Get and Ride Logo
Previous
Next

Apakah Bisa Naik Pesawat Pakai Fotokopi KTP? Simak Jawabannya!

apakah bisa naik pesawat pakai fotokopi ktp

Daftar Isi

Apakah Bisa Naik Pesawat Pakai Fotokopi KTP? Simak Jawabannya!Tips. Ketika akan melakukan perjalanan udara, kita semua tahu pentingnya memiliki identifikasi yang sah. Namun, sering kali muncul pertanyaan apakah mungkin untuk menggunakan fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) sebagai identifikasi di bandara.

Artikel ini akan menjelaskan apakah bisa naik pesawat pakai fotokopi KTP dan hal-hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk mengandalkan fotokopi identifikasi tersebut.

Apakah Bisa Naik Pesawat Pakai Fotokopi KTP?

naik pesawat dengan fotokopi ktp
Source: Shutterstock

Sebelum mengecek-in di bandara, penumpang diwajibkan untuk menunjukkan identifikasi yang sah. Ini adalah langkah penting untuk keamanan dan kepatuhan dengan peraturan penerbangan. Namun, penting untuk memahami apakah bisa naik pesawat pakai fotokopi KTP, karena tidak semua dokumen identifikasi diterima.

Pernahkah kamu bertanya-tanya, “Apakah bisa naik pesawat pakai fotokopi KTP?” Jawabannya bervariasi tergantung pada kebijakan maskapai penerbangan dan petugas keamanan di bandara. Secara umum, fotokopi KTP tidak dianggap sebagai identifikasi yang sah. Sehingga fotokopi KTP bisa tidak diterima sebagai dokumen identitas yang sah untuk naik pesawat.

Meskipun jarang, ada situasi di mana fotokopi KTP mungkin diterima, terutama jika penumpang tidak memiliki KTP fisik dan tidak ada alternatif lain. Namun, ini bukanlah praktik yang diinginkan karena dapat menyebabkan masalah dan keterlambatan di bandara.

Aturan Resmi Penerbangan

Sesuai dengan regulasi penerbangan di Indonesia, dokumen identitas yang sah untuk naik pesawat adalah:

  • Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Kartu Keluarga (KK)
  • Paspor
  • Surat Izin Mengemudi (SIM)
  • Buku Nikah
  • Kartu Tanda Penduduk Anak (KTPA) untuk anak usia 12-17 tahun
  • Kartu Identitas Anak (KIA) untuk anak di bawah 12 tahun

Dokumen-dokumen tersebut harus asli dan masih berlaku. Jika kamu kehilangan KTP, jangan panik! Kamu masih bisa menggunakan dokumen identitas lain yang tercantum di atas.

Baca Juga:  Pada Mobil, Fungsi Sekring Adalah Untuk Menjaga Kelistrikan, Ketahui Juga Jenisnya

Kekhawatiran Keamanan

Menggunakan fotokopi KTP sebagai identifikasi juga membawa risiko keamanan. Identitas yang dicuri atau disalahgunakan dapat memiliki konsekuensi serius. Oleh karena itu, penting untuk selalu menggunakan identifikasi yang sah dan orisinal saat melakukan perjalanan udara.

Tips Aman Bepergian dengan Pesawat

Selain memastikan dokumen identitasmu lengkap, berikut beberapa tips aman bepergian dengan pesawat:

  • Datang ke bandara minimal 2 jam sebelum waktu keberangkatan.
  • Lakukan check-in online terlebih dahulu untuk menghemat waktu.
  • Patuhi semua peraturan dan instruksi yang diberikan oleh petugas bandara.
  • Simpan barang berharga dengan aman.
  • Matikan gadget saat berada di dalam pesawat.

Tips

  • Selalu bawa KTP asli saat bepergian dengan pesawat.
  • Jika KTP hilang, segera laporkan ke kantor polisi dan dapatkan Surat Tanda Lapor Kehilangan (STLK). STLK dapat digunakan sebagai pengganti KTP untuk sementara waktu.
  • Fotocopy KTP dapat digunakan untuk keperluan lain, seperti check-in hotel atau menyewa kendaraan.

Kesimpulan apakah bisa naik pesawat pakai fotocopy KTP yaitu, tidak bisa Pastikan kamu selalu membawa dokumen identitas asli saat bepergian dengan pesawat. Dengan mengikuti tips aman bepergian dengan pesawat, kamu dapat menikmati perjalanan yang nyaman dan menyenangkan.

Aman Berpergian di Bali dengan Get&Ride Sewa Mobil Bali

Bali, pulau Dewata yang terkenal dengan keindahan alam dan budayanya, selalu menjadi primadona wisata domestik maupun mancanegara. Namun, bagi wisatawan yang tidak ingin repot menyetir sendiri, Get&Ride Sewa Mobil Bali hadir sebagai solusi terbaik untuk menemani perjalanan Anda.

Dengan Get&Ride Sewa Mobil Bali, perjalanan Anda di Bali akan menjadi lebih aman, nyaman, dan menyenangkan.

Hubungi Get&Ride Sewa Mobil Bali sekarang juga!

Share this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *