Get and Ride Logo
Previous
Next

Ribuan Warga Hadiri Pelebon Tjokorda Bagus, Ketahui Pelebon Adalah Tradisi Pembakaran Jenazah di Bali

pelebon adalah

Daftar Isi

Ribuan Warga Hadiri Pelebon Tjokorda Bagus, Ketahui Pelebon Adalah Tradisi Pembakaran Jenazah di Bali News. Pulau Dewata Bali kembali diselimuti suasana khidmat dan penuh makna dengan terselenggaranya Upacara Pelebon Tjokorda Bagus, salah satu tokoh masyarakat Ubud yang dihormati. Ribuan warga dari berbagai daerah di Bali, termasuk keluarga, kerabat, dan para pengikut setia, turut mengantarkan kepergian beliau menuju alam baka dalam prosesi yang penuh warna dan tradisi.

Pelebon Adalah Tradisi Pembakaran Jenazah di Bali

pelebon adalah
Source: balipost.com

Pelebon adalah tradisi pembakaran jenazah yang khusus dilakukan oleh umat Hindu di Bali, khususnya para bangsawan atau raja-raja.

Istilah yang lebih umum untuk tradisi pembakaran jenazah di Bali Pelebon adalah Ngaben. Namun, Ngaben dilakukan untuk masyarakat umum, sedangkan Pelebon khusus untuk kalangan tertentu.

Upacara Pelebon adalah upacara yang terkenal dengan prosesinya yang panjang dan rumit, bisa memakan waktu berbulan-bulan untuk persiapan. Prosesi ini juga penuh dengan makna filosofis dan spiritual.

Pelebon Tjokorda Bagus Santaka

Keturunan Raja Ubud yang legendaris, Tjokorda Bagus Santaka, meninggal pada tanggal 14 April 2024. Beliau adalah tokoh yang dihormati dan memiliki pengaruh besar dalam sejarah dan budaya Bali. Pelebon Tjokorda Bagus Santaka menjadi peristiwa penting dalam upacara pemakaman agung di Bali.

Ribuan wisatawan memadati kawasan Puri Agung Ubud di Gianyar, Bali, untuk menyaksikan prosesi Ngaben atau Pelebon Tjokorda Bagus Santaka. Antusiasme wisatawan ini sudah terlihat sejak pagi hari, bahkan beberapa di antaranya sudah memesan tempat sejak seminggu sebelumnya.

Upacara Ngaben ini tergolong langka karena tidak semua orang bisa melaksanakannya. Hanya keturunan bangsawan atau keraton saja yang bisa menggelar upacara sebesar ini.

Kemegahan Upacara Pelebon Tjokorda Bagus Santaka

pelebon tjokorda
Source: balipost.com

Kemegahan Upacara Pelebon Tjokorda Bagus Santaka dapat dilihat dari beberapa aspek, antara lain:

  • Bade yang Megah: Bade yang digunakan dalam upacara ini memiliki ketinggian 25 meter, menjadikannya salah satu bade tertinggi di Bali. Bade ini dihiasi dengan berbagai ukiran dan ornamen khas Bali yang sangat indah dan rumit.
  • Prosesi yang Berwarna-warni: Prosesi Ngaben diwarnai dengan berbagai ritual adat dan budaya Bali yang unik dan menarik. Peserta upacara mengenakan pakaian adat Bali yang indah dan berwarna-warni.
  • Suasana yang Sakral: Upacara Ngaben merupakan upacara yang sakral bagi umat Hindu di Bali. Suasana di sekitar Puri Agung Ubud saat upacara berlangsung terasa sangat khusyuk dan penuh dengan doa.
  • Antusiasme Masyarakat: Upacara ini dihadiri oleh ribuan orang, baik dari masyarakat lokal maupun wisatawan. Antusiasme masyarakat terlihat jelas dari banyaknya orang yang ingin menyaksikan prosesi Ngaben ini.
Baca Juga:  Pelebon Raja Denpasar IX 2023: Sebuah Upacara Bersejarah di Bali

Prosesi Pelebon yang Penuh Makna

Ritual Pelebon adalah upacara pembakaran jenazah yang penuh makna bagi umat Hindu di Bali, khususnya kalangan bangsawan atau keluarga kerajaan. Walaupun fungsinya sama dengan Ngaben (ritual pembakaran jenazah untuk masyarakat umum), Pelebon memiliki ciri khas tersendiri.

  • Persiapan Panjang: Ritual Pelebon membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk dipersiapkan. Ini meliputi pembuatan “bade” (wadah jenazah berbentuk hewan mitologis) yang rumit, berbagai upacara pembersihan dan doa.
  • Prosesi Arak-arakan: Jenazah diarak keliling desa dengan bade yang diiringi musik gamelan tradisional dan tarian sakral. Ini melambangkan penghormatan terakhir dan pelepasan menuju alam baka.
  • Puncak Ritual: Pembakaran jenazah di setra (kuburan) menjadi puncak upacara. Api melambangkan pemurnian dan transformasi, membakar segala hal negatif dan membantu jiwa mencapai moksa (kebebasan tertinggi).
  • Solidaritas Komunitas: Upacara Pelebon melibatkan gotong royong dari keluarga besar dan masyarakat sekitar. Ini mempererat hubungan dan menjadi pengingat pentingnya kebersamaan.

Upacara Pelebon Tjokorda Bagus Santaka merupakan salah satu warisan budaya Bali yang sangat berharga. Upacara ini tidak hanya indah dan megah, tetapi juga memiliki makna filosofis yang mendalam.

Menyaksikan tradisi di Bali, seperti Pelebon adalah pengalaman budaya yang tak terlupakan. Get&Ride Sewa Mobil Bali siap membantu Anda menjelajahi berbagai tradisi dan budaya Bali dengan nyaman dan mudah.

Share this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *