Get and Ride Logo
Previous
Next

Bule Bali Dilarang Pakai Motor, Sewa Mobil Jadi Pilihan

bule bali melanggar

Daftar Isi

Bule Bali Dilarang Pakai Motor, Sewa Mobil Jadi Pilihan. Gubernur Bali, Wayan Koster, telah mengeluarkan regulasi baru yang membatasi turis asing (WNA) untuk menyewa sepeda motor di pulau tersebut. Regulasi ini menyatakan bahwa bule Bali hanya diperbolehkan menggunakan mobil dari agen perjalanan untuk menjelajahi pulau.

Aturan baru ini dimaksudkan untuk mengurangi jumlah kecelakaan dan kematian yang melibatkan turis asing di atas sepeda motor. Menurut data dari Kepolisian Bali, terdapat 108 kecelakaan yang melibatkan turis asing di atas sepeda motor pada tahun 2021, dengan 14 kematian. Sebagian besar kecelakaan disebabkan oleh pengemudi yang ugal-ugalan, kurang pengalaman, dan tidak mematuhi peraturan lalu lintas.

Regulasi ini juga sebagai respons atas meningkatnya jumlah turis asing yang datang ke Bali selama pandemi. Banyak bule Bali yang beralih ke menyewa sepeda motor sebagai alternatif yang lebih murah daripada menggunakan mobil atau taksi. Namun, perusahaan sewa sepeda motor seringkali tidak menyediakan peralatan keselamatan yang cukup, seperti helm dan alat pelindung diri, dan tidak memiliki cakupan asuransi yang memadai.

Regulasi baru ini mendapat tanggapan yang beragam dari bisnis lokal dan turis. Beberapa bisnis, seperti perusahaan rental mobil, menyambut baik aturan baru ini, karena akan meningkatkan bisnis mereka. Namun, beberapa turis telah menyatakan kekecewaan, karena menyewa sepeda motor merupakan cara yang populer dan terjangkau untuk menjelajahi Bali.

Turis asing yang ingin menyewa mobil dari agen perjalanan harus memberikan surat izin mengemudi internasional dan paspor yang valid. Harga sewa mobil diperkirakan lebih tinggi daripada menyewa sepeda motor.

bule bali ditilang
Source: merdeka.com

Regulasi baru yang membatasi turis asing untuk menyewa sepeda motor di Bali dan mengharuskan mereka menggunakan mobil dari agen perjalanan dimaksudkan untuk meningkatkan keselamatan dan mengurangi kecelakaan yang melibatkan turis asing. Meskipun beberapa turis mungkin kecewa, regulasi ini merupakan langkah yang diperlukan untuk memastikan keselamatan semua turis di pulau tersebut.

Baca Juga:  Warung Mak Beng Bali Menjadi Restoran Paling Legendaris Peringkat 3 di Dunia

Bagi wisatawan asing yang ingin berlibur ke Bali, mereka mungkin terkejut mengetahui bahwa pemerintah setempat melarang WNA untuk menyewa sepeda motor di pulau dewata tersebut. Meski begitu, jangan khawatir, Anda masih bisa menikmati Bali dengan naik sepeda motor.

Mengapa Pemerintah Melarang Bule Bali untuk Menyewa Sepeda Motor?

bule bali ditilang polisi
Source: merdeka.com

Alasan dibalik kebijakan ini adalah demi meningkatkan keselamatan para bule Bali. Faktanya, sepeda motor merupakan alat transportasi yang paling banyak digunakan oleh wisatawan di Bali. Namun, tingkat kecelakaan yang melibatkan wisatawan asing cukup tinggi.

Selain itu, seringkali terjadi pelanggaran lalu lintas yang dilakukan oleh wisatawan asing di Bali, di mana beberapa di antaranya tidak mematuhi aturan dan mengemudi dengan tidak disiplin. Oleh sebab itu, pemerintah setempat memutuskan untuk melarang WNA untuk menyewa sepeda motor dan hanya bisa menggunakan mobil dari agen travel yang resmi.

Alternatif Transportasi yang Tersedia

Meskipun tidak bisa menyewa sepeda motor, wisatawan asing tetap bisa menikmati Bali dengan berbagai alternatif transportasi yang tersedia, di antaranya adalah:

Agen Sewa Mobil di Bali

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, wisatawan asing tetap bisa menggunakan mobil dari agen sewa mobil di Bali yang resmi. Ini bisa menjadi alternatif yang baik bagi Anda yang ingin berkeliling di Bali tanpa harus repot mencari kendaraan sendiri.

Taksi

Taksi merupakan pilihan yang umum digunakan oleh para wisatawan di Bali. Ada banyak taksi online yang tersedia, seperti Grab, Gojek, dan Blue Bird.

Ojek Online

Bagi yang ingin merasakan sensasi naik sepeda motor, tetap bisa menggunakan ojek online yang tersedia di Bali. Cukup unduh aplikasi dan memesan ojek online yang tersedia.

Baca Juga:  Menjelajahi Makna Hari Raya Nyepi Sebagai Hari Raya Sepi di Bali

Jangan Ambil Resiko

Ketika berwisata di Bali, keselamatan merupakan hal yang utama. Oleh sebab itu, penting untuk mematuhi kebijakan yang diberlakukan oleh pemerintah setempat. Hal ini juga untuk keamanan Anda sendiri dan orang lain di sekitar Anda.

Jangan mengambil risiko dengan menyewa sepeda motor secara ilegal di Bali. Ini tidak hanya merugikan Anda, tetapi juga merugikan orang lain dan merusak keindahan pulau dewata tersebut. Dengan mengikuti aturan dan memilih alternatif transportasi yang aman, Anda tetap bisa menikmati liburan di Bali dengan tenang dan nyaman.

Jadi, meskipun ada larangan bagi WNA untuk menyewa sepeda motor di Bali, tidak berarti mereka tidak bisa menikmati keindahan pulau tersebut dengan berbagai alternatif transportasi yang tersedia. Sebagai wisatawan yang bijak, kita harus mematuhi aturan dan memilih transportasi yang aman dan nyaman agar bisa menikmati liburan di Bali dengan tenang dan penuh kesenangan.

Salah satu pilihan yang bisa dipertimbangkan adalah sewa mobil di Bali dengan layanan Get and Ride yang terpercaya dan aman. Dengan menyewa mobil, wisatawan dapat menikmati keindahan Bali dengan lebih leluasa dan fleksibel tanpa perlu khawatir tentang larangan menggunakan motor yang diberlakukan di Bali. Selain itu, dengan menyewa mobil, wisatawan juga dapat merencanakan perjalanan dengan lebih baik dan mengunjungi tempat-tempat wisata yang jauh lebih mudah dan efisien. Oleh karena itu, jika Anda berencana untuk berkunjung ke Bali, pertimbangkanlah opsi menyewa mobil dengan Get and Ride untuk liburan yang lebih nyaman dan lancar.

Share this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *