Get and Ride Logo
Previous
Next

Biaya Servis Mobil di Bengkel Umum, Lebih Murah dari Dealer?

biaya servis mobil di bengkel umum

Daftar Isi

Biaya Servis Mobil di Bengkel Umum, Lebih Murah dari Dealer?Tips. Servis mobil yang teratur adalah bagian penting dari pemeliharaan kendaraan. Namun, ketika datang ke biaya servis, banyak pemilik mobil yang bingung antara memilih bengkel umum atau dealer. Salah satu pertanyaan yang sering diajukan adalah apakah biaya servis mobil di bengkel umum lebih murah daripada di dealer.

Service Mobil

servis mobil
Source: otomotif.kompas.com

Ada dua jenis bengkel mobil yang bisa dipilih oleh pemilik mobil, yaitu bengkel resmi dan bengkel umum. Bengkel resmi adalah bengkel yang dimiliki oleh dealer atau agen pemegang merek (APM) mobil tertentu. Sementara itu, bengkel umum adalah bengkel yang berdiri secara mandiri dan melayani semua merek dan jenis mobil.

Salah satu pertimbangan yang sering menjadi pilihan pemilik mobil adalah biaya servis. Biaya servis mobil di bengkel umum umumnya lebih murah dari bengkel resmi. Namun, ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan untuk servis mobil di bengkel umum.

Perbedaan Antara Bengkel Umum dan Dealer Resmi

Untuk memahami perbandingan biaya servis, penting untuk mengetahui perbedaan antara bengkel umum dan dealer resmi. Dealer resmi adalah tempat yang dioperasikan oleh pabrikan mobil itu sendiri, sementara bengkel umum adalah bisnis independen yang melayani berbagai merek mobil.

Perbedaan Biaya Servis Mobil di Bengkel Umum dan Dealer

Ada beberapa faktor yang menyebabkan biaya servis mobil di bengkel umum lebih murah dari bengkel resmi, antara lain:

  • Biaya tenaga kerja: Bengkel umum umumnya memiliki biaya tenaga kerja yang lebih murah dari bengkel resmi. Hal ini karena bengkel umum tidak perlu membayar royalti kepada APM.
  • Harga spare part: Bengkel umum umumnya menggunakan spare part non-original yang harganya lebih murah dari spare part original.
  • Kelengkapan peralatan: Bengkel umum umumnya memiliki peralatan yang tidak selengkap bengkel resmi. Hal ini menyebabkan proses servis mobil di bengkel umum menjadi lebih cepat dan efisien.
Baca Juga:  Apakah Pengaruh Penggunaan Bahan Solar pada Mesin Diesel?

Biaya Servis Mobil di Bengkel Umum

Biaya servis mobil di bengkel umum bervariasi, tergantung pada jenis mobil, komponen yang diservis, dan bengkel umum yang dipilih. Umumnya, biaya servis mobil di bengkel umum berkisar antara Rp300.000 hingga Rp2.000.000.

Berikut adalah beberapa contoh biaya servis mobil di bengkel umum:

  • Ganti oli: Rp150.000 – Rp300.000
  • Tune up: Rp300.000 – Rp1.000.000
  • Ganti kampas rem: Rp200.000 – Rp500.000
  • Ganti ban: Rp500.000 – Rp2.000.000
  • Ganti aki: Rp300.000 – Rp500.000

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Biaya Servis Mobil

Beberapa faktor yang mempengaruhi biaya servis mobil antara lain:

  • Jenis Mobil: Biaya servis mobil dapat bervariasi tergantung pada jenis mobil yang Anda miliki. Mobil mewah cenderung memiliki biaya servis yang lebih tinggi daripada mobil biasa.
  • Usia Mobil: Mobil yang lebih tua mungkin memerlukan perawatan dan perbaikan yang lebih intensif, yang dapat meningkatkan biaya servis.
  • Lokasi: Biaya servis mobil juga dapat bervariasi tergantung pada lokasi bengkel. Bengkel di daerah perkotaan cenderung memiliki biaya yang lebih tinggi daripada bengkel di daerah pedesaan.
  • Garansi: Jika mobil Anda masih dalam garansi, Anda mungkin harus membawanya ke dealer untuk servis agar garansi tetap berlaku. Namun, setelah garansi habis, Anda bebas memilih bengkel umum.

Keuntungan dan Kerugian Bengkel Umum

Bengkel umum menawarkan beberapa keuntungan, antara lain:

  • Biaya Lebih Murah: Bengkel umum cenderung memiliki biaya servis yang lebih rendah daripada dealer.
  • Pelayanan Cepat: Karena bengkel umum melayani berbagai jenis mobil, mereka biasanya memiliki stok suku cadang yang lebih lengkap, sehingga dapat melakukan servis dengan cepat.

Namun, ada juga beberapa kerugian menggunakan bengkel umum, seperti:

  • Kualitas Pekerjaan yang Kurang Baik: Beberapa bengkel umum mungkin tidak memiliki mekanik yang terlatih dengan baik, yang dapat memengaruhi kualitas pekerjaan.
  • Ketersediaan Suku Cadang: Bengkel umum mungkin tidak selalu memiliki suku cadang yang Anda butuhkan, terutama untuk mobil yang jarang.
Baca Juga:  Tutorial Cara Cek Pajak Kendaraan Bali Tanpa NIK

Keuntungan dan Kerugian Dealer

Dealer juga memiliki beberapa keuntungan, antara lain:

  • Keahlian Merek: Dealer umumnya memiliki mekanik yang terlatih khusus untuk mobil-mobil tertentu, sehingga mereka dapat memberikan pelayanan yang lebih baik.
  • Suku Cadang Asli: Dealer biasanya memiliki suku cadang asli, yang dapat meningkatkan kualitas perbaikan.

Namun, ada juga beberapa kerugian menggunakan dealer, seperti:

  • Biaya Lebih Tinggi: Dealer cenderung memiliki biaya servis yang lebih tinggi daripada bengkel umum.
  • Pelayanan yang Lambat: Karena dealer melayani banyak pelanggan, waktu tunggu untuk servis bisa lebih lama.

Apakah biaya servis mobil di bengkel umum lebih murah daripada di dealer? Biaya servis mobil di bengkel umum umumnya lebih murah dari bengkel resmi. Namun, ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan untuk servis mobil di bengkel umum, antara lain kualitas pengerjaan, jenis mobil, usia mobil, lokasi, garansi, dan spare part.

Jika Anda berencana ke Bali, sewa mobil dengan Get&Ride bisa menjadi pilihan yang baik. Get&Ride adalah perusahaan penyewaan mobil yang populer di Bali, dan mereka menawarkan berbagai pilihan mobil untuk memenuhi kebutuhan perjalanan.

FAQ

Share this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *