Get and Ride Logo
Previous
Next

Eksplor Keindahan dan Keunikan Pura Taman Saraswati Ubud, Sang Pura Legendaris

pura taman saraswati

Daftar Isi

Eksplor Keindahan dan Keunikan Pura Taman Saraswati Ubud, Sang Pura Legendaris. Jika Anda sedang berkunjung ke Bali dan mencari tempat yang dapat memberikan ketenangan dan kedamaian, maka Pura Taman Saraswati Ubud bisa menjadi pilihan yang tepat. Pura ini terletak di jantung kota Ubud dan dikelilingi oleh kolam air yang indah, membuatnya menjadi salah satu objek wisata yang populer di Bali.

Sejarah Pura Taman Saraswati Ubud

pura taman saraswati ubud
Soure: instagram @scotto6uk

Pura Taman Saraswati Ubud didirikan pada awal abad ke-19 oleh keluarga kerajaan Ubud yang menghormati Dewi Saraswati sebagai dewi kebijaksanaan, ilmu pengetahuan, dan seni. Pada awalnya, pura ini merupakan tempat suci yang hanya bisa diakses oleh kaum bangsawan saja. Namun seiring dengan perkembangan zaman, kini Pura ini menjadi tempat yang bisa dikunjungi oleh semua orang.

Arsitektur Pura Taman Saraswati Ubud

arsitektur Pura Taman Saraswati Ubud
Source: instagram @ alrobertshaw73

Pura Taman Saraswati Ubud memiliki arsitektur yang sangat indah dan khas Bali. Bangunannya terbuat dari batu-batuan dan kayu-kayuan yang diukir dengan motif yang sangat detail. Bagian dalam pura dihiasi dengan berbagai lukisan dan patung yang menggambarkan cerita-cerita dari kitab suci Hindu. Kolam air yang mengelilingi pura ini juga menjadi salah satu daya tarik utama, terutama saat malam hari ketika lampu-lampu yang dipasang di dalam kolam mulai menyala.

Keunikan Pura Taman Saraswati Ubud

keunikan pura taman saraswati ubud

Pura yang didedikasikan untuk Dewi Saraswati ini memiliki keunikan tersendiri yang membuatnya menjadi tempat yang populer dikunjungi wisatawan. Berikut adalah beberapa keunikan dari Pura Taman Saraswati:

Baca Juga:  Matahari Terbit Jam Berapa di Bali? Rekomendasi Tempat Melihat Sunrise di Bali

Arsitektur Bali Tradisional

Pura Taman Saraswati memiliki arsitektur Bali tradisional yang khas. Bagian atap pura dilengkapi dengan hiasan yang indah, seperti ukiran kayu dan ornamen-ornamen yang dipahat dengan detail. Bangunan pura yang berada di sekitar kolam air terlihat sangat indah dan menenangkan, memberikan suasana yang damai bagi pengunjung yang datang.

Kolam Air Indah

Pemandangan kolam air yang indah menjadi salah satu keunikan dari Pura Taman Saraswati. Kolam air ini dipenuhi dengan bunga-bunga teratai yang berwarna-warni, dan pada saat malam hari, air kolam akan diterangi oleh lampu-lampu kecil yang memberikan kesan romantis.

Pertunjukan Tari Bali

Pertunjukan tari Bali menjadi salah satu keunikan dari Pura ini. Setiap malam, pertunjukan tari Bali akan dilakukan di panggung yang berada di tengah-tengah kolam air. Pertunjukan tari Bali yang dipadukan dengan pemandangan kolam air yang indah membuat suasana menjadi semakin menarik.

Patung Dewi Saraswati

Patung Dewi Saraswati yang berada di dalam pura merupakan salah satu keunikan yang dimiliki Pura Taman Saraswati. Patung ini terbuat dari batu putih dan memiliki tinggi sekitar dua meter. Dewi Saraswati digambarkan duduk di atas teratai dengan empat lengan yang masing-masing memegang seruling, buku, kipas, dan rosario.

Suasana yang Tenang dan Damai

Pura Taman Saraswati di Ubud juga dikenal dengan suasana yang tenang dan damai. Pengunjung yang datang bisa duduk-duduk di sekitar kolam air sambil menikmati pemandangan yang indah, atau sekadar meditasi di dalam pura. Suasana yang tenang dan damai ini membuat Pura menjadi tempat yang cocok untuk melakukan refleksi dan memperkuat spiritualitas.

Kesenian dan Kebudayaan Bali

Pura Taman Saraswati Ubud juga menjadi tempat yang penting dalam pengembangan seni dan budaya Bali. Selain sebagai tempat upacara keagamaan, pura ini juga sering dijadikan sebagai tempat pertunjukan kesenian dan kebudayaan Bali, seperti pertunjukan tari, drama, dan musik tradisional Bali.

Baca Juga:  50 Makanan Khas Indonesia dan Asalnya yang Harus Kamu Ketahui

Kegiatan Spiritual dan Meditasi

Pura ini juga menjadi tempat yang penting bagi kegiatan spiritual dan meditasi. Di dalam pura, pengunjung bisa bermeditasi dan memperkuat spiritualitas mereka.

Pura Taman Saraswati Ubud Sebagai Tempat Berfoto Terbaik

Pura Taman Saraswati di Ubud juga menjadi salah satu tempat berfoto terbaik di Bali. Dengan suasana yang indah dan kolam air yang dipenuhi bunga teratai yang berwarna-warni, tempat ini menjadi pilihan utama bagi wisatawan yang ingin mengambil foto dengan latar yang cantik.

Jam Buka dan Tiket Masuk

Pura Taman Saraswati Ubud buka setiap hari mulai pukul 08.00 sampai dengan 18.00. Tiket masuk ke pura ini sebesar Rp 15.000 per orang.

Cara Menuju Ke Pura Taman Saraswatidi Ubud

Pura Taman Saraswati Ubud terletak di jantung kota Ubud, sehingga sangat mudah untuk dijangkau. Jika Anda menginap di sekitar kawasan Ubud, Anda bisa berjalan kaki atau menggunakan sepeda motor untuk menuju ke pura ini. Namun jika Anda menginap di kawasan yang lebih jauh, Anda bisa menggunakan taksi atau kendaraan pribadi untuk menuju ke pura ini.

Pura Taman Saraswati Ubud merupakan tempat yang sangat menarik untuk dikunjungi di Bali. Dengan keunikan arsitektur Bali tradisional, kolam air yang indah, pertunjukan tari Bali, patung Dewi Saraswati, dan suasana yang tenang dan damai, Pura Taman Saraswati Ubud menjadi tempat yang cocok untuk melepas penat dan memperkuat spiritualitas. Selain itu, tempat ini juga menjadi tempat berfoto yang paling populer di Bali. Jangan lupa untuk mengunjungi Pura Taman Saraswati Ubud saat berlibur ke Bali.

Jika Anda ingin berkunjung ke pura yang indah ini, mengapa tidak menyewa mobil di Bali dengan Get and Ride? Dengan Get and Ride, Anda dapat menikmati perjalanan yang nyaman dan menyenangkan ke pura yang legendaris ini. Segera booking sekarang!

Baca Juga:  Pola Lantai Tari Kecak adalah Melingkar, Berikut Rekomendasi Tempat Menonton Tari Kecak

FAQ

Share this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *