Get and Ride Logo
Previous
Next

Apa Penyebab Indikator Oli Kadang Nyala Kadang Mati? Ketahui juga Cara Penanganannya

indikator oli kadang nyala kadang mati

Daftar Isi

Apa Penyebab Indikator Oli Kadang Nyala Kadang Mati? Ketahui juga Cara PenanganannyaTips. Indikator oli adalah salah satu indikator penting yang ada di dashboard mobil. Indikator ini berfungsi untuk memberikan informasi kepada pengemudi tentang kondisi oli mesin. Jika lampu indikator oli menyala, itu menandakan bahwa ada masalah pada sistem pelumasan mesin.

Masalah pada sistem pelumasan mesin bisa terjadi karena berbagai faktor, salah satunya adalah indikator oli yang kadang nyala kadang mati. Lantas, apa penyebab indikator oli kadang nyala kadang mati?

Penyebab indikator oli kadang nyala kadang mati

indikator oli mesin
Source: medcom.id

Secara umum, ada tiga penyebab indikator oli kadang nyala kadang mati, yaitu:

  • Kerusakan sensor tekanan oli

Sensor tekanan oli berfungsi untuk mendeteksi tekanan oli mesin. Jika sensor ini rusak, maka tekanan oli mesin tidak dapat terdeteksi dengan akurat. Akibatnya, lampu indikator oli bisa menyala tiba-tiba, bahkan saat mesin dalam kondisi normal.

  • Volume oli mesin berkurang

Oli mesin berfungsi untuk melumasi komponen-komponen mesin, sehingga mencegah terjadinya gesekan. Jika volume oli mesin berkurang, maka pelumasan pada komponen mesin menjadi berkurang. Akibatnya, tekanan oli mesin juga bisa berkurang. Jika tekanan oli mesin turun di bawah batas normal, maka lampu indikator oli akan menyala.

  • Pompa oli rusak

Pompa oli berfungsi untuk mengalirkan oli mesin ke seluruh komponen mesin. Jika pompa oli rusak, maka oli mesin tidak dapat dialirkan dengan lancar. Akibatnya, tekanan oli mesin juga bisa berkurang. Jika tekanan oli mesin turun di bawah batas normal, maka lampu indikator oli akan menyala.

Kenapa indikator oil change menyala padahal sudah ganti oli?

Indikator oil change menyala untuk mengingatkan pengemudi bahwa waktunya untuk mengganti oli. Indikator ini umumnya akan menyala setelah mobil menempuh jarak tertentu atau setelah waktu tertentu.

Baca Juga:  Mengatasi Masalah Mobil Tidak Bisa Distarter Tapi Aki Bagus

Jika indikator oil change menyala padahal sudah ganti oli, maka kemungkinan besar ada masalah pada sensor oil level. Sensor oil level berfungsi untuk mendeteksi ketinggian oli mesin. Jika sensor ini rusak, maka ketinggian oli mesin tidak dapat terdeteksi dengan akurat. Akibatnya, indikator oil change akan menyala, meskipun oli mesin sudah diganti.

Cara mengatasi indikator oli kadang nyala kadang mati

Jika lampu indikator oli kadang nyala kadang mati, maka sebaiknya Anda segera menepi dan mematikan mesin. Setelah itu, Anda bisa melakukan langkah-langkah berikut ini untuk mengatasi masalah indikator oli kadang nyala kadang mati:

  1. Periksa kondisi oli mesin

Periksa level oli mesin dengan dipstick. Jika level oli mesin kurang, maka tambahkan oli mesin hingga mencapai level yang direkomendasikan.

  1. Cari tahu gejala dan sumber kebocoran oli

Jika level oli mesin sudah cukup, maka cari tahu gejala dan sumber kebocoran oli. Jika ada kebocoran oli, maka segera perbaiki kebocoran tersebut.

  1. Menambahkan volume oli dan memeriksa indikator oli

Jika tidak ada kebocoran oli, maka tambahkan volume oli mesin hingga mencapai level yang direkomendasikan. Setelah itu, nyalakan mesin dan periksa apakah lampu indikator oli masih menyala.

  1. Menghubungi jasa derek mobil

Jika lampu indikator oli masih menyala setelah Anda melakukan langkah-langkah di atas, maka sebaiknya Anda menghubungi jasa derek mobil untuk membawa mobil Anda ke bengkel.

Tindakan Jika Lampu Indikator Oli Menyala Saat Kendaraan Berjalan

  1. Matikan mesin: Matikan mesin agar menghentikan lampu indikator oli menyala.
  2. Perbaiki kesalahan: Perbaiki kerusakan yang menyebabkan lampu indikator oli menyala, seperti sensor tekanan oli, volume oli berkurang, atau kerusakan pada pompa oli.
  3. Bawa mobil ke bengkel: Jika lampu indikator oli menyala dan Anda tidak dapat mengatasinya, bawa mobil ke bengkel pribadi atau towing untuk perbaikan oleh profesional.
Baca Juga:  Tutorial Cara Cek Pajak Kendaraan Bali Tanpa NIK

Dalam menghadapi indikator oli yang kadang nyala kadang mati, pemahaman yang baik tentang penyebabnya dan tindakan pencegahan sangat penting. Melalui perawatan berkala, pemeriksaan tingkat minyak yang tepat, dan pengetahuan mendalam tentang sistem kendaraan, mesin mobil akan tetap sehat dan menghindari masalah yang tidak diinginkan.

Baca juga tentang simbol – simbol indikator lain pada mobil: 20 Simbol Simbol Arti Lampu Indikator pada Mobil yang Perlu Diketahui 

Jika Anda berencana pergi ke Bali, tidak perlu khawatir tentang masalah indikator oli yang kadang nyala kadang mati. Anda dapat dengan mudah menyiasatinya dengan menyewa mobil dari Get&Ride Bali. Di sini, semua mobil yang disewakan adalah unit terbaru dan dijamin dalam kondisi prima.

FAQ

Share this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *