Get and Ride Logo
Previous
Next

Mobil LCGC adalah Mobil Ramah Lingkungan. Apa Saja Keunggulannya?

mobil lcgc adalahx

Daftar Isi

Mobil LCGC adalah Mobil Ramah Lingkungan. Apa Saja Keunggulannya?Tips. Mobil Low Cost Green Car (LCGC) kini semakin populer di Indonesia. Disini akan membahas jenis mobil apa saja yang masuk dalam kategori LCGC, apa yang membuat sebuah mobil disebut LCGC, serta keistimewaan dari mobil-mobil ini.

Mobil LCGC adalah?

Mobil LCGC adalah mobil Low Cost Green Car, adalah mobil yang memenuhi standar emisi gas buang rendah dan memiliki harga yang terjangkau. Mobil ini biasanya didesain untuk efisiensi bahan bakar yang tinggi, sehingga ramah lingkungan dan lebih hemat biaya. Mobil ini diproduksi dengan mesin berkapasitas maksimal 1.200 cc dan memenuhi standar emisi Euro 4.

Mobil LCGC adalah mobil yang menjadi populer di Indonesia karena harganya yang terjangkau. Harga mobil LCGC di Indonesia saat ini mulai dari Rp 100 jutaan, jauh lebih murah dibandingkan mobil kelas di atasnya. Selain itu, mobil LCGC juga memiliki konsumsi bahan bakar yang irit, sehingga cocok untuk digunakan di perkotaan yang macet.

Mobil Apa Saja yang Masuk LCGC?

mobil lcgc
Source: gramedia.com

Mobil-mobil yang masuk dalam kategori mobil LCGC adalah mobil yang memenuhi persyaratan dari pemerintah Indonesia. Persyaratan tersebut meliputi:

  • Harga jual maksimal 150 juta rupiah (sebelum pajak)
  • Konsumsi bahan bakar minimal 20 km/liter
  • Mesin dengan kapasitas maksimal 1.200 cc untuk mesin bensin dan 1.500 cc untuk mesin diesel
  • Memiliki fitur keselamatan minimal airbag untuk pengemudi

Beberapa mobil yang masuk dalam kategori mobil LCGC adalah:

  • Toyota Agya
  • Daihatsu Ayla
  • Honda Brio Satya
  • Suzuki Karimun Wagon R
  • Datsun Go Panca
  • Mitsubishi Mirage

Kelebihan mobil LCGC

Berikut adalah beberapa kelebihan mobil LCGC adalah:

  • Harga terjangkau
Baca Juga:  Kepanjangan dari Sistem Rem ABS adalah? Ketahui Fungsi dan Cara kerjanya

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, harga mobil LCGC di Indonesia sangat terjangkau, mulai dari Rp 100 jutaan. Hal ini membuat mobil LCGC menjadi pilihan yang tepat bagi masyarakat yang ingin memiliki mobil dengan budget terbatas.

  • Hemat bahan bakar

Mobil LCGC memiliki mesin yang irit bahan bakar. Konsumsi bahan bakar mobil LCGC rata-rata di atas 15 km/liter. Hal ini membuat mobil LCGC menjadi pilihan yang tepat bagi masyarakat yang ingin menghemat pengeluaran untuk bahan bakar.

  • Ramah lingkungan

Mobil LCGC memenuhi standar emisi Euro 4, yang berarti emisi gas buang mobil ini lebih rendah dibandingkan mobil kelas di atasnya. Hal ini membuat mobil LCGC menjadi pilihan yang tepat bagi masyarakat yang peduli terhadap lingkungan.

  • Mudah dirawat

Mobil LCGC memiliki komponen yang sederhana dan mudah diperbaiki. Hal ini membuat biaya perawatan mobil LCGC lebih terjangkau dibandingkan mobil kelas di atasnya.

  • Durable

Mobil LCGC dirancang untuk dapat bertahan lama. Mobil ini memiliki struktur yang kokoh dan komponen yang berkualitas.

Kekurangan mobil LCGC

Berikut adalah beberapa kekurangan mobil LCGC:

  • Ruang kabin terbatas

Mobil LCGC memiliki ukuran yang relatif kecil, sehingga ruang kabinnya juga terbatas. Hal ini dapat membuat penumpang merasa tidak nyaman, terutama jika mobil digunakan untuk perjalanan jarak jauh.

  • Performa mesin kurang bertenaga

Mobil LCGC memiliki mesin berkapasitas maksimal 1.200 cc. Hal ini membuat performa mesin mobil LCGC kurang bertenaga, terutama saat digunakan untuk mengangkut beban berat atau berakselerasi.

Apakah Avanza Termasuk Mobil LCGC?

Tidak, Avanza bukan termasuk mobil LCGC. Meskipun harganya terjangkau, Avanza memiliki mesin dengan kapasitas lebih dari 1.200 cc sehingga tidak memenuhi persyaratan LCGC.

Baca Juga:  Ketahui Beda Aki Soak dan Kurang Setrum

Apakah Datsun Termasuk LCGC?

Datsun Go Panca masuk dalam kategori LCGC karena memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia.

Honda Jazz Masuk dalam Kategori Mobil Apa?

Honda Jazz masuk dalam kategori mobil hatchback. Meskipun harganya terjangkau, Honda Jazz tidak termasuk dalam kategori LCGC karena mesinnya memiliki kapasitas lebih dari 1.200 cc.

Mobil LCGC adalah pilihan yang tepat bagi masyarakat yang ingin memiliki mobil dengan harga terjangkau, hemat bahan bakar, dan ramah lingkungan. Namun, perlu diingat bahwa mobil LCGC juga memiliki beberapa kekurangan, seperti ruang kabin yang terbatas dan performa mesin yang kurang bertenaga.

Bali, pulau yang penuh keindahan alam dan budaya, menawarkan pengalaman liburan yang tak terlupakan. Agar liburan Anda lebih fleksibel dan tak terbatas, manfaatkan layanan sewa mobil dari getadnride.com.

Share this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *