Get and Ride Logo
Previous
Next

Apa itu Leak Bali? Ketahui Kisah dan Misteri Dibaliknya!

apa itu leak bali

Daftar Isi

Apa itu Leak Bali? Ketahui Kisah dan Misteri Dibaliknya!News. Bali, pulau dewata yang kaya akan budaya dan tradisi, menyimpan beragam keunikan yang menarik untuk dijelajahi. Salah satu tradisi yang menjadi daya tarik wisatawan dan peneliti budaya adalah “Leak Bali”. Apa itu Leak Bali? Disini, kita akan menyingkap misteri seputar apa itu leak Bali, tujuannya, peran Rangda, dan fakta menarik seputar tradisi ini.

Apa itu Leak Bali?

hantu leak bali
Source: Bali Wisdom

Leak Bali adalah makhluk gaib yang menyeramkan dalam mitologi Bali. Leak Bali merupakan bagian dari tradisi tari topeng di Bali yang melibatkan penari yang mengenakan topeng dan kostum hantu. Sebenarnya, apa itu leak Bali? Leak sendiri berasal dari kata “leak” yang berarti hantu atau setan dalam bahasa Bali.

Leak sering digambarkan dengan wujud yang menakutkan, seperti kepala manusia dengan organ-organ yang masih menggantung di kepala tersebut. Leak juga sering diceritakan suka mencari tumbal, terutama bayi dan wanita hamil.

Penari leak akan menari dengan gerakan yang khas, seringkali diiringi oleh musik dan nyanyian khas Bali. Tradisi ini sering dipentaskan dalam upacara adat, seperti upacara kematian atau perayaan keagamaan.

Asal- Usul Leak Bali

Leak Bali memiliki asal-usul dan sejarah yang kaya akan mitos dan cerita rakyat di Bali. Setelah tahu apa itu Leak Bali, menurut cerita yang beredar di masyarakat Bali, Leak adalah makhluk jelmaan yang mempelajari ilmu hitam, dan untuk memperkuat ilmunya ia harus mencari tumbal.

Salah satu cerita rakyat yang paling terkenal adalah cerita tentang Calonarang. Asal usul Calonarang adalah seorang janda yang memiliki ilmu hitam. Dia menggunakan ilmunya untuk membalas dendam kepada orang-orang yang telah menyakitinya. Calonarang sering digambarkan sebagai ratu leak.

Baca Juga:  Warung Mak Beng Bali Menjadi Restoran Paling Legendaris Peringkat 3 di Dunia

Selain itu, ada juga cerita rakyat yang menceritakan bahwa leak adalah orang-orang yang telah dikutuk oleh dewa-dewa. Orang-orang ini dikutuk karena telah melakukan perbuatan jahat atau karena telah melanggar aturan agama.

Tujuan dari Leak

Secara umum, tujuan dari leak adalah untuk mencari tumbal. Tumbal ini dapat digunakan untuk berbagai keperluan, seperti untuk memperkuat ilmu hitam, untuk membalas dendam, atau untuk mendapatkan kekayaan.

Leak biasanya mencari tumbal pada malam hari. Mereka akan terbang dengan menggunakan ilmunya untuk mencari korban. Korban yang sering diincar oleh leak adalah bayi dan wanita hamil. Selain itu, leak juga dapat mengincar orang yang sedang sakit atau yang sedang mengalami kesulitan hidup.

Jenis-jenis leak Bali

foto leak bali
Source> detik.com

Menurut cerita rakyat Bali, ada berbagai jenis leak Bali. Jenis-jenis leak Bali ini dibedakan berdasarkan wujudnya. Berikut adalah beberapa jenis leak Bali:

  • Leak kebo (leak kerbau): leak yang wujudnya menyerupai kerbau.
  • Leak celeng (leak babi hutan): leak yang wujudnya menyerupai babi hutan.
  • Leak suanggi (leak kuntilanak): leak yang wujudnya menyerupai kuntilanak.
  • Leak rangda (leak ratu): leak yang wujudnya menyerupai Rangda.

Selain itu, ada juga leak yang wujudnya tidak spesifik, seperti leak yang wujudnya menyerupai kepala manusia dengan organ-organ yang masih menggantung di kepala tersebut.

Tujuan Pertunjukan Leak Bali

Tujuan utama dari pertunjukan leak Bali adalah untuk mengusir roh jahat atau energi negatif dari suatu tempat atau peristiwa. Dipercaya bahwa dengan pertunjukan ini, roh jahat akan terpaku pada penari dan kemudian diusir dari lokasi tersebut. Selain itu, pertunjukan leak juga dianggap sebagai bentuk persembahan kepada para dewa dan leluhur.

Leak dan Rangda

Rangda adalah sosok leak yang paling terkenal dalam mitologi Bali. Rangda digambarkan sebagai sosok wanita tua yang menyeramkan dengan gigi taring yang tajam. Rangda sering diceritakan sebagai ratu dari para leak.

Baca Juga:  Kumpulan Nama Nama Orang Bali: Unik, Makna, dan Pilihan Populer

Namun, dalam beberapa cerita, Rangda digambarkan sebagai sosok yang baik hati. Rangda digambarkan sebagai sosok yang melindungi Bali dari kekuatan jahat.

Peran Rangda dalam Leak

Dalam pertunjukan leak Bali, Rangda merupakan tokoh sentral yang seringkali dihadirkan. Rangda adalah simbol dari kejahatan dan kegelapan, dan dalam pertunjukan leak, dia sering digambarkan sebagai tokoh yang menakutkan dengan gerakan yang menggambarkan keganasan. Rangda dipercayai memiliki kekuatan supranatural dan sering dianggap sebagai musuh dari tokoh Barong, yang melambangkan kebaikan.

Apakah Rangda jahat?

Kepribadian Rangda bisa jahat atau baik, tergantung pada ceritanya. Dalam cerita yang menggambarkan Rangda sebagai sosok jahat, Rangda biasanya digambarkan sebagai musuh dari Barong, sosok pelindung Bali yang baik hati.

Leak Bali merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kekayaan budaya Bali. Dengan memahami apa itu leak Bali, tujuannya, peran Rangda, dan fakta menarik seputar tradisi ini, kita dapat lebih menghargai dan memahami keunikan budaya Bali yang harus dijaga.

Selain Leak Bali, di Jawa juga ada sebutan Leak Jawa. Ketahui apa saja perbedaan antara keduanya disini: Ketahui Perbedaan Leak Jawa VS Leak Bali.

Tidak hanya tahu apa itu Leak Bali, salah satu pengalaman yang tidak boleh dilewatkan saat berada di Bali adalah menyaksikan pertunjukan Leak Bali yang memukau. Dan untuk memastikan perjalanan Anda semakin lancar, Get&Ride Rental Car Bali siap menjadi mitra perjalanan Anda.

FAQ

Share this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *