1. Pegas: Pegas berfungsi untuk menahan berat kendaraan dan menyerap guncangan dari jalan. Pegas dapat berupa pegas heliks, pegas daun, atau pegas udara.
  2. Peredam: Peredam berfungsi untuk mengontrol gerakan pegas dan mencegah getaran yang berlebihan. Peredam dapat berupa peredam geser, peredam tarik, atau peredam udara.
  3. Stabilizer: Stabilizer berfungsi untuk mengurangi kecenderungan mobil untuk miring saat berbelok. Stabilizer terhubung dengan suspensi kiri dan kanan melalui batang stabilizer.

Dimana letak suspensi pada mobil?

Suspensi mobil terletak antara roda dan bodi mobil. Suspensi menjadi penghubung antara roda dan bodi mobil, sehingga dapat menahan guncangan atau gerakan secara tiba-tiba yang datang dari roda mobil. Hal ini bertujuan agar bodi mobil tetap dalam posisi yang stabil, sehingga penumpang dapat berkendara dengan nyaman.

Komponen suspensi mobil adalah?

Beberapa komponen utama suspensi mobil adalah:

  • Per

Per adalah komponen suspensi yang berfungsi untuk menyerap guncangan dan getaran dari permukaan jalan. Per terbagi menjadi dua jenis, yaitu pegas koil dan pegas daun.

  • Shock absorber

Shock absorber adalah komponen suspensi yang berfungsi untuk meredam gerakan pegas. Shock absorber bekerja dengan memanfaatkan fluida yang akan mengalir di dalam tabung shock absorber.

  • Arm

Arm adalah komponen suspensi yang berfungsi untuk menghubungkan roda dengan bodi mobil. Arm terdiri dari beberapa jenis, yaitu upper arm, lower arm, dan tie rod.

  • Stabilizer bar

Stabilizer bar adalah komponen suspensi yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan mobil saat berbelok. Stabilizer bar terbuat dari batang besi yang menghubungkan roda kiri dan kanan.

  • Ball joint
Baca Juga:  Lampu Indikator Mobil Tidak Menyala Saat Kontak On: Penyebab dan Cara Mengatasinya

Ball joint adalah komponen suspensi yang berfungsi untuk memungkinkan roda bergerak ke segala arah. Ball joint terbuat dari bola yang terpasang pada arm.

Selain komponen utama tersebut, suspensi mobil juga memiliki beberapa komponen pendukung, yaitu:

  • Bushing

Bushing adalah komponen suspensi yang berfungsi untuk meredam gesekan antara komponen suspensi. Bushing terbuat dari karet atau plastik.

  • Bearing

Bearing adalah komponen suspensi yang berfungsi untuk mengurangi gesekan antara roda dan bodi mobil. Bearing terbuat dari logam.

  • Dust seal

Dust seal adalah komponen suspensi yang berfungsi untuk mencegah masuknya kotoran ke dalam komponen suspensi. Dust seal terbuat dari karet.

Suspensi mobil adalah komponen yang sangat penting dalam kendaraan bermotor. Fungsi utamanya adalah untuk menyerap guncangan dari jalan yang tidak rata, sehingga memberikan kenyamanan kepada penumpang dan menjaga stabilitas kendaraan. Benarkah Salah Satu Penyebab Suspensi Depan Terasa Keras Adalah Karena Kapasitas Minyak? Pelajari lebih lanjut.

Terdapat beberapa jenis suspensi mobil yang umum digunakan, antara lain suspensi independen, suspensi non-independen, suspensi udara, dan suspensi hidrolik. Cara kerja suspensi mobil dapat bervariasi tergantung pada jenis suspensi yang digunakan, namun secara umum suspensi mobil bekerja dengan prinsip pegas, peredam, dan stabilizer.

Get&Ride adalah perusahaan penyewaan mobil di Bali yang menawarkan berbagai jenis mobil dengan harga terjangkau. Jika liburan ke Bali bisa sewa mobil di Get&Ride, menjamin kenyamanan, fleksibilitas, dan layanan berkualitas kepada pelanggan mereka.

FAQ

Share this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *