Get and Ride Logo
Previous
Next

Ketahui Apa Huruf Kendaraan Bermotor Provinsi Bali

Apa Huruf Kendaraan Bermotor Provinsi Bali?

Daftar Isi

Ketahui Apa Huruf Kendaraan Bermotor Provinsi BaliTips. Berikut adalah panduan lengkap tentang apa huruf kendaraan bermotor provinsi Bali. Di dalam artikel ini, kita akan menjelajahi semua yang perlu Anda ketahui tentang apa huruf kendaraan bermotor provinsi Bali dan tata letak nomor kendaraannya. Bagi para pemilik kendaraan di Bali, mengetahui kode huruf pada nomor plat kendaraan sangatlah penting. Kode huruf tersebut memberikan informasi tentang asal daerah kendaraan dan berfungsi sebagai identitas unik. Kami akan mengajak Anda untuk memahami lebih dalam tentang apa huruf kendaraan bermotor provinsi Bali dan memastikan Anda mendapatkan informasi yang akurat dan bermanfaat mengenai topik ini.

Apa Huruf Kendaraan Bermotor Provinsi Bali?

plat nomor bali
Source: Tokopedia.com/3nomor

Apa huruf kendaraan bermotor provinsi Bali? Pertanyaan ini sering muncul bagi banyak orang, terutama bagi mereka yang baru pertama kali mengenal tentang kode huruf kendaraan di Indonesia. Huruf kendaraan bermotor provinsi Bali adalah bagian dari sistem nomor plat kendaraan yang digunakan untuk mengidentifikasi daerah asal dari kendaraan di provinsi Bali.

Jika Anda sering berkendara di Bali, pasti pernah melihat kendaraan dengan huruf yang berbeda dari kendaraan lainnya. Huruf tersebut menunjukkan asal daerah kendaraan tersebut terdaftar. Lalu, apa huruf kendaraan bermotor Provinsi Bali? 

Huruf Kendaraan Bermotor Provinsi Bali

Huruf kendaraan bermotor Provinsi Bali adalah “DK”. Huruf ini merupakan kode plat nomor kendaraan yang berlaku di seluruh wilayah Bali, baik itu kendaraan bermotor roda dua maupun roda empat.

Nomor Registrasi dan Kode Sub Wilayah

Selain huruf “DK”, setiap kendaraan bermotor di Bali juga memiliki nomor registrasi dan kode sub wilayah yang berbeda-beda. Nomor registrasi kendaraan di Bali terdiri dari tiga angka, sedangkan kode sub wilayah terdiri dari satu huruf.

Baca Juga:  Rental Mobil Lepas Kunci untuk Solusi Liburan yang Lebih Nyaman dan Seru!

Tata Letak Kode Huruf Kendaraan Bermotor di Bali

Sekarang, mari kita pelajari tentang tata letak kode huruf kendaraan bermotor di Bali. Plat nomor kendaraan bermotor mengandung kode huruf dan angka yang memiliki arti masing-masing dan menunjukkan informasi penting tentang kendaraan tersebut. Berikut adalah penjelasan arti dari setiap kode pada plat nomor:

Apa Huruf Kendaraan Bermotor Provinsi Bali
Source: pemerintahkota.com
  1. Huruf Depan: Kode Huruf Depan: Huruf pertama pada plat nomor kendaraan menunjukkan wilayah asal rayon atau daerah penerbitan plat nomor. Setiap wilayah atau provinsi memiliki kode huruf depan yang unik. Seperti Plat DK adalah kode identitas kendaraan yang hanya digunakan di wilayah Bali, yang meliputi Denpasar, Buleleng, Badung, Bangli, Jembrana, Gianyar, dan wilayah lainnya di pulau Bali.
  2. Angka Seri Tengah: Setelah huruf depan, Anda akan menemukan empat angka yang membentuk seri unik untuk setiap kendaraan di wilayah tersebut. Angka seri ini memberikan identitas khusus untuk kendaraan tersebut. Selain itu juga sebagai urutan nomor polisi saat kendaraan didaftarkan.
  3. Huruf Belakang: Huruf belakang ini biasanya menunjukkan asal wilayah Kota dan Kabupaten.

Kode huruf belakang plat DK berbeda untuk setiap wilayah, sebagai berikut:

Asal Kota/KabKode Huruf BelakangContoh
Kota DenpasarA/B/C/D/E/I/Q/XDK 1234 AD
Kab. BadungF/J/ODK 1234 FI
Kab. BangliP/RDK 1234 PN
Kab. BulelengU/VDK 1234 UR
Kab. GianyarK/LDK 1234 KF
Kab. JembranaW/ZDK 1234 WX
Kab. KarangasemS/TDK 1234 SU
Kab. KlungkungM/NDK 1234 NF
Kab. TabananG/HDK 1234 GI

Pada contoh plat DK di atas, jumlah huruf belakang berbeda-beda. Namun, menurut peraturan terbaru, jumlah huruf belakang akan disamakan menjadi tiga huruf.

Plat nomor bali
Source: dinaspendapatan.com
  • Kode huruf pertama menunjukkan asal wilayah Kota atau Kabupaten. Huruf “W” menunjukkan asal wilayah Jembrana.
  • Kode huruf kedua menunjukkan jenis dan golongan kendaraan. Huruf “A” menunjukkan kode jenis sedan.
  • Kode huruf ketiga adalah pembeda dengan memiliki susunan tertentu. Huruf “E” adalah huruf pembeda.
Baca Juga:  Berapa Biaya Melukat di Bali?

Sebagai contoh, plat DK 1234 WAP menunjukkan bahwa kendaraan tersebut berasal dari wilayah Jembrana, jenisnya sedan, dan merupakan kendaraan pribadi.

Dengan menyelesaikan panduan ini, Anda sekarang telah memahami secara mendalam tentang apa huruf kendaraan bermotor provinsi Bali. Kode huruf ini memberikan informasi tentang asal daerah kendaraan dan menjadi identitas unik untuk setiap kendaraan di wilayah tersebut.

Jika Anda ingin menjelajahi Bali dengan mudah, nyaman, dan hemat biaya, maka sewa mobil di Get&Ride Rental Car Bali adalah pilihan yang tepat untuk Anda.

FAQ

Share this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *