Get and Ride Logo
Previous
Next

10 Rambu-Rambu Lalu Lintas dan Artinya yang Wajib Kamu Tahu Biar Ga Kena Tilang

10 rambu-rambu lalu lintas dan artinya

Daftar Isi

10 Rambu-Rambu Lalu Lintas dan Artinya yang Wajib Kamu Tahu Biar Ga Kena TilangTips. Hayo, siapa di sini yang pernah kena tilang karena nggak ngerti rambu lalu lintas? Atau mungkin pernah nyasar gara-gara nggak paham petunjuk jalan? Tenang, kamu nggak sendirian! Banyak banget pengendara yang masih bingung dengan berbagai macam rambu lalu lintas yang ada di jalan.

Padahal, memahami setidaknya 10 rambu-rambu lalu lintas dan artinya itu penting banget, lho. Selain buat menghindari tilang, dengan memahami rambu, kita juga bisa berkendara dengan lebih aman dan nyaman. Bayangkan kalau kita semua bisa tertib berlalu lintas, pasti jalanan jadi lebih lancar dan nggak macet.

10 Rambu-Rambu Lalu Lintas dan Artinya

Nah, buat kamu yang masih bingung sama rambu lalu lintas, kali ini kita bakal bahas 10 rambu-rambu lalu lintas dan artinya yang paling sering kita temui di jalan. Yuk, simak!

1. Rambu Stop

rambu stop
Source: Freepik

Rambu ini mungkin salah satu yang paling dikenal. Bentuknya segi delapan dengan tulisan “STOP” di tengah. Rambu ini berarti kamu harus berhenti total di depan rambu sebelum melanjutkan perjalanan. Pastikan tidak ada kendaraan atau pejalan kaki yang lewat sebelum kamu melanjutkan.

2. Rambu Dilarang Masuk

rambu dilarang masuk
Source: Freepik

Rambu ini sering kamu lihat di jalan satu arah atau di pintu keluar parkir. Bentuknya lingkaran dengan garis merah horizontal di tengah, artinya kendaraan dilarang masuk ke jalan atau area yang ditunjukkan rambu ini. Jika kamu melanggar, siap-siap saja mendapatkan sanksi.

3. Rambu Dilarang Parkir

rambu dilarang parkir
Source: Freepik

Rambu ini berbentuk lingkaran dengan huruf “P” yang dicoret. Artinya, kamu tidak boleh memarkir kendaraan di area tersebut. Rambu ini sering ditempatkan di tempat-tempat strategis untuk memastikan tidak ada kendaraan yang menghalangi jalan.

Baca Juga:  Arti Staycation Adalah: Liburan Seru Tanpa Harus Jauh-Jauh

4. Rambu Waspada Anak-Anak Menyeberang

waspada anak anak menyebrang
Source: Freepik

Rambu ini biasanya dipasang di dekat sekolah atau taman bermain. Gambarnya berupa dua anak berjalan. Rambu ini mengingatkan pengemudi untuk berhati-hati karena ada anak-anak yang mungkin sedang menyeberang jalan. Pastikan untuk memperlambat kendaraan saat melihat rambu ini.

5. Rambu Tikungan Tajam

rambu tikungan tajam
Source: Freepik

Rambu berbentuk segitiga ini memperingatkan adanya tikungan tajam di depan. Biasanya, rambu ini ditemani dengan tanda penunjuk arah tikungan (kiri atau kanan). Ketika melihat rambu ini, kurangi kecepatan dan siap untuk berbelok tajam.

6. Rambu Dilarang Belok Kiri/Kanan

rambu dilarang belok
Source: Freepik

Rambu ini berbentuk lingkaran dengan tanda panah yang dicoret, menunjukkan arah yang dilarang. Misalnya, jika panah ke kiri dicoret, berarti kamu tidak boleh belok ke kiri di persimpangan tersebut. Mengikuti rambu ini sangat penting untuk mencegah kecelakaan.

7. Rambu Perlintasan Kereta Api Tanpa Palang Pintu

kereta api tanpa palang pintu
Source: Freepik

Rambu ini memberi peringatan bahwa ada perlintasan kereta api di depan tanpa palang pintu pengaman. Rambu ini biasanya ditemani dengan tanda silang. Ketika melihat rambu ini, berhenti dan pastikan tidak ada kereta yang melintas sebelum melanjutkan perjalanan.

8. Rambu Pembatas Kecepatan

rambu pembatas kecepatan
Source: Freepik

Rambu ini biasanya berbentuk lingkaran dengan angka di dalamnya, misalnya “60”. Angka ini menunjukkan batas kecepatan maksimum yang diperbolehkan di jalan tersebut. Mengikuti batas kecepatan ini penting untuk menjaga keselamatan kamu dan pengguna jalan lainnya.

9. Rambu Satu Arah

rambu satu arah
Source: Freepik

Rambu ini menunjukkan bahwa jalan yang akan kamu masuki adalah jalan satu arah. Bentuknya biasanya panah panjang dengan tulisan “One Way” atau “Satu Arah”. Pastikan untuk tidak melawan arah di jalan yang memiliki rambu ini.

10. Rambu Larangan Menyalip

rambu dilarang mendahului
Source: Freepik

Rambu ini berbentuk lingkaran dengan gambar dua mobil, yang satu dicoret. Artinya, di jalan tersebut, kamu tidak diperbolehkan menyalip kendaraan lain. Rambu ini biasanya ditempatkan di area dengan visibilitas rendah atau jalan yang berbahaya untuk menyalip.

Baca Juga:  Kenapa Orang Bisa Mabuk Saat Naik Mobil

Mengenal 10 rambu-rambu lalu lintas dan artinya adalah salah satu kunci untuk menjadi pengemudi yang aman dan bertanggung jawab. Dengan mengikuti setidaknya 10 rambu-rambu lalu lintas dan artinya ini, kita tidak hanya melindungi diri sendiri, tetapi juga orang lain di jalan. Jangan lupa untuk selalu waspada dan patuhi peraturan lalu lintas ya!

Berkendara di Bali dan Bandung lebih tenang dan nyaman dengan layanan sewa mobil dengan supir dari Get&Ride. Tidak perlu repot mengemudi sendiri, cukup duduk manis dan nikmati perjalananmu. Pilihan sempurna untuk perjalanan bisnis, liburan keluarga, atau keperluan pribadi lainnya. Dengan supir berpengalaman, perjalananmu jadi lebih aman dan menyenangkan. Jadi, kapan pun kamu butuh kenyamanan ekstra di jalan, ingat Get&Ride!

Yuk, booking sekarang juga^^

Share this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *