Get and Ride Logo
Previous
Next

Penggantian Oli Transmisi pada Mobil Manual Setiap Jarak Tempuh pada Kelipatan Berapa?

penggantian oli transmisi pada mobil manual setiap jarak tempuh pada kelipatan

Daftar Isi

Penggantian Oli Transmisi pada Mobil Manual Setiap Jarak Tempuh pada Kelipatan Berapa? Tips. Oli transmisi pada mobil manual merupakan salah satu komponen penting yang harus diperhatikan. Oli transmisi berfungsi untuk melumasi dan mendinginkan komponen-komponen transmisi agar tetap berfungsi dengan baik. Namun, seiring dengan penggunaan mobil, kualitas oli transmisi akan menurun dan perlu diganti secara berkala. Berapa jarak tempuh yang tepat untuk mengganti oli transmisi pada mobil manual? 

Penggantian Oli Transmisi pada Mobil Manual Setiap Jarak Tempuh pada Kelipatan Berapa Saja

oli transmisi
Source: shutterstock

Penggantian oli transmisi pada mobil manual setiap jarak tempuh pada kelipatan tertentu, biasanya pada kelipatan. Berikut adalah panduan umum untuk menggantinya:

1. Jarak Tempuh 30.000 Kilometer

Pertama, penggantian oli transmisi pada mobil manual setiap jarak tempuh pada kelipatan 30.000 kilometer pertama, Anda sebaiknya mempertimbangkan untuk mengganti oli transmisi. Ini adalah langkah awal untuk menjaga transmisi dalam kondisi baik.

2. Jarak Tempuh 60.000 Kilometer

Pada jarak tempuh 60.000 kilometer, penggantian oli transmisi sebaiknya menjadi prioritas. Ini adalah langkah penting untuk mencegah kerusakan yang lebih serius.

3. Jarak Tempuh 90.000 Kilometer

Setelah mencapai jarak tempuh 90.000 kilometer, penggantian oli transmisi adalah suatu keharusan. Ini akan membantu memastikan bahwa transmisi tetap beroperasi dengan baik.

4. Jarak Tempuh 120.000 Kilometer

Terakhir, bisa dilakukan penggantian oli transmisi pada mobil manual setiap jarak tempuh pada kelipatan 120.000 kilometer, Anda harus menjadwalkan penggantian oli transmisi. Ini akan membantu memperpanjang umur pakai transmisi Anda.

Interval Penggantian Oli Transmisi pada Mobil Manual

Berikut ini adalah interval penggantian oli transmisi pada mobil manual setiap jarak tempuh pada kelipatan berikut:

  • Mobil baru: 20.000 km
  • Mobil dengan jarak tempuh 50.000 km ke atas: 20.000 km atau 1 tahun
  • Mobil yang sering digunakan di medan berat: 10.000 km atau 6 bulan
Baca Juga:  10 Tips Mix and Match Outfit yang Cocok untuk ke Pantai Biar Lebih Kece

Mengapa Penting untuk Mengganti Oli Transmisi secara Berkala?

transmisi mobil manual
Source: shutterstock
  1. Pencegahan Kerusakan Transmisi
    Penggantian oli transmisi secara teratur dapat membantu mencegah kerusakan pada transmisi mobil Anda. Oli yang kotor atau terlalu usang dapat menyebabkan gesekan berlebihan dan keausan pada komponen transmisi.
  2. Peningkatan Kinerja
    Oli transmisi yang baru akan meningkatkan kinerja transmisi Anda. Anda akan merasakan perubahan positif dalam perpindahan gigi dan respons kendaraan.
  3. Penghematan Biaya dalam Jangka Panjang
    Meskipun mengganti oli transmisi mungkin memerlukan biaya awal, tindakan ini dapat menghemat uang dalam jangka panjang dengan mencegah kerusakan serius yang memerlukan perbaikan mahal.

Tanda-tanda Oli Transmisi yang Perlu Diganti

Selain mengikuti panduan jarak tempuh, Anda juga perlu memperhatikan tanda-tanda berikut yang menunjukkan bahwa oli transmisi perlu diganti:

a. Warna Oli yang Kotor

Jika oli transmisi berubah menjadi kotor atau berwarna coklat keabu-abuan, itu adalah tanda bahwa oli sudah usang dan perlu diganti.

b. Bau yang Tidak Wajar

Bau yang tidak biasa atau amis dari transmisi dapat mengindikasikan masalah pada oli. Penggantian mungkin diperlukan.

c. Kinerja yang Tidak Lancar

Jika Anda merasa ada masalah dalam perpindahan gigi atau perubahan respons saat mengemudi, mungkin saatnya untuk mengganti oli transmisi.

Faktor-Faktor yang Memengaruhi Interval Penggantian Oli Transmisi

Selain Penggantian oli transmisi pada mobil manual setiap jarak tempuh pada kelipatan tertentu, ada beberapa faktor lain yang dapat memengaruhi interval penggantian oli transmisi, yaitu:

  • Gaya berkendara: Mobil yang sering digunakan untuk berkendara agresif atau di medan berat membutuhkan penggantian oli transmisi yang lebih sering.
  • Kondisi cuaca: Mobil yang sering digunakan di daerah dengan cuaca panas membutuhkan penggantian oli transmisi yang lebih sering.
  • Kualitas oli transmisi: Oli transmisi berkualitas rendah dapat lebih cepat terurai dan membutuhkan penggantian yang lebih sering.
Baca Juga:  Kendaraan Plat Nomor Putih Artinya Apa? Simak Selengkapnya

Penggantian oli transmisi pada mobil manual setiap jarak tempuh pada kelipatan tertentu adalah langkah penting dalam menjaga kinerja transmisi dan mencegah kerusakan. Dengan mengikuti panduan jarak tempuh dan memperhatikan tanda-tanda perlu penggantian, Anda dapat memastikan bahwa transmisi mobil Anda tetap beroperasi dengan baik.

Liburan di Bali dengan Get&Ride Rental Mobil Bali adalah pilihan yang cerdas untuk menjadikan perjalanan Anda lebih nyaman dan tak terlupakan. Kami menyediakan beragam mobil dalam performa terbaik dengan harga yang sangat terjangkau.

FAQ

Share this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *